GADGET ATAU WIDGET APA SAJA YANG MEMBERATKAN LOADING TEMPLATE?

Sebagai blogger kita sering ingin melihat tampilan blog kita menjadi tampak hebat, misalnya dengan menambahkan popular post pada sidebar kana halaman blog (untuk tampilan laptop/desktop dan dibagian bawah untuk tampilan mobile/seluler)
Sidebar ditambah dengan ads dan popular posts
Contoh sidebar yang ditambahkan dengan ads dan popular posts
Memang secara default blogger menyediakan gadget gadget mereka sendiri contohnya kalau kita buka pengaturan blogger dan masuk ke tataletak atau "lay out" lalu klik "Add Gadget, maka akan muncul 26 buah pilihan gadget yang bisa di tambahkan ke template blog, misalnya:

  1. Popular posts
  2. Featured post
  3. Daftar laman
  4. Profile
  5. label
  6. gagdet/widget adsense
  7. Blog search
  8. Attribution
  9. Contact
  10. List
  11. Translate
  12. Follower
  13. Javascript/HTML
  14. DST....
Totalnya ada 26 gadget .

Dan dengan memasang gadget tertentu selain bermanfaat untuk memandu pembaca menuju kepada halaman yang ingin kita tunjukan juga akan membuat sebuah halaman blog tampak menjadi lengkap dan profesional. Disamping itu banyak gadget gadget lain bertebaran di internet yang memanfaatkan form javascript dan memasukan script buatan pihak ketiga yang dapat dipasang ke blogger.

Tapi ada harga yang harus dibayar cukup mahal yakni: Kecepatan loading! Dan sobat harus tahu kecepatan adalah SEO yang cukup vital disamping konten yang berkualitas bagi blogger

Menurut pembahasan perihal topik ini di forum forum ternama, ada beberapa jenis gagdet yang sangat memberatkan loading:

  1. Gadget follower. Gagdet ini setelah diuji melalui pagespeed dengan hasil performa paling buruk, yakni mampu menjegal kecepatan loading hingga 25-50% kecepatan blog. Tidak mengherankan, karena gagdet ini akan menghubungkan kita kebeberapa link profile pengguna sehingga mampu menampilkan image dari profile para pengikut. Belum ada opsi yang benar dapat membuat gadget yang satu ini bisa ringan dan fast loading.
  2. JavaScript, gagdet tambahan dari pihak ketiga tidak kalah buruknya karena pemasangan script kedalam gagdet Javascript/HTML terkadang tidak selalu kompatibel dengan struktur blogger kita.
  3. Gadget widget adsense, diakui atau tidak gadget yang satu ini secara signifikan cukup menggerus daya kecepatan blog. Scriptnya terhubung kepada sumber penyedia iklan, walaupun dalam opsi "async" yang hanya sedikit mengurangi lemot. Tapi gadget ini penting dan para blogger pasti rela menanggung harganya.
  4. Dan lain lain gagdet dari pihak ketiga yang terhubung dengan situs mereka, misalnya share button dari Sharethis, addthis, related post pihak ketiga.
Gadget yang ringan yang dianjurkan dipasang kalau sobat kepingin blognya tetap cepat, diantaranya:
  1. Popular post
  2. contact form
  3. subcribe
  4. Search menu
Sebaiknya tumpukan saja sistem navigasi dengan menambahkan navigasi menu bar yang letaknya diatas atau di bawah judul blog sobat.

Semoga bermanfaat
www.editblogtema.net

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. mas, itu tulisan cina. sengaja ya dibikin atau ada widgetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja di buat, alasannya karena saya juga mentarget wilayah

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak