Ada tambahan fitur Pengalaman Halaman di halaman google webmaster

Fitur baru ini memungkinkan kita melihat bagian mana yang masih menjadi PR bagi seorang pemilik halaman website termasuk halaman blogger. Pada fitur ini ada lima daftar item (yang kita sebut PR tadi meminjam istilah Pekerjaan Rumah) yang di tampilkan berikut skor baik dan buruknya:

Peringatan-nya: Situs Anda memiliki masalah pengalaman halaman yang kritis

google webmaster pengalaman halaman

Perubahan juga terlihat pada tampilan 'Sekilas' dimana terdapat peringatan Pengalaman halaman yang merah. Pada bagian penyempurnaan, di tampilkan kesalahan pada bagian ulasan: Contohnya 'Terdapat 1 kesalahan' dan tentu saja itu harus di perbaiki:

kesalahan pada bagian fitur pengalaman halaman webmaster
  1. Data web inti: Baik ditandai centang warna hijau, buruk merah.
  2. Kebergunaan seluler: Baik ditandai centang warna hijau, buruk merah.
  3. Masalah keamanan:Baik ditandai centang warna hijau, buruk merah.
  4. Pengalaman Iklan: Baik ditandai centang warna hijau, buruk merah.
  5. HTTPS: Baik ditandai centang warna hijau, buruk merah.
Data web inti 

Disebut juga Core web vitals. URL dengan status Buruk atau Perlu peningkatan di laporan Data Web Inti ditandai sebagai Gagal dalam laporan Pengalaman Halaman. 

Status URL dihitung berdasarkan jadwal waktu yang berbeda di du laporan ini, sehingga status Pengalaman Halaman mungkin tidak mencerminkan status Data Web Inti saat ini untuk URL tertentu.

Kebergunaan Seluler

URL dengan masalah kegunaan seluler di laporan Kegunaan Seluler ditandai sebagai Gagal dalam laporan Pengalaman Halaman. 

Status URL dihitung berdasarkan jadwal waktu yang berbeda di dua laporan ini, sehingga status Pengalaman Halaman mungkin tidak mencerminkan status laporan Kegunaan Seluler saat ini untuk URL tertentu.

Masalah keamanan

Masalah keamanan dapat mencegah beberapa atau semua situs Anda dianggap memiliki pengalaman halaman yang baik.

Tentu saja itu sangat penting, karena keamanan adalah hal vital bagi kelangsungan hidup sebuah halaman web, apalagi di masa kini.

Pengalaman Iklan

Hati hati,  masalah Pengalaman Iklan dapat menggagalkan semua URL di situs Anda dianggap sebagai pengalaman halaman yang baik menjadi buruk. Jadi semakin banyak iklan yang tidak termanage dengan baik semakin buruk performa halaman blog Anda.

Perlu diingat bahwa status Pengalaman Iklan tidak tersedia untuk laporan Pengalaman Halaman, tetapi dipertimbangkan saat membuat hasil penelusuran.

HTTPS

Jika sejumlah besar halaman di situs Anda menggunakan HTTP, Anda akan melihat peringatan HTTPS di laporan Pengalaman Halaman, meskipun hanya halaman HTTP yang ada di situs yang terpengaruh.

Cari di dalam template apakah masih ada XML / HTML menggunakan URL 'http://...."

Peringatan untuk HTTPS ini terlihat cukup serius:

Bunyi warning:

Cakupan HTTPS tidak memadai di situs Anda

Kesimpulan:

Jika menemukan peringatan seperti di atas segera cari penyebabnya lakukan perbaikan baik dengan cara menghapus, menambahkan atau mengedit ulang.

Fitur baru ini antar-mukanya cukup baik dan mudah di mengerti.
Fitur ini tampak berguna bagi kita yang ingin segera update halaman dan mengatasi 5  masalah jika ternyata ada. Google mencoba mempermudah pengguna dalam menganalisa halaman web milik mereka masing masing...

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak