BEDANYA MENULIS CARA COMPOSE VIEW DENGAN CARA HTML VIEW DI BLOGSPOT

menulis via compose view vs HTML view di blogspot
Pada umumnya secara normal para blogger menulis atau membuat konten tulisan sembari menyisipkan konten gambar atau video di blogger blogspot melalui mode "compose view". Namun begitu bagi blogger lanjutan, terutama yang menulis konten konten tutorial sesekali harus menulis melalui mode "HTML view" juga. 

perlu di ingat penulisan mode HTML view sering dilakukan bagi mereka yang sudah terbiasa dengan kode kode HTML. Penulisan mode HTML view ini tidaklah terlalu penting bagi para blogger dengan niche niche penulisan blog gado, traveling, blog style, dll. Ia biasanya dilakukan oleh blog blog tutorial yang menyajikan konten konten tutorial terkait bahasa bahasa markup, front end di website.

Apa perbedaan keduanya?


1. Compose View

Secara bawaan (default) ketika membuka dasbor dan membuat postingan dengan mengklik tombol paling atas yang bernama "New Post" atau "Postingan baru". Melalui cara inilah seorang penulis di blog menggunakan tool yang ada untuk menulis, memasukan gambar dan video dan lalu mempublikasikannya.

tombol postingan baru blogspsot


Blanko menulis "compose view sangat user friendly, di buat dan di tampilkan dengan antar muka sederhana dan mudah di pergunakan oleh para blogger sekalipun masih pemula. Perbandingan tampilan antar muka compose view dan HTML view adalah sebagai berikut:

compose view vs HTML view
Jika compose view tampak sederhana, maka HTML view tampak sedikit aneh bagi blogger kebanyakan. Memang semakin kesininya setelah update antarmuka dasbor blogger tahun 2020 lalu, antar muka HTML view tampak semakin rumit.

2. HTML view

Untuk masuk ke Mode HTML view, kalian harus memilih modenya dengan cara mengklik menu atas paling kiri yang letaknya persis di bawah judul tulisan. Nanti akan keluar menu sebagai berikut:

cara memilih penulisan HTML view

Tentu saja kalian tidak perlu menulis full melalui opsi HTML view, itu hanya dilakukan pada saat kalian ingin menyisipkan kode kode HTML yang akan di visualisasikan pada halaman konten blog setelah di publikasikan. Sebagai gambarannya, mungkin video berikut dapat menjelaskannya:


Melakukan penulisan melalui mode HTML membutuhkan kesabaran, ketelitian dan seorang blogger yang melakukannya sudah sangat familiar dengan kode kode HTML tentunya. Namun hal ini bisa saja dilakukan oleh siapapun dengan kemauan belajar yang kuat di dalam dirinya.

Demikian penjelasan lengkap dan detail perihal perbedaan cara menulis compose view dengan HTML view di blogspot. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

5 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. mohon maah pak mo tanya , apakah penulisan dengan html view secara full tetep bisa terindex di gsc ? saya nyoba nulis nya pake htlm view yang sudah di sediakan dari template fletro lite terbaru .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa. Asalkan penulisan dalam bentuk text, dan pastinya penulisan konten tetap dalam bentuk text yang dapat di baca oleh mensin telusur.

      Itu hanya mode penulisan HTML view sedagnkan maksudnya yang sulit dibaca adalah full HTML dalam artian bahasa markup, bukan text. Terus siapa juga yang akan membaca bahasa kode yang hanya di mengerti oleh penulisnya?

      Hapus
  2. Saya pakai mode html view kalau mau memasukan kode2 tertentu saja.. 😅

    BalasHapus
  3. tamahkan manual saja, kan sama saja...

    BalasHapus
  4. Iya betul, perlu usaha ekstra dan niat yang kuat untuk memahami bahasa html ini.
    Pernah coba ngepost pakai html, berantakan dan kacau, soalnya ada kode dan bahasa codingnya kan. Rumit sekali buat saya.

    Akhirnya pake html ya kalau mau masukin sesuatu sj, contohnya pas emmbed link apa gitu, baru deh dipakai html view.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak