7 Alasan Mengapa ChromeOS bakal menguasai dunia

Di masa pandemi tiba tiba nama sistem operasi berbasis web ini melonjak drastis. Bagi kalian yang belum tahu worth apa tidaknya sistem operasi komputer yang satu ini akan kami beberkan dalam tulisan opini berikut. Alasannya tentu saja karena hal hal berikut di bawah ini

chrome os sistem operasi laptop masa depan
chrome os sistem operasi laptop masa depan

1. Murah. 
Jelas sangat murah apalagi jika di banding dengan sistem operasi berbasis windows yang berbeli. ChromeOS adalah gratis dan mudah di instal ke laptop. Ia juga terkesan eksklusif karena laptop chrome berarti menjalankan sistem operasi chrome, ia benar berfungsi untuk sebuah laptop. Ya untuk bekerja ya untu belajar dan study.

Akan tetapi jika ingin ekslusif tentu saja membeli laptop chrome yang sepaket dengan sistem operasinya. Harganya juga lebih murah karena mesinnya tidak perlu sekuat laptop windows. Namun spesifikasinya setara, bahkan menawarkan hal baru yang totalitas cloudy.

2. Ringan dan hemat sumber daya

ChromeOS tidak membutuhkan sumber daya sebesar windows dan MacOS untuk menjalankan sistem operasinya. Bahkan dengan laptop paling rendah spesifikasi dapat menjalankan chrome dengan hasil setara dengan windows kelas high end atau macbook yang eksklusif.

Mengapa ia lebih hemat daya? Karena tidak seperti macbook dan PC windows yang berbasis offline membutuhkan CPU besar, OS chrome itu berbasis internet, berbasis cloud. Servernya Google yang tanggung, ruang simpannya google yang tanggung, tugas mesin nyaris hanya bertugas menjalankan sistem operasi. Namun walau demikian ia tetap bisa bekerja secara offline.

Kalau mau bertanding laptop mana batterynya yang bakalan sangat awet? Ya chrome dong. Apalagi ia terintegrasi dengan browser chrome langsung nantinya, membuat sinkronisasinya menjadi jauh lebih mudah. Dan dengan asumsi pengguna chrome jauh lebih banyak dan loyal, aku yakin ini akan membuat pekerjaan server menjadi lebih enteng bagi Google.

3. Mirip dan nyaris identik dengan Android namun sekuat PC laptop

Ya duanya nyaris identik. Karena dua duanya buatan tangan yang sama: Google. Chrome dapat menjalankan Android, menjalankan semua aplikasi android versi desktop dengan nyaman dan mudah. Mendownload aplikasi dan game dengan nyaman.

Ia memang belum bisa menjalankan beberapa game windows yang mungkin sangat kalian gemari, akan tetapi itu sekarang karena sistem ini akan terus up to date dan dikembangkan oleh google. Dan untuk menutup kekurangannya kalian bisa memainkan game game android dengan nyaman di laptop ini. 

Di Chrome OS juga terpasang Store Android atau App.Store buat kalian mendownload game game dan aplikasi Android langsung ke dalam laptop Chrome tidak perlu menggunakan emulator seperti jika kita ingin menjalankannya di sistem operasi windows.

Akan tetapi jika Android adalah sistem operasi mobile tulen. Chrome adalah sistem operasi PC berbasis web browser chrome

4. Lengkap

Sebagai sebua sistem operasi ia harus dilengkapi dengan kompatibilitas untuk berbagai hal, misalnya ia harus bisa menjalankan aplikasi aplikasi perkantoran, aplikasi editor gambar dan video, aplikasi menggambar, hiburan atau entertain. Dan semua hal yang dilakukan oleh laptop windows dan laptop macbook.

Ya tentu saja chrome telah memenuhi syarat itu, sehingga ia menjadi sebuah sistem operasi terbesar kedua sesudah windows, dan akan segera menjadi lebih besar lagi kedepannya. Lihat saja banyak para pekerja, pelajar dan orang umum mulai menggunakannya di seluruh dunia.

5. Promosi massif

Promosi laptop chrome itu massif sekali. Tapi bukan sekedar promo, pengembangannya juga memang meyakinkan sekali. Ia milik google, pemilik mesin penelusur sekaligus pemilik perusahaan promosi terbesar di planet bumi. Jadi wajar kalau masa depan sistem operasi itu akan segera secarah sistem operasi mobile 'Android'.

6. Dimulai dari pengguna remaja

Nah ini strategi jangka panjangnya. Chrome di promosikan kepada para pengguna remaja terutama kalangan pelajar. Di perkenalkan sejak dini pada usia pengguna yang masih sangat muda.

Tahu maksudnya? Ya itu tadi setelah mereka terbiasa menggunakannya, setelah mereka menamatkan sekolah dan mulai bekerja. Mereka tetap akan menggunakan sistem operasi chrome karena memang sudah menjadi sangat familiar bagi mereka. 

Sementara proses itu sedang berjalan Google mengembangkan sistem operasi chrome masa depan yang lebih lengkap dan lebih modern yang mensupport segala bidang. Mereka akan menyempurnakan UXnya demi memanjakan penggunanya dengan pengalaman pengalaman komputing terbaru dan termodern. Siapa yang dapat menyangkal kemampuan Google ini?

Mereka membuat chrome menjadi mesin produksi yang sangat produktif. OS chrome akan segera menjadi OS yang paling baik menjalankan aplikasi aplikasi berproduktivitas, dapat menjalankan aplikasi perkantoran untuk perusahaan, riset untuk para ilmuwan, multimedia yang berguna buat para konten creator yang terlibat pekerjaan pekerjaan multimedia. Pokoknya melalui cara ini masa depan OS chrome bakalan cerah banget.

7. Berbasis Web namun tetap bisa bekerja offline

Pekerjaan berbasis web adalah pekerjaan masa depan. Googel tahun persis hal tiu sejak awal, mereka mengajukan klain bahwa sistem cloud seperti itu jauh lebih aman, alih pekerjaan yang di simpan langsung ke dalam perangkat. 

Bayangkan jika perangkatmu hilang, seluruh pekerjaanmu hilang, bayangkan hapemu hilang seluruh photo dari momen berharga keluargamu hilang. Untuk itu kami menyediakan gudang gudang besar tanpa batas yang bernama 'penyimpanan di awan' kami yang akan menjamin keamanannya.

Namun chrome juga memiliki kemampuan yang baik untuk bekerja offline tanpa internet. Pekerjaanmu tetap tersimpan di perangkat. Nanti setelah ada wifi baru di transfer ke penyimpanan cloud.

Itu sebabnya mengapa sistem chrome sangat ringan, tidak membutuhkan sumber daya CPU lebih layaknya sebuah PC windows atau Appel Mac. Chrome itu seperti Android yang hanya butuh mesih sebuah hape biasa. 

Dan hal yang aku sebutkan di atas mulai terjadi, pada batas pemakaian dasar, penyimpanan di 'awan' mulai ditarik bayaran, sistem keamanan juga di tarik bayaran. Wajar sih karena itu membutuhkan sumber daya dan pekerja yang harus dibayar gajinya oleh Google. Namun semua itu sudah di kalkulasikan ke dalam sistem manajemen bisnisnya mereka. 

Kesimpulan:

Tidak ada versi desktop? Mungkin masih kepada alaan mobilitasnya yang tinggi, atau boleh jadi alasannya adalah makin kesini PC desktop sudah semakin tidak terlalu di butuhkan lagi. Dan Aku berpendapat kecil kemungkinan Chrome akan populer jika di pergunakan buat versi desktop di masa depan.

Lalu mengapa chrome akan mengalahkan dua sistem operasi lainnya bagiku masuk akal juga, dulu apalah artinya Android jika dibanding dengan sistem operasi mobilenya NOKIA, sekilas orang meremehkan si Android jika berbanding Syimbian yang lebih senior. Akan tetapi apa lacur? Android perlahan lahan mengambil alih posisinya dan menguasai dunia.

laptop chrome
google chromebook

Sekilas kalau dilihat sekarang ChromeOS berbasis browser chrome masihlah berada di posisi ketiga jika dibanding dengan sistem Windows dan macOS, tetapi perhatikan beberapa tahun lalu siapa yang mendengar Chrome menjadi setenar ini? Dan lihatlah betapa telah gencarnya laptop laptop chrome di produksi di dunia. 

Kelebihan Fitur chrome OS:
  • Battery tahan lama. Bahkan Google mengklaim kalian akan lupa charging setelah charging kali pertama laptop chrome.
  • Serba tombol. Sehingga memudahkan pencarian hanya dengan mengklik ssuatu tombol yang tersedia pada fitur ChromeOS
  • Layar sentuh, layaknya tablet dan hape Android, setiap laptop chrome memiliki dan support layar sentuh.
  • Kerja offline tanpa wifi tanpa internet
  • Tathering instan. Dengan mudah dihubungkan ke internet melalui tathering internet malalui hape Android kalain.
  • Kompatibel dengan Microsoft Office. Atau kalian bisa memilih office alternatif yang sangat banyak jumlahnya di Google.
  • Back up dokumen otomatis melalui Google Drive jadi kecil sekali kemungkinan kehilangan projek pekerjaan yang telah di kerjakan.
  • Virtual desk adalah fitur modern, bekerja dalam sebuah organisasi secara virtual online dapat dilakukan dengan mudah dan terarah melalui chromebook.
  • LTE dan bahkan koneksi 5G yang cepat tersedia.
Keamanan:
  1. Menggunakan sandboxong. Misalnya satu perangkat dipergunakan terinfeksi virus dan hacker. Satu lagi tetap aman.
  2. Booting verifikasi. Setiap memulai star up chromeOS melakukan pemeriksaan alias verifikasi untuk keamanan
  3. Chip keamanan. Gunanya untuk melindungi data kita dengan cara meng-enskripsi data data sensitif milik kita demi keamanan
  4. Tentu saja di lengkapi dengan Anti virus
ChromeOS menandakan era baru dunia laptop yang jauh berbeda daripada sebelumnya. Era laptop zamannya generasi Z dan Generasi Alpha.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak