Langsung ke konten utama

APAKAH NGEBLOG DAPAT MENGHASILKAN UANG? (BAG KE 2)

ilustration
credit: pexel.com
"Halo mastah mastah, saya telah ngeblog selama satu tahun kok belum juga....$?"

Ngeblog awalnya adalah hanya sebuah diary online dan di jadikan hobi, bukan untuk mencari uang. Namun jika akhirnya anda mendapatkan uang dan menggantungkan hidup anda disana, itu namanya anugerah yang harus di syukuri karena rezeki kita memang sudah ada ketentuannya. Saran saya teruslah ngeblog, menulis dan berkarya. Atau berhentilah buang buang waktu!

Hari ini semilyar website ada di internet. Semilyar orang yang akan menjadi saingan anda dengan kemampuan yang tidak pernah anda pikirkan samasekali. Kemudahan ngeblog hari ini telah menjadikannya sulit untuk di istemewakan seperti zaman dulu. Anda seperti melempar sebuah benda pada suatu objek seberapa tepat anda melemparkannya agar mengenai sasaran? Terkadang hanya seperti melempar dengan hasil untung untungan.

Apakah dengan adsense blog anda menjadi baik dan bagaimana jika tanpanya?
Adsense atau Google adsense datang belakangan menjadi primadona para publisher ads melaui program Google Adsense para provider mempercayakan paket kampanye mereka untuk ditempatkan pada blog blog anda. Dan penghasilan anda adalah bagi hasil! Tanpa jumlah pengunjung yang memadai dan besar, mustahil anda akan mendapatkan uang dari adsense. Silahkan ikuti cara menghitung adsense sesuai petunjuk Google. Jadi yang harus anda lakukan setelah memiliki sebuah blog adalah:

  1. Menulis atau membuat konten yang berkualitas. Hampir semua topik telah terlebih dahulu ditulis orang sebelum anda. jadi anda harus bekerja lebih keras agar halaman blog yang anda sajikan unik dan berbeda. Kemudian mesin pencari menuntut kuaitas konten melalui algoritma mereka. Salah memberikan feedback kepada mesin telusur berakibat blog anda diabaikan dan sepi.
  2. Teknik SEO. Teknik SEO itu sebenarnya simple: Kecepatan halaman, konten yang terupdate dan berkualitas, dan kata kunci yang baik.
  3. Mengutamakan manusia. Ketimbang sibuk mencari cari apa yang disukai oleh mesin pencari, lebih baik berfikir sederhana: Apa yang disukai oleh manusia? Dari sisi estetika tampilan, konten, hingga bahasa penyampaian harus selalu menyentuh sisi manusiawi.
  4. Konsisten. Teruslah ngeblog walaupun untuk beberapa masa tampak tidak terdapat perubahan apa apa, teruslah berkarya. Mungkin anda pernah mendengar Kepler berkata: Buku telah aku tulis, dan aku tidak perduli biar 100 tahun lagi baru mendapatkan pembacanya. Ya buku itu begitu menggemparkan seratus tahun setelah kematiannya!
  5. Jangan kehilangan pekerjaan utama anda. Walaupun ngeblog tetaplah jaga pekerjaan anda di dunia nyata. Karena pada saat ngeblog belum menghasilkan apa apa kepadanyalah anda bersandar hidup.
  6. Dan banyak lagi...
Adsense bukanlah harga mati dan anda harus bekerja keras dan lebih keras agar dia mendatangkan hasil yang nyata. Tidak bisa hanya dengan membuat konten yang kebanyakan telah dibuat oleh orang lain, anda harus menunjukan bahwa anda adalah yang terbaik untuk merebut hati pengunjung. Tidak bisa hanya dengan template cantik, SEO dan cepat, anda harus berhasil menarik perhatian manusia yang jauh lebih kompleks dari perkiraan kita.

Saya sadar ini editblogtema.net adalah blog niche saya. Saya tidak mau berbohong kalau blog seperti ini memang kurang populer, tapi saya tidak perduli. Dengan adsense atau tidak, tidak dapat merobah fakta: Saya mencintai menulis dan perihal ini sudah saya kemukan secara berulang ulang, jika orang bertanya apakah blog ini dipasang adsense? Sebelumnya ya. Apakah menghasilkan uang? Sedikit sekali.  Saya akan terus bereksplorasi sampai batas kemampuan saya.



www.editblogtema.net

Komentar

  1. "Jangan kehilangan pekerjaan utama anda"
    Suka banget hal ini, karena kadang saya kalau udah ngeblog lupa diri sampai anak-anak nggak keurus hahahaha.

    Btw sayapun masih PR banget kalau masalah adsense, dan jujur saya kepo dengan temen-temen blogger yang udah panen dari adsense.

    Tapi, sekali lagi, rezeki mah dari empunya, jadi bisa dari mana saja, saya prbadi belom pernah panen adsense, tapi Alhamdulillah udah panen dari sponsored post atau CP, lumayan lah.

    Yang pasti, apapun itu, tetep semangat ngeblog ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih pakai 2 - 3 ads pada blog "bule" saya. Tapi 3 bulan belum tentu dapat duit. Untuk hidup saya mengandalkan pekerjaan seperti orang kebanyakan

      Hapus
  2. sama seperti blog saya tentang cuaca, sepi komen tapi lumayan PVnya.
    sebaliknya blog jalan2 saya banyak komen tapi low PV hehehe.

    Pesan nomor 4 membuat saya bersemangat lagi mas.
    trims atas analisanya yang selalu dari sudut berbeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar blogwalking tidak berpengaruh pada PV itu sudah ditegaskan oleh Google. Namun bersilaturahmi tetaplah penting

      Hapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa