APAKAH NGEBLOG DAPAT MENGHASILKAN UANG? (BAG KE 2)

ilustration
credit: pexel.com
"Halo mastah mastah, saya telah ngeblog selama satu tahun kok belum juga....$?"

Ngeblog awalnya adalah hanya sebuah diary online dan di jadikan hobi, bukan untuk mencari uang. Namun jika akhirnya anda mendapatkan uang dan menggantungkan hidup anda disana, itu namanya anugerah yang harus di syukuri karena rezeki kita memang sudah ada ketentuannya. Saran saya teruslah ngeblog, menulis dan berkarya. Atau berhentilah buang buang waktu!

Hari ini semilyar website ada di internet. Semilyar orang yang akan menjadi saingan anda dengan kemampuan yang tidak pernah anda pikirkan samasekali. Kemudahan ngeblog hari ini telah menjadikannya sulit untuk di istemewakan seperti zaman dulu. Anda seperti melempar sebuah benda pada suatu objek seberapa tepat anda melemparkannya agar mengenai sasaran? Terkadang hanya seperti melempar dengan hasil untung untungan.

Apakah dengan adsense blog anda menjadi baik dan bagaimana jika tanpanya?
Adsense atau Google adsense datang belakangan menjadi primadona para publisher ads melaui program Google Adsense para provider mempercayakan paket kampanye mereka untuk ditempatkan pada blog blog anda. Dan penghasilan anda adalah bagi hasil! Tanpa jumlah pengunjung yang memadai dan besar, mustahil anda akan mendapatkan uang dari adsense. Silahkan ikuti cara menghitung adsense sesuai petunjuk Google. Jadi yang harus anda lakukan setelah memiliki sebuah blog adalah:

  1. Menulis atau membuat konten yang berkualitas. Hampir semua topik telah terlebih dahulu ditulis orang sebelum anda. jadi anda harus bekerja lebih keras agar halaman blog yang anda sajikan unik dan berbeda. Kemudian mesin pencari menuntut kuaitas konten melalui algoritma mereka. Salah memberikan feedback kepada mesin telusur berakibat blog anda diabaikan dan sepi.
  2. Teknik SEO. Teknik SEO itu sebenarnya simple: Kecepatan halaman, konten yang terupdate dan berkualitas, dan kata kunci yang baik.
  3. Mengutamakan manusia. Ketimbang sibuk mencari cari apa yang disukai oleh mesin pencari, lebih baik berfikir sederhana: Apa yang disukai oleh manusia? Dari sisi estetika tampilan, konten, hingga bahasa penyampaian harus selalu menyentuh sisi manusiawi.
  4. Konsisten. Teruslah ngeblog walaupun untuk beberapa masa tampak tidak terdapat perubahan apa apa, teruslah berkarya. Mungkin anda pernah mendengar Kepler berkata: Buku telah aku tulis, dan aku tidak perduli biar 100 tahun lagi baru mendapatkan pembacanya. Ya buku itu begitu menggemparkan seratus tahun setelah kematiannya!
  5. Jangan kehilangan pekerjaan utama anda. Walaupun ngeblog tetaplah jaga pekerjaan anda di dunia nyata. Karena pada saat ngeblog belum menghasilkan apa apa kepadanyalah anda bersandar hidup.
  6. Dan banyak lagi...
Adsense bukanlah harga mati dan anda harus bekerja keras dan lebih keras agar dia mendatangkan hasil yang nyata. Tidak bisa hanya dengan membuat konten yang kebanyakan telah dibuat oleh orang lain, anda harus menunjukan bahwa anda adalah yang terbaik untuk merebut hati pengunjung. Tidak bisa hanya dengan template cantik, SEO dan cepat, anda harus berhasil menarik perhatian manusia yang jauh lebih kompleks dari perkiraan kita.

Saya sadar ini editblogtema.net adalah blog niche saya. Saya tidak mau berbohong kalau blog seperti ini memang kurang populer, tapi saya tidak perduli. Dengan adsense atau tidak, tidak dapat merobah fakta: Saya mencintai menulis dan perihal ini sudah saya kemukan secara berulang ulang, jika orang bertanya apakah blog ini dipasang adsense? Sebelumnya ya. Apakah menghasilkan uang? Sedikit sekali.  Saya akan terus bereksplorasi sampai batas kemampuan saya.



www.editblogtema.net

4 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. "Jangan kehilangan pekerjaan utama anda"
    Suka banget hal ini, karena kadang saya kalau udah ngeblog lupa diri sampai anak-anak nggak keurus hahahaha.

    Btw sayapun masih PR banget kalau masalah adsense, dan jujur saya kepo dengan temen-temen blogger yang udah panen dari adsense.

    Tapi, sekali lagi, rezeki mah dari empunya, jadi bisa dari mana saja, saya prbadi belom pernah panen adsense, tapi Alhamdulillah udah panen dari sponsored post atau CP, lumayan lah.

    Yang pasti, apapun itu, tetep semangat ngeblog ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih pakai 2 - 3 ads pada blog "bule" saya. Tapi 3 bulan belum tentu dapat duit. Untuk hidup saya mengandalkan pekerjaan seperti orang kebanyakan

      Hapus
  2. sama seperti blog saya tentang cuaca, sepi komen tapi lumayan PVnya.
    sebaliknya blog jalan2 saya banyak komen tapi low PV hehehe.

    Pesan nomor 4 membuat saya bersemangat lagi mas.
    trims atas analisanya yang selalu dari sudut berbeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar blogwalking tidak berpengaruh pada PV itu sudah ditegaskan oleh Google. Namun bersilaturahmi tetaplah penting

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak