Awas keyword Anda! BERT Kependekan dari: bidirectional encoder representations from transformers. Adalah referensi dua arah encoder dari transformer. Sebuah tool dan algoritma web baru google yang kompleks dan di klaim bahkan di tengarai akan melebihi manusia dalam memahami sebuah pertanyaan.

bert algoritma mesin telusur Google
Maskot bert

Secara global telah terjadi 10% perubahan pada mesin pencarian. Namun karena masih dalam tahap belajar BERT akan membutuhkan waktu lebih banyak agar dia menjadi semakin pintar dari waktu ke waktu. Ini seperti bagian dari program "machine learning" mesin yang mampu belajar. Perhatikan Algoritma dengan umpan dua arahnya:

contoh umpan dua arah pada BERT
contoh umpan dua arah pada BERT. image Source Google A.I blog

BERT memiliki algoritma yang dapat dilatih untuk menjawab setiap pertanyaan dan menjadikan mesin telusur menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tidak seperti sebelumnya mesin pencari mencari situs situs, atau alamat web, maka BERT mencari PERTANYAAN dan MEMECAHKAN pertanyaan setiap orang. Awas efeknya terhadap kata kunci pada kata pencarian akan menjadi berubah, tidak akan sama seperti yang di ajarkan oleh para web master sebelumnya. BERT tidak akan tertipu oleh kunci kata, karena dia mampu mencerna pertanyaan dengan algoritma kecerdasan lebih rumit dan inteligent. Dia mampu mengenali manipulasi dan trik lebih pintar dari manusia.

Lagi lagi ini akan mempengaruhi paling tidak 1 dari 10 ranking atau posisi halaman web kita di internet. Perubahan ini terjadi paling tidak oleh Google adalah target 5 tahun sekali.

Mempengaruhi peringkat atau ranking situs situs web

Namun menurut sementara kalangan BERT membutuhkan perangkat lebih maju di masa depan untuk menunjang kecerdasannya pada saat berada di tangan  para penggunanya. Kita dapat membayangkan hape, laptop dan perangkat komputing di seluruh dunia terus berkembang perangkat kerasnya untuk memaksimalkan atau memanfaatkan kecerdasan si BERT ini.

Pada uji coba yang telah di lakukan BERT benar benar mewakili syaraf kecerdasan buatan dan mampu membaca "pikiran" kita dengan sangat alami. Tidak ada lagi model pencarian dengan hasil random dimana pembaca harus memilih dari sekian banyak jawaban yang telah diberikan, kadang terasa mengecewakan karena ketidak akuratannya, BERT seperti mengerti apa maksud dan tujuan kita. Buang saja kata kata tidak perlu dalam bahasa Inggris "to"  dan "for" si BERT sudah mampu menyimpulkan model pertanyaan kita dengan natural walau kita menuliskan pertanyaan sederhana. Contoh sebelum dan sesudah hasil pencarian yang di ketikan pada kotak pencarian di browser:

contoh setelah situs menggunakan algoritma bert
Contoh di atas adalah jawaban sebelum menggunakan Algoritma BERT dan sesudah menggunakannya.


Bahasa bahasa lain akan segera menyusul. Dengan perubahan ini akan terjadi perubahan besar besaran dengan kata kunci di mesin pencarian, ini juga akan berakibat situs situs website besar yang mengandalkan kata kunci turun ranking, bisa jadi. Dan itu akan terasa adil bagi situs yang memiliki konten berkualitas namun miskin kata kunci alias keywords.

Dan...Awas keyword Anda! Ini zamannya pencarian model Bert bukan riset keyword.

Nah disini poinnya: Ketika Anda merasa kata kunci Anda yang selama ini dan sedari dulu sangat mujarab, maka hari hari bersama algoritma Bert, hal itu bisa saja akan mentah dalam sedetik. 

bert mendorong keyword menepi

Bert sangat cerdas dan kini mesin penelusur telah menggunakannya, ia adalah kecerdasan berbasis A.I. yang dapat di latih untuk memahami sebuah pertanyaan dan mencari jawabannya lebih dalam dan lebih alami ketimbang mengandalkan kata kunci seperti yang selama ini menjadi praktik oleh perusahaan perusahaan berbasis web demi untuk bisa di temukan dengan lebih mudah oleh para pengguna di dunia maya.

Bert akan menyajikan cara dan matode yang berbeda samasekali. Kata kunci mugkin masih akan di pakai oleh para pegiat teknologi web, akan tetapi itu akan segera menjadi sangat jadul di mata mesin pencari. Anda yang berbisni di bidang ini dan tidak mau move on mungkin akan ague, akan tetapi faktanya segalanya telah berubah. Walau key word masih ada namun Bert telah mendorongnya ke tepi.

Dan segalanya memang akan berubah, tidak ada yang dapat menahannya. Keyword Anda menjadi tidak bermanfaat lagi karena mesin telusur tidak lagi bergantung padanya. Sekarang mesin telusur telah memiliki 'sesuatu' yang cerdas dan memahami apa yang dinginkan oleh calon pengunjung suatu situs dengan sangat cerdas dan lebih akurat, lebih menghemat waktu dan lebih bermanfaat daripada sekedar menebak nebak.

Tahu manfaatnya? 

Ketimbang lebih memprioritaskan model keyword yang di sematkan ke dalam artikel seperti selama ini, bert akan melakukan pencarian dengan lebih adil. Jika selama ini situs situs kaya telah bekerja keras untuk riset keyword dan bahkan membayar, dan bahwa selama ini dengan cara itu mesin pencari mengangkut konten mereka ke permukaan untuk menjadi page one. Namun kini mesin pencari di bantu oleh Bert hanya akan mengangkut konten yang paling releven dan paling di butuhkan ke permukaan.

Jadi begini, jika query pertanyaan di ketik ke mesin kolom pencarian seperti ini:

"cara membuat latar header blog bergelombang"

Sebelumnya ketika kata kunci alias keyword yang berkuasa, maka yang muncul adalah konten konten terkait dengan hal tersebut dari situs situs besar saja. Akan tetapi ketika Bert memahami apa yang di inginkan oleh pengunjung, maka yang muncul adalah benar benar konten yang di inginkan oleh pengunjung tersebut.

Tampak Bert juga memahami bahwa pengunjung ingin hal hal sederhana namun berguna bagi mereka.

Artinya situs kecil yang memiliki konten lebih bagus memiliki peluang lebih besar untuk menjadi page one. Keyword pasti masih akan di pergunakan, namun kita tidak perlu lagi memusingkannya. Selamat tinggal keyword, kami tetap akan menggunakanmu terutama akan menjadi lebih mudah begitu long tail keyword akan lebih banyak dipergunakan.

Tidak ada yang abadi di dunia, kecuali perubahan itu sendiri.