FAKTA MENGAPA TEMPLATE BLOG HARUS FAST LOADING DI TAHUN 2019

1. KARENA MESIN PENELUSUR
Ini tentang mesin dan robot txt. Itu miliki Google, milik Yahoo, Bing dll. mereka meng"crawler" dan mengantarkan semua informasi kehadapan pembaca, seiring dengan waktu algoritmanya juga berubah semakin efesien: algoritma mesin juga menganut faham "time is money" halaman yang paling kencang (baca: fast loading) pastinya yang paling duluan mencapai batas pada antrean terdepan, jadi mereka memang akan di dahulukan oleh mesin pencari. Ini adalah logic mesin dan di dasari oleh  logika (baca penulisan program) oleh manusia.
more faster with simple template
Jadi kecepatan adalah semata mata persoalan teknis pada mesin penelusur dan robot txt mereka dan juga menjadi persoalan waktu pada bidang bisnis online.

2. KARENA ADA ALASAN TEKNIS PADA KECEPATAN
Mesin akan menemukan halaman halaman yang cepat dan lebih dahulu berada pada lajur antrean, itulah sebabnya mengapa di buat sebuah project yang di beri nama halaman AMP (Accelaration Mobile Page) oleh Google, dimana sebuah template di sederhanakan, menjadi minus JavaScript, menjadi berkurang stylesheetnya, memiliki ukuran validitas HTML tertentu. Menjadi ketat dengan aturan link eksternal.

Baca juga:👇:
Apakah AMP itu?

Pada akhirnya kecepatan akan bertemu mesra dengan kebutuhan bisnis melalui penyampaian informasi yang cepat, akurat dan efesien. Bayangkan sobat jualan online dan sedang menawarkan produk, lalu pengunjung datang dan ternyata halaman loading web sobat sangat berat tidak mau terbuka setelah 10 detik, pengunjung akan kabur, melihat produk yang sobat tawarkan saja tidak sempat, apalagi  mau beli ya kan.

Dan kecepatan akan semakin memburuk jika sobat menambahkan gadget atau widget eksternal misalnya logo dari blog lain yang di sematkan pada sidebar blog sobat yang mengandung link aktif. Algoritma mesin penelusur tidak akan perduli pada alasan sobat: Baik itu untuk blogwalking atau hal lain namun terpangkasnya kecepatan akan memperburuk performa blog sobat dimata mesin pencari. Dan sekali halaman diabaikan oleh mesin pencari, sobat harus mengambil langkah yang melelahkan untuk memulihkannya.

3. KARENA KECEPATAN ADALAH SEO
Beberapa tool di web mematok kecepatan sebuah halaman dengan cara dan persepsi yang agak berbeda. Dan karena meluasnya pengguna mobile atau telpon genggam dengan kemampuan internet maka halaman mobile atau halaman web pada layar kecil ponsel atau smartphone telah menyita perhatian para blogger.

Bagaimanapun, kecepatan web pada hape masih tertinggal oleh kecepatannya pada halaman layar lebar seperti pada PC desktop dan laptop 11 inci keatas.

Perhatikan patokan kecepatan Hape oleh TesMySite with Google:
  1. Fast: 0-1 second (0-1 detik: adalah cepat)
  2. Average: 1 second-2.5 seconds (1-2,5 detik adalah rata rata)
  3. Slow: 2.5 seconds and up (2,5 detik dan seterusnya adalah lambat)
Sedangkan pada PageSpeed:

Scale:
  1. 90-100 (cepat)
  2. 50-89 (rata-rata)
  3. 0-49 (lambat)
Jika hanya membutuhkan 0,8 detik saat membuka sebuah halaman web, berarti halaman web tersebut cepat! Semakin cepat sebuah halaman web semakin kecil efek pentalannya (efek bounching). Efek Pentalan terjadi adalah karena pengunjung terpental tidak jadi buka halaman sebuah web atau blog karena kelamaan loadingnya berat.

Baca Juga 👇 :
FAST LOADING TEMPLATE

4. KARENA KECEPATAN LEBIH DITENTUKAN OLEH TEMPLATE
Kecepatan loading sebuah blog ditentukan oleh berat dan ringannya sebuah template. Walaupun banyak faktor lain, misalnya kecepatan internet di setiap daerah, wilayah dan negara pasti akan berbeda. Indonesia tergolong dengan internet berkecapatan rata rata dan rendah.

Akan tetapi faktor tersebut tidak dapat dijadikan tolok ukur, karena kita sifatnya berpindah pindah pada saat melakukan kegiatan sehari hari. Artinya kecepatan jaringan adalah relatif terhadap halaman blog sobat. Yang pasti sangat mempengaruhi kecepatan adalah TEMPLATE yang sobat pergunakan buat ngeblog. Jika sobat menggunakan template yang buruk, sekalipun sobat berada di Korea Selatan, halaman blog sobat tetap saja akan lambat.

Jadi saran saya pergukanalah template yang fast loading atau template AMP.

5. KARENA CEPAT ITU SEDERHANA.
Kecuali pada suatu hari dimasa depan ketika internet sedemikian "kuat"nya sehingga dapat mengangkut segala hal tanpa melihat besaran ukuran, maka kita akan bebas membuat template stylish tanpa takut terhambat masalah kecepatan loading yang buruk. Namun setidaknya sampai saat ini kecepatan adalah rajanya SEO dalam dunia blogging.

Pilih template sederhana. Sobat akan menemukan template cantik di jual di halaman web tetapi lambat walau harganya mahal sekali. Tetapi sobat dapat memilih templat stylish dengan tampilan minimalis namun memilki kecepatan kilat. Saya tidak lagi tertarik dengan template template berpenampilan hebat namun berat, karena saya harus setuju dengan prinsip mesin pencari Google. Saya menghilangkan banyak stylesheet, Javascript, link eksternal dst dari dalam template saya, lalu mencoba menggantikannya dengan perintah perintah pembentuk CSS malangnya pada sisi lain saya juga harus meminimalkan CSS.

6. KARENA LOGIKA MANUSIA DAN LOGIKA MESIN ITU SAMA
Manusia ingin melihat yang cantik bahkan yang lebih rumit, tetapi mesin masih berada pada milestone kebangkitannya dan masih memiliki logika primitif namun sangat efisien: Dengan kecepatan dan mempercepat segalanya sangat memungkinkan kita untuk menarik keuntungan yang lebih cepat dan memiliki peluang lain dengan cepat pula. 

Logika mesin adalah logika manusia juga karena kita yang memprogramnya demikian. Keterbatasan kita adalah keterbatasan merealisasikan imajinasi kita terhadap mesin tersebut: Ingin yang cantik dan cepat, tapi mesin masih belum sempurna.

karena kita masih terikat oleh ruang dan waktu kita harus menunggu timing itu dan membuat rencana rencana meletakan dasar dasar ide kita pada projek berikutnya di masa depan.

Namun tentu saja logika mesin tidak mengikuti selera estetika manusia yang melihat dan memuji hal hal yang cantik. Mesin hanyalah eksekutor yang dingin. Kita membuatnya demikian dengan standar tertentu.

www.editblogtema.net

7 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. wah blog saya seperti nya masih berat gan loading nya, padahal sudah pakai super cache, makasih banyak gan atas informasinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halaman Zunif.com tergolong cepat kok. Karena platformnya Wordpress memiliki add on yang kaya.

      Hapus
    2. owh begitu ya gan ane malah baru tahu hhehhe, mungkin koneksi internetnya yang lambat ya sehingga untuk buka blog terasa berat :D

      Hapus
  2. Tema blognya saya kalau dilihat dengan versi mobile, kecepatannya belum masuk katagori cepat, masih rata-rata. Maklumlah blognya terlalu banyak photo atau gambar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepat kok saya selalu buka halaman om kodok misalnya via hape, gak sampai mental

      Hapus
  3. Kecepatan memang faktor vital dijaman sekarang. Kalo ndak cepat loadingnya, saya juga nggak akan melanjutkan membuka suatu web

    BalasHapus
  4. saya salut penulis editblogtema, kaya bahasa dan mudah dibaca

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak