EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

Kisah unik Wix platform web blog yang bersaing berat dengan Wordpress.

AvatarOleh: adelina sofyan
Perang platform blogger masih ramai, yang perang itu ya penggunanya saling klaim mana yang lebih hebat diantara jagoan masing masing. Kali ini di twitter sedang ramai di perbincangkan Mana yang lebih SEO blogging melalui WIX atau Wordpress.

Biasalah masing masing merasa unggul. Namun ini adalah kisah sebuah platform web dan blogging yang sedang naik daun: WIX.

logo wix

Disana ada beberapa websider menggunakan kedua platform bersamaan dan melakukan test. Tenyata dalam beberapa test SEO lokal WIX mampu mengungguli Wordpress. Akan tetapi kita harus juga ingat test adalah test, dan Google memiliki banyak proses, dan berton ton faktor sehingga menghasilkan hasil final sebuah test.

Dan berita buruknya begini: Sehebat apapun hasil test yang dilakukan oleh tool online ia tetap saja bisa misleading alias salah, tidak menunjukan bukti nyata apa apa. Mungkin Wordpress atau WIX  menurut hasil test unggul. akan tetapi kemudian hasil itu tidak menunjukan bahwa akhirnya performa halaman website mereka benar benar jawara di alam kenyataan.

Bagaimana mempersempit atau bahkan menghilangkan gap antara hasil test dan perfoma di dunia praktis? Tidak ada kecuali hanya dengan usaha terus menerus untuk memperbaiki halaman website kita.

Baik WIX, Wordpress maupun Blogger dan lain lain platform blogging telah diliput  halaman Wikipedia, jadi mereka hanyalah perbandingan lebih dan kurang, unggul di sana namun kurang disini dan sebaliknya.

Apa itu WIX?

Wix adalah perusahaan software milik negara Yahudi atau lebih resminya milik Israel. Ia menyediakan jasa service pengembangan web berbasis cloud. Menggunakan wix sangatlah mudah, bahkan dalam beberapa hal lebih mudah daripada platform blogger. Dengan Wix kita dapat membuat halaman website atau blog berbasis HTML 5 hanya dengan menggunakan tool drop dan drag. 

Cukup menggeser dan meletakan elemen elemen seperti header blog, sidebar blog, footer hingga mendesain gaya atau style navigasi menu hinga mewarani latarnya hanya dengan menggeser geser dan meletakan widget, elemen dan material material yang kita inginkan. Jadilah sebuah halaman yang indah, responsif dan mobile.

Menggunakan Wix tentu saja sangat menyenangkan bagi blogger pemula yang ingin mendesain template halaman blognya sendiri. Hasil templatenya sangat responsif sekaligus mobile friendly karena memang telah desain berdasarkan azas kerja website modern.

Akan tetapi sama seperti Wordpress dan blogspot, Pengguna harus membeli paket premium untuk menghubungkan situs mereka ke domain milik sendiri, menghapus iklan Wix, mengakses pembuat formulir, menambahkan kemampuan e-niaga, atau membeli penyimpanan data dan bandwidth tambahan.

Wix juga telah di gunakan luas di negara negara Amerika serikat hingga Amerika latin dan sebagian Eropa, dan mulai populer di belahan dunia lainnya sehingga boleh dikatakan perkembangannya kini lebih cepat daripada wordpress, meskipin secara keseluruhan skalanya Wordpress lebih besar. Namun boleh dikatakan Wix adalah pesaing potensial.

Platform ini di bangun oleh Avishai Abrahami, Nadav Abrahami, dan Giora Kaplan pada tahun 2006 dan berhasil meraih 3,6 juta pengguna dalam empat tahun berdirinya. Wix mendukung social plug-ins, e-commerce, pemasaran online, contact forms, e-mail marketing, dan forum forum komunitas besar.

Kontroversi dengan Wordpress.

Akan tetapi Pada bulan Oktober 2016, ada kontroversi mengenai penggunaan Wix atas kode berlisensi GPL WordPress. Sebagai tanggapan, Avishai Abrahami, CEO Wix, menerbitkan jawaban yang menjelaskan kode sumber terbuka mana saja yang mereka gunakan dan bagaimana Wix berkolaborasi dengan komunitas sumber sumber terbuka tesebut. 

Namun demikian perlu dicatat bahwa kolaborasi dengan komunitas open-source tidak cukup di bawah persyaratan lisensi GPL, yang memerlukan kode yang dibangun di atas kode berlisensi GPL untuk dirilis di bawah lisensi yang sama. 

Dan terlepas dari perkara di atas itu, hari ini ada beberapa temuan hasil test yang menyatakan Wix lebih SEO secara lokal jika di banding dengan Wordpress. Namun tampaknya hal tersebut secara tidak tersirat di bantah oleh John Mu sang ahli Websider dari sisi Google. Ia menyatakan lebih baik fokus kepada website masing masing tidak masalah platformnya apa.

Artinya tidak akan pernah benar benar ada sebuah platform apakah itu Wordpress, Wix, Drupal atau Blogspot yang benar benar secara real dapat mengungguli yang lain, namun sangat jelas sebuah halaman yang diolah berbasis suatu platform tertentu jika di kelola dengan benar dan konsisten, dapat dipastikan akan memiliki keunggulan yang kompeherensif di atas situs yang lain. Dan itu terlihat sangat jelas di dunia nyata.

Dari bahasa apa Wix di bangun?

Dan sebagai platform yang relatif masih muda banyak orang yang ingin tahu segala hal dan tentu saja ingin mencoba blogging melaluinya. Wix benar benar telah datang menggoda pengguna online di dunia.

Pertanyaan dari bahasa programming mana Wix sesungguhnya di bangun? Bagi saya yang awam cukup aneh ia menjalankan HTML 5. Tapi tidak ada penjelasan dari bahasa apa ia di bangun bahkan penjelasannya tidak ada di Wikipedia juga.

Kita tahu Blogspot di bangun dengan bahasa Phyton.

Wordpress di bangun menggunakan bahasa PHP.

Tapi Wix? Ada yang berpendapat, platform web ini di bangun pada awalnya menggunakan bahasa Java akan tetapi setelah itu tidak ada penjelasan lanjutannya. Ada yang berpendapat rada rada nyeleneh dan bercanda yakni, di bangun dari sekumpulan bahasa bahasa pemrograman.

Yang jelas Wix adalah pembuat Situs HTML5 sama sepeti Blogspot atau bahkan sama dengan Wordpress yang CMS - jika kita boleh membandingkannya, tapi ya memang ada banyak bahasa yang dapat di gunakan untuk membangun situs berbasis HTML5.

Tidak mungkin murni HTML, Karena HTML adalah mark-up, maka sedianya HTML seperti halnya CSS dan Javascript bukanlah sebuah bahasa pemrograman.

Artinya, itu tidak bisa sembarang bahasa. Secara prbadi menurut saya yang awam ini tidak mungkin juga menuliskannya, katakanlah, dalam bahasa Erlang, Prolog atau Haskell. Atau sama seperti blogspot yang di bangun dengan bahasa Phyton.

Aneh bukan?

Apapun kisahnya, namun WIX adalah platform yang terus berkembang  pesat dan berpotensi menjadi lebih besar daripada sekarang. Bahkan telah dinyatakan sejajar dengan Worpress dan blogspot.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Kisah unik Wix platform web blog yang bersaing berat dengan Wordpress.

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas