FANPAGE, FACEBOOK PAGE, FB BUNISESS MANAGER ATAU FB BUSINESS SUITE?

Para facebooker senior mungkin sudah demikian akrab dengan fanpage, yakni sebuah halaman dimana kita dapat mengelola berbagai hal khusus, misalnya bisnis atau berjualan online. Ada juga mengkhususkan fanpage sebagai ajang promosi berbagai hal. 

Kali ini saya ingin membahas perubahan pada aplikasinya. Fanpage sekarang telah banyak berubah baik logo maupun aplikasinya telah berubah drastis tidak lagi seperti fanpage lama. Biasalah segala hal pasti akan berubah cepat atau lambat.

Fanpage atau Facebook Pages atau FB Business Manager atau FB Business Suite?

Dulu namanya fanpage memiliki desain logo gambar bendera berwarna orange dan aplikasinya dapat di download melalui hape atau tablet Android bentuk logonya kira kira begini:

gambar logo fanpage facebook lama

Tampaknya perjalanannya sudah cukup panjang dan perubahan antar muka yang terjadi juga telah cukup banyak.

Saya minta maaf karena tidak pernah menggunakan fanpage lama, yang saya sempat adalah Facebook Business Manager sehingga bentuk awalnya saya kurang tahu jika tidak membacanya melalui Google. Sedangkan Fungsinya dulu lebih banyak dipergunakan sebagai ajang promosi termasuk misalnya para artis dan tokoh tokoh membuka fanspage untuk melakukan kampanye produk mereka. Kira kira demikianlah adanya, lebih dan kurang.

Namun untuk membuat (atau meng'create') halama Fanpage facebook kalian masih bisa mengkilik link berikut: FanPage Facebook

Cara nya sederhana saja:
  1. Isi Page Information yang di inginkan ke kolom (page name (required) misal: 'Halaman blog saya' atau 'halaman jual beli saya' dst.
  2. Isi kolom category dengan jenis bisnis yang kalian jalankan: Misalnya 'pakaian jadi' atau 'Template blog' dst
  3. Isi kolom descripttion dengan penjelasan perihal bisnis kalian
kolom daftar Fanpage

Jika sudah selesai langkah di atas tinggal tekan tombol paling bawah, yakni: 'Create Page'

FanPage sempat berganti ganti tampilan dan natarmuka misalnya pernah menjadi Facebook business manager kini facebook pages atau business manager telah berganti antarmuka ke business suite. Kalian dengan mudah mengkoordinasikan bisnis online kalian melauinya. Jadi halaman Facebook atau Facebook page akan tampak berfungsi sebagai sebuah toko online bagi pengguna yang ingin memanfaatkannya. 

Jadi fokusnya memang tampak lebih kepada kegiatan bisnis, namun tetap bisa melakukan hal hal lain untuk sekedar bersenang senang.

Facebook business suite dan tampilan LOGO-nya seperti ini:

Facebook business suite

Kita dapat mengunduh aplikasinya di Google Play store tuliskan saja di pencarian google Play store "Facebook Buisness Suite" pasti langsung ketemu dan melalui aplikasi ini kalian dapat melakukan berbagai kegiatan jual beli atau beragam bisnis e-commercial melalui facebook business suite ini.

Bukan melalui FanPage seperti dulu, kini kalian dapat memposting, berpromosi baik berbayar maupun gratis melalui aplikasi ini, ada beberapa persamaan dengan cara lama namun ada juga beberapa pembaharuan yang cukup signifikan, namun semuanya mengarah kepada kemudahan. Dan semua itu dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat seluler.

Perubahan yang terjadi tampaknya untuk mempermudah penggunaan terlepas dari semua kekurangannya jika ada, menjadikannya lebih praktis dan komplit. Apalagi ketika Facebook kemudian mengakuisasi halaman IG, WhatsApp dll. Semuanya kemudian terlibat untuk memfasilitasi kegiatan bisnis pengguna.

Facebook Business suite terintegrasi ke halaman IG kalian juga dan juga WhatsApp business. Jadi halaman Facebook dan IG itu memang tampak paralel, hal ini akan lebih mengoptimalkan kegiatan bisnis terutama dalam hal berpromosi melalui kedua aplikasi FB dan IG tadi. Bahkan kita dapat menjadwalkan kapan kita akan menerbitkan tulisan, memonetisi postissngan atau artikel, berjualaan hingga sekedar posting untuk bersenang senang dan bersosialisasi di kedua halaman tersebut.

Yang jelas untuk pengguna kesempatan terbuka untuk melakukan kegiatan e-commerce menggunakan aplikasi aplikasi seluler ini agar segera bisa menjadi cuan melalui media sosial uyang besar ini.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak