HACKER ADALAH PEKERJAAN DALAM KESEPIAN

hacker ilustration
hacker ilustration
Kalian mungkin membayangkan menjadi seorang hacker itu keren, memang keren kalau melihat pencapaian mereka yang fantastis: Dari membobol kartu kredit hingga membobol situs pemerintahan dunia. Yang membuat kamu silau dan ter-kagum kagum kepada mereka mungkin adalah:

1. MEREKA TERKENAL NAMUN DISELIMUTI RAHASIA

Mereka terkenal, soliter, misterius dan mungkin menjengkelkan. Hacker pada umumnya berasal dari kalangan orang orang muda, karena yang sudah tua pada umumnya sudah tidak mau lagi melakukan hal seperti itu lagi, mereka telah berhasil memanfaatkan pengetahuan hacking mereka untuk hal hal yang lebih bermanfaat. Misalnya menjadi ahli keamanan cyber, konsultan cyber, dan pembuat aplikasi dan software.

Apapun bentuknya hack bagi sebagian pelakunya adalah sensasi petualangan yang bisa mendatangkan keuntungan dan ketenaran sesaat, itulah sebabnya kegiatan hacking seperti ini lebih banyak dilakukan oleh kalangan anak anak muda. Banyak juga cewek cewek lho.

Walaupun mereka nampak ber-sosialisasi, namun mereka menyembunyikan sesuatu. Seorang hacker tidak akan bodoh dan mengatakan kepada dunia: "Saya adalah hacker!" itu namanya konyol dan pembual.

2. MEREKA TERLIHAT PINTAR DAN MISTERIUS

Ya jelas, mereka pintar dan nampak sulit disentuh. Mereka penyendiri dan soliter. Bekerja pada malam hari dan kebanyakan hanya berhubungan dengan kelompok yang mereka percayai.

Mereka bukan hanya sekedar terlihat pintar tapi memang benaran pintar karena mereka mengeksploitasi banyak lubang dan celah keamanan membuat mereka harus menjadi individu yang selalu bertindak dan berfikir sekaligus. Mereka ahlinya berfikir logis dan mengambil keputusan yang terkadang nekat dan penuh risiko.

Sekali lagi inilah sebabnya mengapa hacker itu secara individu adalah seorang muda. Mereka harus pintar.

Baca: INGIN MENJADI SEORANG HACKER? PELAJARI 10 BAHASA PROGRAMMING INI

Mengapa mereka harus pintar? Sebagian ciri ciri mereka adalah:

hack code
hack code

  • Kebanyakan mereka masih muda, namun penyendiri, sepi dan kadang harus bekerja pada malam hari. Hal ini mungkin akan berakhir ketika usia mereka semakin dewasa dan menua, Kecuali jika mereka melanjutkan kehidupan mereka sebagai penulis. Pada waktu muda umumnya kita sedang mencari jati diri.
  • Mereka harus menguasai bahasa program, hacker sejati bukan hanya yang bisanya cuma merakit script dan phising korbannya tetapi seorang hacker harus menguasai bahasa pemrograman. Kamu tahu betapa rumitnya bahasa mesin bagi orang awam, bukan? Bukan hanya premrograman mereka juga harus mengerti perangkat keras seperti komputer, perangkat mobile seperti hape. Mereka juga piawai membuat software, mengerti seluk beluk virus dan
    memanfaatkannya.

    Yang paling keren adalah mereka sangat mahir menggunakan CMD command Line computer seperti MS DOS prompt/Command Prompt, sejenis bahasa mesin yang lebih sulit jika dibanding bahasa pemograman masa kini yang bahasanya sudah mendekati bahasa manusia. CMD memang sangat umum dipakai sebagai tool hacking, misalnya Ping, NslookUp,Tracert, ARP, Route, IPconfig, dan Netstat.
  • Mengetik tanpa melihat keyboard, matanya terus melototi layar. Kamu harus tau wajar kalau kamu menulis artikel dengan mengetik sepuluh jari tanpa melihat keyboard karena hampir tidak ada risiko instan yang kamu derita jika kamu melakukan kesalahan dalam pengetikan sebuah artikel.
  • Tetapi seorang hacker? Mereka harus cepat dan harus mengetik perintah dalam bahasa yang sangat berbeda bagi orang awam, yakni bahasa program yang terdiri dari perintah perintah dan konfigurasi koding. Kadang kecepatan pengetikan harus berlomba dengan reaksi perubahan perintah pada command prompt, terlambat bisa berakibat fatal. Tandanya seorang pintar seluk beluk perangkat komputing adalah bisa dilihat dari cara mereka mengetik.
    Hacker jelas jauh lebih sedikit dibanding orang kebanyakan, ini adalah sekelompok orang dengan kepribadian soliter, berkemauan keras dan nekat. Namun juga sangat teliti, berhati hati dan bersembunyi.
Keren bukan? Masih banyak yang tidak saya tuliskan disini. Akan tetapi tahukah kamu seorang hacker sebelum siap menjadi seorang hacker adalah seorang dengan jiwa yang ulet dan penuh rasa ingin tahu?

Perjuangan mereka juga adalah perjuangan yang diwarnai oleh jatuh bangun: Pertentangan dalam keluarga, lingkungan hingga kebutuhan menyalurkan hasrat dan kecerdasan mereka agar diakui.

Mungkin tidak semua hacker melewati hari hari yang sulit seperti yang akan saya tulis, namun demikianlah sebagian daripada gambarannya.

3. MEREKA MEMANG PINTAR NAMUN TIDAK DIMENGERTI

Seorang anak pendiam, di sekolah nampak biasa biasa saja. Tiba tiba berurusan dengan pihak kepolisian. Orang tuanya pun belingsatan. Mereka tidak percaya apa yang telah terjadi.

"Kami hanya ingin dia menjadi anak yang berguna" kata sang ibu sambil meneteskan air mata. Tetapi dia tidak mengerti apa yang telah dilakukan anaknya selama ini?

Anak itu diam diam belajar software, belajar koding dan pemrograman yang seharusnya dia dapatkan kelak di bangku sekolah jurusan IT software. Dia telah belajar keras dan mendahului apa yang seharusnya didapatkan nya beberapa tahun lagi. Jika orang tuanya mengerti mereka seharusnya bangga dan membantunya. Tapi tidak setiap orang tua dapat disalahkan, hidup itu memang rumit dan mereka tentunya hanya ingin yang terbaik bagi masa depan anak anaknya.

Nasib anak anak muda ini selanjutnya kemudian di tentukan didalam penjara. Atau di bina oleh pihak berwenang tergantung dari usaha para pemimpin dan orang tuanya.

4. PADA SAAT HACK MEREKA TIDAK MELULU DUDUK DIBELAKANG LAYAR.

Kamu juga keliru jika menyangka hack dapat dilakukan 100% melalui jendela PC belaka, kadang seorang hacker harus mengambil risiko yang berani, berhadapan langsung dengan korbannya, melakukan transaksi psikologis, secara fisik dan berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan manusia.

Pada saat memasukkan kode sebelum perangkat nirkabel dapat melakukannya dengan cepat seorang hacker kadang menggunakan USB dan mencuri curi masuk ke ruang server, untuk melalkukan penetrasi langsung, mencuri data melalui kontak fisik antar device yang dengan susah payah mereka lakukan.

Mereka memang telah berjaga jaga agar tidak terlihat oleh cctv, tetapi terkadang sistem pengamanan yang paling kuno justru menangkap mereka tanpa mereka sadari.

5. MEREKA BERHADAPAN DENGAN UNDANG UNDANG CYBER-CRIME

Tahu ancaman hukumannya? 5 tahun kurungan penjara dan denda 1 milyar. Mereka juga harus berhadapan dengan polisi polisi cyber yang terdiri dari mantan mantan hacker piawai.

WALAUPUN HACKER ITU MENAKUTKAN ORANG AWAM NAMUN SESUNGGUHNYA HACKING ITU KEGIATAN BIASA DALAM HIDUP.

Akhirnya kita sampai pada pembahasan akhir, saya memberikan gambaran secara singkat dan dramatis, hidup itu sebenarnya adalah lautan seni. Dan hacking itu adalah seni segala sesuatu bisa kita hack termasuk manusia itu sendiri. Life is hack. hacking bukanlah kegiatan baik atau kegiatan jahat, dia hanyalah teknik dan seni tergantung bagaimana orang memanfaatkannya.

www.editblogtema.net

7 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Saya mah ogah jadi hacker mas, bikin hidup ngak tenang. mendingan jadi blogger atau youtuber saja deh lebih adem.walau penghasilannnya masih semeraut.hahaha.....

    BalasHapus
  2. For some of them, it's just a prank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Evi, bahkan saya terpolarisasi dari film-film hacker hollywood yang melancarkan aksinya untuk kesenangan pribadi dan merusak sistem korban..

      Tapi, ada beberapa diantara mereka yang menggunakan ilmu tsb untuk kebaikan.. Entah apa yang mau disebut, seperti White Hacker semacamlah.. 😁

      Hapus
  3. wakakakakaka, melas banget.
    Hacker itu orang2 yang kesepian. Betul banget tuh, kurang kerjaan, jadinya nge hack orang aja :D

    Coba gitu keahliannya digunakan untuk hal berfaedah, misal ciptakan aplikasi atau apa gitu, kan lebih baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dulu saya suka intip laptop mantan apakah dia... Gitu deh he he he sampai satu album photo photonya saya pindah ke laptop saya termasuk filem kesukaannya dan teman temannya.

      Hapus
  4. tp jujur suka kagum sm hacker, gila ya otakku nggak bisa menjangkau kecanggihannya. wkwkwk

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak