Langsung ke konten utama

AWAS!!! INILAH 5 DAMPAK KIAMAT G+ TERHADAP BLOG SOBAT!!!

Setelah mengumumkan penutupan G+ yang akan dilakukan sepenuhnya pada tanggal 2 April 2019 nanti kali ini Google mengeluarkan pengumuman susulan ini persis di dasbor blogger dengan latar warna kuning, Tahun baru Cina ini mengawali babak baru dalam dunia blogging kita:
berisi pengumuman lanjutan wacana penutupan Gplus
"Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.

Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.

Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.

Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.

Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda."
Apa yang akan terjadi:

1. Gagdet/widget Badge dan Pengikut G+ tidak akan tersedia lagi dan dikembalikan kembali ke native blogger. Semua tombol itu akan dihapus habis dari blogger. Yang kasian bagi yang sudah membeli tema blogger berbayar harus menghubungi pembuatnya jika mereka telah mengkustom tampilan dan link gagdet gagdet yang akan dihapus itu. Bagi yang memakai tema gratis buatan pihak ketiga bersiap siap untuk mengkustom sendiri temanya. Bagi yang menggunakan tema hasil buatan atau editan editblogtema maka gagdet gadget tersebut akan otomatis hilang karena editblogtema tidak pernah mengutak atik gagdet gagdet bawaan alias "native" jadi jangan kuatir.
akan hilang selamanya dari blogspot
gambar: 3 gagdet/widget yang akan lenyap selamanya dari blogger
2. Menurut saya yang paling parah adalah hilangnya opsi komentar G+ begitu banyak komen yang telah menghiasai blog kita apabila menggunakan sistem komentar G+ maka opsi ini akan segera "lenyap" untuk selamanya. Sayangnya tidak ada opsi untuk imigrasi atau mengimpor semua komentar dari sobat sobat yang begitu berharga kesuatu tempat alternatif, itu akan lenyap begitu saja. Saya pasrah saja.

Ada dua opsi yang saya sarankan: Gunakan Diqus atau opsi komentar bawaan blogger saja, walaupun sobat bisa saja menggunakan opsi komentar facebook tapi hanya dua opsi berkomentar diatas yang paling mendekati alami untuk blogging.
akan hilang bersama kiamat gplus
Gambar 2: opsi komentar ini akan ternggelam bersama kiamat G+
3. Profile G+ akan hilang dan berganti jadi "unknown author" atau "penulis tidak dikenal" jadi sebaiknya cepat cepat saja robah ke opsi profile Blogger saja kembali.








4. Lupakan tombol gplus untuk selamanya karena dia hanya tingal kenangan saja belaka. Bahkan pada dasbor untuk mempublikasikan konten dan artikel opsi tersebut telah "menghilang" yang tinggal hanya "edit", "lihat" dan "hapus" sedangkan "bagikan" sudah tidak ada lagi.
5. Bagi sobat sobat yang sudah terlanjur saling mengenal melalui Gplus bersiap siaplah migrasi mencari tempat baru untuk kembali bersama ditempat yang baru. Mungkin kita bisa bertemu di Facebook, Twitter, Instagram dan tempat tempat baru lain yang mungkin tidak akan kalah menarik dengan "mendiang" Gplus...

www.editblogtema.net

Komentar

  1. Saya bingungnya krn akses bbrp web pake G+

    BalasHapus
  2. Baru mulai nyoba ngeblog sudah begini jadinya :(

    BalasHapus
  3. hahahhah, jadi lagi nunggu perkembangan . gimana ni bang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @fajar herlambang, tidak ada perkembangan selain "move on"

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa