BENARKAH ADSENSE BISA MENDATANGKAN UANG BAGI SEMUA BLOGGER?

Pernahkah sobat berfikir untuk mendapatkan uang dari adsense itu mudah? Dan setelah menjalani kegiatan blogging 5-6 bulan bagaimana perasaan sobat? Ternyata tidak semudah yang diharapkan seperti semula bahkan dalam banyak kasus iklan ternyata berpengaruh buruk bagi kecepatan dan performa blog.
Dapatkah adsense membelikan makan kita
Buruk? Google mengakui beberapa fakta ini dan terus melakukan improvisasi dengan melakukan berbagai saran penempatan iklan demi lebih meningkatkan pengalaman pembaca, buruk karena semakin banyak warga net yang komplain bahkan alergi terhadap iklan, buruk karena banyaknya penyalah gunaan tayangan iklan yang buruk dan menutupi konten. Buruk karena penayangan iklan selalu terkait keamanan privasi pengguna.

Siapa yang pernah mendengar perihal Google, dan juga facebook sering juga terkena masalah ketika mereka melakukan survey melalui umpan pertanyaan kepada pengguna dan menggunakannya untuk tujuan bisnis. Hasil pertanyaan dikumpulkan, dipelajari dibuatkan statistik. Statistik diolah dan kembalikan kepada pengguna yang "disurvey" diam diam melalui aplikasi pengintai dalam bentuk penawaran produk yang bertubi tubi di wall pengguna.

Facebook di anggap lebih buruk lagi karena berhasil memanfaatkan tool privasi seperti vpn onavo yang sedianya untuk menyembunyikan kegiatan privasi pengguna malah dijadikan alat pengintai untuk tujuan memata matai kegiatan pengguna yang hasilnya berupa informasi bermanfaat buat bisnis terkait pengiklanan mereka.

Ironisnya kita sangat berharap dapat memasang adsense pada saat awal ngeblog pada bebrapa tahap blogging kita akan sampai pada suatu waktu dimana kita sudah tidak perduli lagi terhadap suatu yang awalnya sangat kita inginkan. Kita telah memiliki tujuan: Menulis adalah nomor satu, adsense adalah nomor dua.

Tetapi itu adalah bisnis, jika semata mata untuk bisnis setiap orang harus menerimanya akan tetapi jika modusnya adalah harga privasi kita, tentu hal ini tidak akan sebanding harganya. Bagi saya privasi adalah segalanya.

Hati hati terhadap keinginan kita sendiri.

BAGAIMANA FAKTA MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI ADSENSE?

Manfaat pemasangan adsense bagi blogger seperti kita: penghasilan. Pertanyaannya apakah setiap blogger akan mendapatkan penghasilan dari pemasangan adsense? Jawabannya tidak.

Hanya blogger yang ulet, pintar dan piawai kemudian setelah itu beruntung yang tentu saja akan dapat menikmati penghasilan dari adsense. Walaupun adsense bukan satu satunya dan bahkan samasekali bukan cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari blog, namun boleh dikatakan dia adalah yang paling mudah di lakukan oleh para blogger.

Ajukan permohonan tentu saja sobat harus memiliki blog terlebih dahulu. Setelah diterima optimalkan blog. Saya menyarankan sobat mengoptimalkan konten agar blog selalu dikunjungi oleh pengunjung. Blog tanpa konten adalah omong kosong.

Namun sobat juga harus menerima kenyataan bahwa bukan hanya kita yang sedang ngeblog, banyak orang yang sedang melakukan hal yang sama. Artinya persaingan adalah fakta yang paling biasa didalam bisnis adsense dalam dunia blogging, saya sering mengikuti diskusi, membaca keluhan blogger mancanegara, contohnya:
Mengjarap penghasilan adsense yang nol koma sekian sen
Di luar negeri mereka para blogger juga mengalami hal yang sama. Trafik yang rendah menyebabkan seretnya penghasilan. Dari contoh diatas jika sobat telah memutuskan untuk mulai ngeblog ditahun 2019 dan mengikuti program adsense, sobat harus memperhatikan trafik blog.

Yang lebih "menyeramkan" adalah cara kerja A.I. pada mesin telusur yang semakin pintar dan dapat memindai darimana pengunjung blog sobat berasal, apakah itu pengunjung organik atau hasil kerja mesin penduplikasi pengunjung. 

Iklan juga mempengaruhi penampilan blog secara signifikan mempengaruhi UX dan UI sebuah halaman web. Artinya terkait dengan pengalaman pengguna hal ini cukup merugikan.

Akan tetapi ketika sebuah blog telah mendapatkan tempat dihati pembaca yakni manusia, penempatan iklan tidak akan terlalu berpengaruh negetive terhadap trafik suatu blog. Ngeblog bisa menjadi hobi yang menguntungkan dan kreatif.

TINGKATKAN TRAFIK PENGUNJUNG

Ini adalah sebuah keniscayaan karena trafik erat hubungannya dengan penghasilan. Cara sederhana dan paling masuk akal. Karena semakin tinggi trafik blog sobat maka akan semakin tinggi penghasilan dari adsense. Cara cara umum meningkatkan trafik adalah:
  1. Gunakan template yang ringan dan cepat. Sobat pasti tidak ingin blog sobat terkena efek bounching alias efek pentalan, bukan?  Pengunjung tidak jadi mengakses atau tidak sampai membaca konten karena halaman blog kelamaan loading. Iklan secara signifikan dapat menggerus kecepatan loading blog jika dikelola dengan cara tidak benar. Saya tempatkan isu kecepatan pada peringkat satu karena telah memakan korban yang tidak terhitung tanpa kita sadari.
  2. Tulis konten, jika bisa konten yang erat kaitannya dengan niche blog, jika tidak juga tidak apa apa yang penting konten berkualitas, dan penulisan sebaiknya teratur agar blog tampak konsisten dimata pengunjung.
  3. Berbagi ke medsos, kepada teman dan kerabat didahulukan. Karena mereka terkadang adalah "pengkampanye"  yang paling baik di dunia. Sekali lagi berbagilah pada teman dan kerabat terlebih dahulu.
  4. Mengiklankan website jika diperlukan. Jika sobat memiliki sedikit lagi modal uang kampanyekan saja blog sobat melalui iklan berbayar, dari pengalaman beberapa pengguna, trik ini dapat meningkatkan pengunjung blog sobat secara signifikan. Kampanye yang dilakukan melalui iklan biasanya berhasil mencapai target orang orang yang memang tertarik pada konten sobat. Jadi mereka memang manusia asli. Kampanye seperti ini berbayar dan dapat dilakukan melalui facebook fanpage atau google adwords. Istilahnya uang mencari uang. 
  5. Rajin rajinlah submit konten ke google webmaster dan bing webmaster. Kedua mesin pencari ini secara signifikan mampu meningkatkan trafik blog kita. Orang selalu mencari konten yang mereka butuhkan melalui mesin penelusur dengan mengetikan kata kunci yang ingin mereka cari. Jika artikel atau konten sobat memenuhi kriteria, maka ia akan dimunculkan kehadapan si pencari artikel.
  6. Rajin juga walking kepada sesama blogger, selain untuk menambah pengatahuan, referensi hal ini dapat sobat lakukan dalam rangka bersilaturahmi terhadap sesama blogger.
Itu saja. Intinya adsense tetap bisa memberikan penghasilan kepada para blogger. Lebih jauh sobat bisa mencari artikel terkait yang telah ditulis oleh para master di mesin pencari melalui browser.


www.editblogtema.net

3 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Konten ini memberi saya motivasi untuk tetap semangat menulis dan memacu diri untuk belajar terus. Karena kalau lihat blogger-blogger yang sukses, kelihatannya menyenangkan, tetapi effort di balik itu pasti lah keras. Semangat!

    BalasHapus
  2. Tulisan mas Sofian selalu memberikan perspektif berbeda. Ulasannya dalam.

    Keren mas.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak