BENARKAH BLOGGING ITU PEKERJAAN YANG SUDAH JADUL?

Blogging sudah jauh berbeda daripada 5 tahun, atau 10 tahun yang lalu, saingan sesama blogger saja sudah banyak: Ada Weibo, Jimdo, Wix, dll. Mesin penelusur juga telah memiliki algoritma yang semakin pintar dengan neural  (syaraf elektro) jaringan yang rumit.

Benarkan blogging adalah pekerjaan yang sudah jadul?

Beruntung dan tidak beruntung juga kalau kalian sudah mulai ngeblog sejak tahun 2013. Beruntung kalau tetap konsisten dan update. Rugi kalau blog yang usianya sudah lama ditelantarkan begitu saja. Walaupun algoritma Google telah semakin pintar dan maju, namun usia blog juga memiliki harga tersendiri, paling tidak sampai sekarang.

Zaman juga terus berubah, banyak pekerjaan yang tidak ada 10 tahun lalu sekarang menjadi ada, misalnya GO-JEK, misalnya selegram, misalnya vlogger. Diakui atau tidak semua itu mampu membuat orang berpaling untuk melihat dan jika memang lebih menjanjikan mengapa tidak pergi saja dari kegiatan lain yang hanya buang buang waktu?

Mengapa ngeblog dizaman sekarang tidak semudah dan seindah dulu, banyak orang beralasan seperti ini:
  1. Blogger semakin banyak, dan mereka berbondong bondong datang karena tertarik dengan penghasilan adsense.
  2. Vlogger, selebgram dll terbukti  lebih menarik dan lebih populer bagi netizen dalam 2 tahun terakhir itu terlihat dari kuisioner di beberapa media media besar dunia mungkin 5 kali lipat lebih popular ketimbang sekedar ngeblog. Jangan percaya kalau belum membuktikannya. Blogger sering di cap sebagai "The Old Job" atau pekerjaan atau kegiatan jadul.
  3. Algoritma Google semakin maju dan pintar dalam menilai konsistensi sebuah halaman blog.
  4. Internet semakin bising semua orang seolah memiliki mikrofon dan berteriak ingin di dengarkan.
  5. Alternative blogging semakin menjamur di dunia internet. Sama sama menyediakan ruang dan halaman yang sangat menarik untuk membuat artikel. Bahkan media sosial seperti facebook.
  6. Setiap artikel yang kita tulis seakan sudah ada yang menulisnya juga padahal walaupun idenya datang dari kepala kita sendiri.
  7. Sebagian blogger dengan jumlah tidak sedikit tidak segan segan mencontek, mencuri dan menduplikat blog orang lain.
  8. Ngeblog sudah bukan hal sulit lagi, kalau mau di bilang anak SD pun sekarang sudah bisa ngeblog dengan mudah.
  9. Ya itu tadi seperti disinggung pada point nomor.2 diatas, blogger sering di cap sebagai old job, atau pekerjan jadul.
  10. Dari segi apapun UX dan UI blogger ketinggalan jauh dengan media media lain di dunia maya.
  11. dll
Karuan alasan spt itu bisa memicu perasaan putus asa kalau tidak memiliki tekad yang memadai. Menulis lebih membutuhkan keahlian. lebih membutuhkan komitmen dan konsistensi. Blogging sekarang lebih baik dilakukan dengan cara:
  1. Punya niche. Tentukan kalian mau ngeblog bidang apa, misal wisata, otomatif, property. Pendidikan, tutorial dsb.
  2. Mobile. Kalian harus mampu memanfaatkan perangkat mobile seperti ponsel pintar, tabket tipis yang dapat dibawa kemana mana. Halaman blog juga harus mobile.
  3. Kalian harus suka dan atau cinta menulis
  4. Memiliki keahlian yang dapat di tawarkan dan berguna bagi orang lain akan menjadi nilai tambah yang sempurna. Misalnya blogging tutorial matematik ala editblogtema.net.
  5. Jika Kalian mengerti dasar dasar koding itu akan sangat membantu pengoptimalan blog secara teknis, tampilan, kecepatan loading sehingga dapat meningkatkan SEO blogger secara signifikan.
  6. Utamakan konten, bukan adsense. Blogger yang mengutamakan konten niscaya akan menjadi seorang blogger sukses. Sedangkan adsense hanyalah bonus dari pekerjaan blogging yang sedang kita lakoni.
  7. Walaupun blogger tidak sepopular media media sosial besar lainnya namun bukan berarti blogging itu kurang menguntungkan jika dibanding dengan instaseleb dll. Dalam beberapa hal blogger lebih cocok buat penulis serius.

TIDAK ADA USAHA DENGAN HASIL INSTAN

Yang perlu kalian ingat adalah tidak ada usaha yang instan dan segera mendatangkan hasil. Kita harus berhadapan dengan tembok waktu dan jika telah tiba masanya kita semua akan sampai ketujuan kita.

Tidak semua bisa instan, tetapi mempercepat proses kesuksesan adalah IYA. Setelah 6 bulan ngeblog dan terus mebulis kalian akan mengalami banyak hal, bukan hanya manisnya saja tapi pahitnya juga. Jika kalian sukses melewatinya kita akan segera tahu bagaimana rasanya meraih kemenangan.

Teruslah menulis dan membuat konten buah kesabaran selalu berakhir manis.

BENARKAH BLOGGING ITU SUDAH MENJADI PEKERJAAN JADUL?

Apapun bentuknya setiap hal: gagdet, software, platform, manusia, badan usaha dll, jika telah melewati waktu akan sampai pada usia "tua" dan terperangkap dalam kategori jadul, itu adalah hukum alam. Dan sedangkan usia platform blogger tidak bisa dikatakan muda lagi.
Bisakah laptop ini dulu buat ngeblog?
Komputer laptop jadul yang trendy pada zamannya, namun pada waktu itu blogging belum ada.

Jika tidak di up to date terus menerus segala hal akan menjadi jadul karena disamping itu akan datang pemain pemain baru, yang masih segar, trending dan lebih menjanjikan. Dan setiap hal baru datang semua orang memperhatikannya, semua orang ingin menyentuh dan memilikinya.

Saya jadi ingat iphone 3 pertama saya. Dulu saya begitu menginginkannya, sekarang saya sudah melupakannya dan tidak menyentuhnya lagi samasekali.

Tapi tidak semua hal tua lalu menjadi jadul, bahkan banyak hal bisa bertahan tergantung kredibilitasnya dalam mengarungi waktu. Blogger telah melewati banyak hal dan terbukti masih eksis sampai saat ini.

Jadi apakah benar sebagian orang menganggap blogging itu pekerjaan jadul? Kita akui memang benar dimata sebagian orang blogging adalah "old Job" alias pekerjaan lama dan sudah tua. Namun dia masih memiliki potensi yang tidak terbatas hanya kepada kegiatan tulis menulis saja, seiring waktu blogging juga terus berkembang menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman.

www.editblogtema.com

3 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Ulasan yang sangat menarik. Ngeblog adalah suatu kecintaan akan menulis, sekaligus kecintaan membaca.
    Tidak dipungkiri lagi, ngeblog kini sudah tercorent atau dibilang terlalu bising, karena punya nilai image yang jelek. Lihat saja, web-web penipu dan esek-esek biasanya menggunakan domain gratisan, khususnya blogspot.
    Dan saya sudah 10 tahunan menulis, tergolong tua dan lama juga. Saya tetap menulis, karena memang dasarnya saya ingin belajar menulis bukan karena sudah pandai menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia yang saya cari, saya selalu mengunjungi blog omkodok karena tulisannya kocak namun serius.

      Hapus
  2. Saya suka bagian "blog untuk menulis bukan ut adsense". Salah satu kepuasan saya ketika blog saya jadi daftar pustaka sebuah jurnal. Bahkan skripsi hehe

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak