DI COPY PASTE TULISAN SAYA RANKING SATU DI HALAMAN PENCURINYA

copy paste artikel orang lain

Saya menemukan artikel saya lebih terkenal di halaman blog orang lain daripada di halaman blog saya sendiri.

Mulanya saya hampir marah, tetapi setelah saya analisa saya hanya manggut manggut, blog tersebut memiliki title : EDYSHARING, usianya lebih tua dari editblogtema. Editblogtema baru berusia 6 bulan blog tersebut telah ada di mesin telusur sejak tahun 2014, karuan saja setiap artikel yang di share disana pasti lebih cepat terindex, dasar mesin telusur bekerjanya kaku sampai saat ini mengertinya hanya pada ukuran senioritas dan usia blog. Tapi sebenarnya EdySharing melakukan trik merobah tanggal rilis tulisan saya yang sebenarnya saya tulis pada tanggal 8 Desember 2018 lalu. Saya yang membuat Contempo Hybrid saya yang paling tahu struktur tema tersebut. Jika dilakukan uji coba saya yang paling siap. Saya hanya ingin kejujuran dari pemilik blog EdySharing. Saya melihat celah dari full feed blog saya.

Tulisan saya yang lain adalah UPDATE CONTEMPO HYBRID: LAY OUT FIXED saya tulis tanggal 8 Desember 2018 juga oleh blog EdySharing seolah ditulis pada tanggal 3 Mei 2014. Dia tidak tahu apa apa perihal Contempo, contempo asli saja baru lahir pada tahun 2017 sedangkan Contempo Hybrid buatan saya baru muncul tahun 2018. Ajaib benar pada tahun 2014 dia menulis ramalan perihal contempo dengan tepat???

Tapi bukan hanya artikel saya yang nangkring di edysharing banyak artikel dari blog lain juga. Saya menemukan artikel saya pada saat mengetikan kata: "contempo hybrid blogger" pada halaman penelusuran google dan tidak sengaja menemukan hal ini. Namun saya tidak jadi marah karena walaupun artikel didalam blog ini "copas" habis namun ternyata tidak menghapus ciri ciri artikel editblogtema termasuk link tersembunyi yang saya pasang pada artikel tersebut tidak dihapus, jadi kita juga tetap memiliki "andil" pada artikel artikel walau di posting pada halaman blog lain. Sewaktu waktu saya bisa "mengambilnya" jika saya sudah berubah pikiran

Namun memang benar hampir semua artikel saya pindah ke blog ini walaupun tidak terlalu mempengaruhi blog editblogtema.
ditemukan pada halaman website milik orang lain
Nampaknya Blog EdySharing spesialis mengumpulkan artikel artikel yang ada di internet dan saya cukup salut dengan ide "cemerlang"nya karena walaupun artikelnya COPAS ternyata sukses memasang Google Adsense!

Dari problem diatas kita dapat menyimpulkan:
  1. SEO berbasis mesin telusur itu memiliki sisi buruk, celahnya kaku dan sebenarnya algoritmanya lebih memihak kepada kata kunci berbau bisnis ketimbang kualitas dan konten yang kita buat. Apa boleh buat itulah sifat bisnis.
  2. SEO mesin telusur tidak bekerja berdasarkan citarasa moralitas, itu terlalu teknis. Jika misalnya sobat telah berusaha sebaik baiknya konsen dalam membuat konten namun mesin kurang mampu mengerti itu. Lalu seseorang yang lebih senior dan memiliki nama dan lebih dikenali oleh database mesin "mencuri" konten sobat maka dia lebih berpeluang "menjual" konten sobat misalnya agar diterima oleh program ads. Dan menghasilkan uang. Tidak perduli sobat adalah pemilik aslinya dan lebih duluan menerbitkannya.
  3. Walaupun penilaian terakhir diterima atau tidak diterimanya sobat pada program program tertentu pada akhirnya juga harus melalui manusia asli yang bekerja di untuk program tersebut. Disinilah letak ironinya, mereka bekerja berdasarkan hasil proses mesin, dan percaya pada mesin.
  4. Itulah sebabnya mengapa blogging itu buruk jika sobat mengikuti program ads. Rekayasa personal untuk mendapatkannya dengan jalan pintas nampak tidak mencederai hukum yang rapuh, tapi melukai kita. Mereka yang kekurangan dan malas membuat konten dapat dengan leluasa memanfaatkan hal ini.
Blogger EdySharing sebenarnya tidak terlalu bermasalah dengan hanya mengkopy-paste artikel saya asalkan minta izin dengan baik baik. Namun terdapat satu blog lagi yang  telah nyaris mengkloning habis semua konten editblogtema.

Blog tesebut bernama LOVE LIFE dengan alamat www.tutorialanda.com. Ajaibnya awalnya artikel kloningannya berada pada halaman utama mesin pencarian ketimbang artikel aslinya yang telah ditulis dengan susah payah pakai hape oleh admin editblogtema.net. Saya menyadari itu karena dia menggunakan tema Contempo yagn masih asli dan lebih ringan dari tema yang sedang saya  pergunakan. Maklum tema ini sudah dipenuhi oleh banyak link yah sudah risiko saya memilih konten berisi banyak script.
mengkloning hampir semua artikel editblogtema.net

Sekali lagi saya tidak keberatan artikel saya di copas asalkan menyertakan linknya. Itu sudah menjadi komitmen saya sedari awal negblog.

Saya mengakui kebodohan saya karena membuat full feed demi mengaktifkan mega menu. Sekarang celah tersebut sudah saya tutup untuk sementara dan megamenu blog editblogtema saya non aktifkan.

Saya tidak menyadari bagaimana dia melakukan kloning / mirror terhadap konten saya, sempat saya berfikir dia masuk melalui hosting/vps dan terfikir mau mengganti IP saya. Tetapi saya memang telah lama curiga dengan settingan full feed dan mega menu saya.

Artikel pendek ini saya tulis melalui ponsel made end China disela sela waktu istirihat bekerja dan Kepada sobat pemilik blog:

EdySharing dan Love Life saya memaafkan anda dan blogger lain yang telah melakukan hal ini terhadap editblogtema.net. Tetapi saya mengajak sobat marilah kita memperbaiki diri agar kelak kita benar benar berkembang maju di masa yang akan datang.

Semoga bermanfaat.
www.editblogtema.net

13 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Wah, serem juga ya. Kita sudah susah-susah nulis, orang lain tinggal copy paste.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang jadi paling dirugikan itu bisa jadi pula blogger pemula yang rajin bikin konten berkualitas

      Hapus
  2. Ya allah yang sabar ya kang.. semoga Allah memudahkan reZeki kita.. emang d dunia nulis pasti ada maling aja ya.. gpp yang terpenting Allah maha tau kita ya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya samasekali tidak marah. Saya terima risiko itu sebagai tantangan untuk membuat benteng pertahanan dan menutup celah celah blogging seperti ini

      Hapus
  3. Dimana pun risiko pasti ada, tinggal bagaimana mengikhlaskannya, hehe...

    Btw, update postingan blog via ponsel made in china pakai aplikasi apa ya? Mengingat ini blog berbasis blogspot. Kalau pakai wp saya pernah dan itu bagus. Tapi kalau pakai blogspot saya belum dapat yg oke di hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya saya tidak terlalu mempermasalahkan.

      Mudah sekali menulis pakai hape di blogger caranya sama saja melalui browser chrome, edge atau firefox.

      Tidak memerlukan aplikasi apa apa...saya sekarang ketagihan nulis via hape soalnya praktis banget.

      Hapus
  4. tetap semangat Master.tenang j .pembaca pasti sudah tau... kalau blog yang ngebahas pake tema dengan hpe cuman di Edit tema..jujur saya katakan tulisan-tulisan master sungguh luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh terimakasih banget atas supportnya. Saya jadi semangat lagi nih

      Hapus
  5. Wahhh tapi katanya blog copy paste yang naik rank nya itu blog yang di copas, apakah itu benar ya mas. Saya kadang juga pernah menemukan artikel yang mirip dengan punya saya, bahkan gambar gambar yang saya desain sendiri pun dicaplok habis habisan tanpa memberikan backlink ataupun sumber...

    Tapi tetap semngat nulis lah mas, itu berarti karya kita memang berkualitas sehingga mereka mencontoh dari apa yang kita miliki. ;D Sukses terus ;D

    BalasHapus
  6. Wahhh tapi katanya blog copy paste yang naik rank nya itu blog yang di copas, apakah itu benar ya mas. Saya kadang juga pernah menemukan artikel yang mirip dengan punya saya, bahkan gambar gambar yang saya desain sendiri pun dicaplok habis habisan tanpa memberikan backlink ataupun sumber...

    Tapi tetap semngat nulis lah mas, itu berarti karya kita memang berkualitas sehingga mereka mencontoh dari apa yang kita miliki. ;D Sukses terus ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak juga, buktinya malah punya dia lebih tinggi letaknya diatas mesin pencarian, dia pake trik merobah tanggal publish, sehingga terlihat lebih lama dan mungkin juga faktor lebih senior, tema lebih ringan dll.

      Klo sekarang sih memang sudah menang saya he he he

      Hapus
  7. tetap semangat menulis dan selalu berkarya mas, karena apapun yang kita kerjakan usaha itu tidak pernah akan sia-sia karena jujur ide untuk menulis itu memang sulit sekali sekalinya dapat ide malah di copas orang hadeeh

    BalasHapus
  8. Terima kasih mas
    Saya modal otofidak
    Tapi sgt terbantu dg konten di blog ini
    Tp terus terang saya blm bisa praktekan cara pasang foto profil di diatas post
    Yg hasilnya bagus kyk blog ini
    Sdh coba smua tutor tp hasil blm sama persis dan cantik kyk yg tampil di blog ino
    Sdh cb di thema terbaru
    Hasilnya ada yg dobel nama profilnya
    Satu lagi hampir mirip dg yg disini cuma tgl post tdk bisa di geser ke kanan kyk nama profil

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak