APA SAJA KELEBIHAN 4 TEMPLATE TEMPLATE BAWAAN BLOGGER TERBARU?

4 tampilan default template terbaru blogger
Gambar tempilan 4 template terbaru blogger secara default
Pertanyaan diatas bukan untuk mereka yang telah menggunakan template model lama setelah bertahun tahun ngeblog. Pertanyaan diatas ditujukan kepada pengguna baru, karena Google jelas telah membuat 4 template terbaru untuk dengan tujuan jelas untuk menjawab tantangan waktu, mengupgrade tampilan dan meningkatkan fitur keamanan.

Ke empat template ini masing masing sudah sangat responsif, mobile friendly dan memiliki header yang dapat di modifikasi untuk memiliki menu navigasi yang responsive plus tombol dan kotak pencarian yang hebat. Jadi semua fitur dasar premium dapat kita miliki setelah memodifikasinya.
Dan yang penting ketimbang template  template lawas template template terbaru ini support layout blogger versi ke-3

4 template blogger terbaru berikut masing masing memiliki 5 varian dengan warna warna berbeda adalah template yang berbeda dengan template model lama, secara default ke empat template ini dibuat dengan layout versi ke 3, jauh lebih responsive, lebih cepat dan lebih SEO, namun apa saja kelebihan mereka masing masing?

Silahkan anda menjatuhkan pilihan kepada salah satu dari 4 template terbaru setelah membaca kelebihan masing masing.


Dan masih banyak orang berfikir template baru ini tampilannya sederhana. Mereka keliru, template template ini menyembunyikan banyak fitur tersembunyi; sidebar yang dapat dimanfaatkan menjadi menu, tampilan website global yang modern, sticky header yang dapat dimanfaatkan menjadi double navigasi jika ditambahkan dengan navigasi kustom, hal yang tidak akan anda dapatkan pada template template yang lebih tua.
Yang jelas template template ini adalah presentasi dari generasi baru halaman web, terutama blogger blogspot. Mari kita perhatikan.

1. Contempo (5 varian warna)
Tampilan contempo dengan sidebar
Saya tidak akan terkejut betapa banyaknya kelebihan template contempo dan kelima variannya, contempo dapat di modifikasi menjadi tampak berbeda tanpa membuang fitur fiturnya yang responsive, kelebihan di sisi SEO dan keamanannya.

Contempo memiliki struktur heading yang kuat dan unik: Dapat membuat halaman blog cepat terendus robot txt mesin telusur. Saya heran saat heading bawaan di modifikasi ulang oleh sebagian desainer tanpa memberikan efek perubahan apa apa selain memperbanyak elemen HTML di dalam template. Contempo  secara bawaan dapat membantu konten kita menjadi begitu atraktif dimata mesin pencari. Saya curiga susunan elemennya mengacu kepada sisi server Google itu sendiri tanpa kita sadari. Jadi secara kasarnya kita dapat melihat:
  1. Header contempo dapat dimodifikasi menjadi memiliki menu navigasi plus kotak pencarian yang sangat responsive dan mobile friendly tanpa perlu mengutak atik edit HTML, cukup melalui pengaturan blogger dan blogger designer theme saja. Jelas material dan elemennya 100% asli.
  2. Contempo berpenampilan sangat responsive, modern dan dinamis.
  3. Memiliki sidebar yang dapat dijadikan sebagai navigasi menu atau menempatkan gagdet gadget lain. Sidebar juga dapat di tampilkan layaknya template klasik.
  4. Bentuk konten jadi menonjol ke header (dalam beberapa kasus banyak pengguna merombaknya menjadi tampilan klasik).
Namun sampai saat ini saya masih menjadikannya sebagai template favorite.

2. Soho (5 varian warna)
style komentar pada template SOHO
gambar style komentar pada template SOHO
Soho memiliki header yang kuat, menonjol dengan gambar yang dapat dirobah robah melalui opsi penggantian latar atau background, memiliki form komentar yang cantik dan dapat diedit melalui opsi "blogger designer theme" dan cocok untuk blog traveling atau tutorial, secara default memiliki beberapa keunggulan:
  1. Berpenampilan sangat responsive, modern dan dinamis.
  2. Memiliki header dengan gambar latar yang dapat di gonta ganti melalui pengaturan blog sesuai dengan misi blog kita. Seperti halnya Contempo Soho memiliki Header yang dapat dimodifikasi menjadi memiliki menu navigasi plus kotak pencarian yang sangat responsive dan mobile friendly tanpa perlu mengutak atik edit HTML, cukup melalui pengaturan blogger dan blogger designer theme saja. Jelas material dan elemennya 100% asli.
  3. Memiliki sidebar yang dapat dijadikan sebagai navigasi menu atau menempatkan gagdet gadget lain.
  4. Tampilan homepage yang bisa diatur menjadi GRID (kotak kotak).
  5. Kotak pencarian fleksibel: Pada tampilan mobil berbentuk ikon kaca pembesar, akan tetapi pada saat tampil di layar lebih besar seperti: tablet 10" dengan posisi landscape, laptop dan PC dekstop kotak pencarian berubah tampilan menjadi tulisan: "search".
  6. Yang kelima ini adalah pavorite saya: Soho memiliki tampilan kolom komentar yang dapat di edit sesuka hati melalui opsi pengaturan :"Blogger theme designer".
Saat tulisan ini dibuat editblogtema menggunakan "editblogtema SOHO" re-desain dengan alasan diatas

3. Emporio (5 varian warna)
tampilan grid emporio
Bagi pencinta template dengan model grid modern pada homepagenya, emporio adalah pilihan yang paling tepat, anda dapat memodifikasinya melalui opsi pengaturan, yakni melalui "blogger theme design" namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, tentu saja harus mengeditnya melalui editor HTML blogger.

Emporio juga sangat atraktif dalam artian menarik perhatian mesin pencari, sebagai keluarga template bawaan blogger terbaru emporio memiliki kelebihan kelebihan dalam keterhubunganya dengan server blogger dan mesin pencari jauh lebih baik dari segi performanya jika dibandingkan dengan template model lama blogger.
  1. Memiliki header dengan gambar latar yang dapat di gonta ganti melalui pengaturan blog sesuai dengan misi blog kita. Seperti halnya Contempo dan Soho, Emporio juga memiliki Header yang dapat dimodifikasi menjadi memiliki menu navigasi plus kotak pencarian yang sangat responsive dan mobile friendly tanpa perlu mengutak atik edit HTML, cukup melalui pengaturan blogger dan blogger designer theme saja. Jelas sekali baik material mapun elemennya 100% original.
  2. Berpenampilan sangat responsive, modern dan dinamis.
  3. Memiliki sidebar yang dapat dijadikan sebagai navigasi menu atau menempatkan gagdet gadget lain.
  4. Tampilan grid pada homepage pada layar besar dengan sidebar. Saya cukup memfavoritkan templat ini karena melalui pengaturan blogger theme design yakni pada bagian "width" atau lebar bisa menjadikannya memiliki sidebar pada ukuran layar tertentu. 
  5. Support full video display (youtube, dan video unggahan).
4. Notable (5 varian warna)
profile penulis diatas postingan blog
Tampilan profile pengarang atau penulis pada template editblogtema-Notable
Notable memiliki header yang menonjol, kuat dan atraktif! Apalagi jika di beri warna yang tepat, secara default memiliki keunggulan:
  1. Memiliki header dengan gambar latar yang dapat di gonta ganti melalui pengaturan blog sesuai dengan misi blog kita. Seperti halnya Contempo dan Soho dan Emporio, Notable juga memiliki Header yang dapat dimodifikasi menjadi memiliki menu navigasi plus kotak pencarian yang sangat responsive dan mobile friendly tanpa perlu mengutak atik edit HTML, cukup melalui pengaturan blogger dan blogger designer theme saja. Jelas baik material maupun elemennya 100% asli dan aman.
  2. Berpenampilan sangat responsive, modern dan dinamis
  3. Memiliki sidebar yang dapat dijadikan sebagai navigasi menu atau menempatkan gagdet gadget lain
  4. Kotak pencarian ikon kaca pembesar.
  5. Yang keempat ini saya paling suka: Pada template notable penulis bisa menempatkan gambar penulis (author) diatas postingan, bahkan sekalipun jika blog sobat memiliki  banyak penulis, semua penulis akan ditampilkan photo profilenya diatas postingan yang mereka tulis jika anda menggunakan template Notable beserta 5 variannya.
  6. Untuk membentuknya anda cukup mencari kode berikut didalam opsi pengaturan>tema>edit HTML:
body.item-view .Blog .post-author-profile-pic{max-height:100% }
Lalu tambahkan kode berikut  border: solid;
border-radius: 50px; setelah 100% bentuknya akan menjadi seperti berikut:
body.item-view .Blog .post-author-profile-pic{max-height:100%border: solid;border-radius: 50px;}
Save templat.
Template terakhir ini sangat pas buat blog personal, bisnis rumahan, hingga artikel artikel berat

Tidak percaya betapa kerennya konten tulisan dengan profil penulis? Lihat Demonya di: SBBS (semua baik baik saja)
Demikianlah empat template terbaru yang pasti tidak asing lagi bagi para blogger, soalnya usia rilisnya oleh blogger sudah lebih 2 tahun yang lalu. Kita berharap blogger akan menyediakan template template baru lagi dalam waktu dekat dengan kelebihan kelebihannya...

Jika ingin tahu bagaimana merobah tampilan ke empat template ini sampai tidak terlihat seperti template default lagi. Silahkan ikuti tutorial pada blog ini

11 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. wah kece abiz ya kang.. saya baru ngeuh kalau ada template baru bawaaan blogger.. tapi saya liat blog ini juga rapi banget dan bagus banget. alias eye catching.. saya mau coba ganti juga ah hehehe

    BalasHapus
  2. Ternyata sudah ada 4 template blogger baru ya Bang, tampilannya juga menarik jadi opsinya semakin banyak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Templat yang mas Aris pakai buat ngeblog adalah emporio adalah emporio default yang belum di modifikasi, sama dengan template template editblog notable, editblog soho yang saya pakai sekarang.

      Bedanya hanya: mas Aris memakai template apa adanya dan mengeditnya melalui pengaturan dan opsi blogger theme designer yang tersedia. Kami melakukannya melalui opsi HTML editor.

      Template mas Aris masih default, sedangkan template editblogtema dinamakan template "re-desain" atau telah di desain ulang sampai ke akar akarnya.

      Hapus
  3. Sangat di rekomendasikan menggunakan template terbaru karena layoutnya sudah support layout versi ke-3

    BalasHapus
  4. Wah gt ya ternyata.. Kl sy berati udh ketinggalan x. Ya.. Sy ga ngerti html sgl... Wk wk... Btw template pny mas keren yaaa.. Warna hitam kontras dngn putih.. Blom pernah sy liat warna kyk gini di blog org

    BalasHapus
    Balasan
    1. @HENI Ajaa..Template yang saya gunakan ini adalah SOHO bawaan blogger yang telah saya modifikasi sedikit. Sangat cepat dan meningkatkan jumlah visitor.

      Jika mau saya bagikan gratis

      Hapus
  5. Templatenya EDITBLOGTEMA ini emang luar biasa keren :)

    BalasHapus
  6. Wah template versi baru google ternyata keren juga sekarang. :) I like It...

    BalasHapus
  7. jadi dari ke 4 itu mana yang paling bagus

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak