Langsung ke konten utama

Pengalaman untung dan ruginya memakai domain blogger berbayar

Domain berbayar? Pasti harus bayar bisa otomatis pertahun seperti orang ngutang sih,akan ditagih, diingatkan atau dipotong otomatis dari PayPal, kartu kredit, kartu debit dan berbagai opsi pembayaran lainnya.
Beraneka ragam ekstensi domain
Walau demikian saya rela merogoh saku dan membayar sewa domain setiap tahun. Jujur kalau editblogtema mengikuti saran teman teman yang lebih duluan ngeblog hanya dengan satu alasan ini:

  1. Biar blog terlihat professional dan tidak murahan. 
Padahal blognya masih sama saja: blog murah dan hanya berubah ektensi pada ujung alamatnya dari editblogtema.blogspot.com menjadi editblogtema.net. Menggunakan jasa domain Google supaya stabil sepanjang waktu.

Kalau blogger master pasti punya alasan yang jauh lebih baik, kalau pemula seperti saya, ya begitulah yang terjadi.

Hari ini seorang teman datang minta tolong karena masa berlaku domain sudah habis. Dia bilang kalau tidak diperpanjang nanti blognya tidak dapat diakses, kan sayang.

Karena saya masih memiliki deposit di PayPal saya tidak perlu berfikir panjang langsung saya bayar dan blognya selamat lagi selama satu tahun daripada kembali menjadi blogspot.id tetap berekstensi.com. Dia senang dan saya habis uang.

Nah disitu kerugiannya. Kalau tidak segera diurus blog tidak akan bisa diakses kecuali melalui setting tertentu. Padahal jika dari awal kita tidak membeli domain blog tetap akan berkembang asal rajin diupdate. Banyak kok blogger yang tetap menggunakan blogspot.com atau blogspot.co.id tumbuh menjadi besar dan terkenal. Jauh sekali diatas editblogtema.

Jika ada yang bilang kalau tetap pakai sub-domain blogspot tidak bebas sewaktu waktu blog bisa di banned itu ada benarnya  itu kalau sobat ngeblognya "nakal" tapi pada waktu itu saya tidak pernah tahu dan kalau sewa domain itu sama artinya kita memiliki domain kita sendiri. Ada benarnya juga sedikit nakal gak apa apa. Namun yang namanya kesalahan tetap saja akan berhadapan dengan aturan "violation of conduct" yang telah ditetapkan oleh Google.

SUKSES KARENA SOBAT FOKUS DAN RAJIN.

Lagipula, sukses tidaknya ngeblog bukan karena blog sobat memiliki domain berbeli. Ingat Linda Ikeji yang tetap sukses luarbiasa walau pada waktu itu blognya adalah sub-domain gratis blogspot? Memang sekarang sih websitenya sudah pasang domain dan hosting berbayar.

Sukses tergantung orangnya, lain hal itu hanyalah faktor pendukung.

Artinya dia telah ngeblog dengan benar, pada saat blognya dibanjiri pengunjung barulah dia mengupgradenya menjadi blog premium.

Apa yang terjadi pada blogger blogger kecil seperti saya? Kadang langsung beli domain, pasang hosting berbayar padahal blog belum menghasilkan apa apa. Yang penting gengsi. Saya tidak mengatakan itu salah dan saya tentu tidak pernah menyesal walau kini blog saya sudah mendapat support dari satu orang yang bersedia mendanainya sebagai ganti karena saya memberikan bimbingan belajar pada anak prempuannya, saya tetap saja merasa ada yang kurang beres. Sampai kapan?

Tapi tentu saja saya tidak terlalu memusingkan hal itu.

Saya hanya iri pada para blogger yang konsisten, mereka ngeblog tanpa memikirkan domain. Dan blog mereka sukses. Yang premium itu ternyata adalah orangnya bukan halaman blognya hehehehe..peace

Komentar

  1. bener banget ka sofyan,, wajib si pake domain berbayar biar keliatan profesional dan gak gratisan hehe dengan begitu job akan kunjung datang dengan banyak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untuk blogger yang sudah mendapatkan penghasilan😊

      Hapus
  2. Kemarin mau ikut program content placement ternyata harus TLD mas... ada pengaruhnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mengikuti program content placement ya memang harus, itu sebenarnya juga aneh.

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa