Walaupun templatenya bisa banget di pergunakan, tapi ini hanya untuk pembelajaran membiasakan diri dengan kode kode HTML blogger blogspot ya...Saya akan mengajak kalian meniru template template ternama dengan sama baiknya dengan aslinya, sesuai dengan judul di atas kita membuat template viomagz yang legendaris itu.

vi0magz


Caranya, harus saya jelaskan terlebih dahulu sebagai berikut:
  1. Masuk ke pengaturan atau dasbor blogger.
  2. Pilih Tema, (terserah apakah templatenya contempo, soho, emporio)
  3. Pilih Edit HTML
Nah kalau sudah masuk ke halaman editor HTML blogger kalian harus cari dua tag berikut:
  • Tag <head> hingga ke tag penutupnya </head>
  • Tag <body> hingga ke tag penutupnya </body>
Klik mata panah di awal kode tag <head> dan body tersebut, contoh:

editor kode HTML blogger blogspot

Pada kode di atas jika kalian klik angka urutan 4 dengan mata panah menghadap ke bawah maka kode kode di dalam tag <head> akan menjadi tampak singkat sekali, padahal kode tersebut sangat panjang karena di dalamnya terdapat perintah CSS dan HTML yang membentuk tampilan header blog, navigasi blog, profile penulis, tanggal, data dll.
Kodenya akan tinggal terlihat: <head>---</head>.

Lalu jika kalian klik angka urutan 2844 yakni tag <body> maka hal yang sama akan terjadi padahal kode kode HTML/XML tersebut sangatlah panjang karena ia berisikan pengaturan konten konten, popular posts, related posts, tombol share dan berton ton fitur lainnya. 
Kodenya tinggal terlihat sebagai berikut: <body> --</body>

Atau untuk lebih jelas silahkan tonton video penjelasannya berikut:


Jika kalian sudah mengerti maksud saya marilah kita merombak template menjadi viomagz, kode kodenya saya ambil dari halaman inspeksi browser, mungkin ini termasuk bajakan, tapi kualitasnya asli alias original:

1. Hapus kode mulai tag <head> hingga ke </head>

Kalian dapat dengan mudah melakukannya jika mengikuti petunjuk di atas tadi, tinggal klik, kode jadi singkat, sorot dan 'delete. Ganti dengan kode berikut (copy semua)

Setelah semua kode di hapus ganti dengan kode berikut (buka link copy semua kode pengganti ya) dan pastekan  ke dalam template pada edit HTML . 

Link sumber kode DISINI.
2. Hapus kode mulai tag <body> hingga ke </body>
Ganti dengan kode berikut:

Link sumber kode DISINI

Ingat copy mulai dari <body> hingga ke </body> ya...

Save template.

Sekarang kalian telah memiliki template viomagz. Saya hanya ingin berbagi sumber kode viomagz dan template template ternama lainnya dalam beberapa kesempatan lain.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share: