SEJARAH TEMPLATE DEFAULT BLOGSPOT DARI MASA KE MASA

Hari ini kita mengetahui bahwa selain berbeda varian, jenis dan versinya  template template default juga di bedakan dengan versi layoutnya. Misalnya, blogger layout generasi ke-2 versi pertama atau template template default blogger dan template blogger layout generasi ke 3 yang terbaru. 

Terlebih dahulu kami jelaskan darimana dapatnya istilah template default blogger layout generasi ke 2 dan template default blogger layout generasi ke 3?

perbedaan antar muka  template blogspot lama dengan baru

Template template default artinya adalah template template bawaan yang masih asli yang telah disediakan oleh Google Blogger pada saat pertama kali kita membuka dasbor blogger atau pada saat pertama kali seseorang memulai membuat halaman blog pertama mereka di blogger blogspot. Template template ini juga berjalan dan berkembang seiring waktu bersama sejarah blogger. 

Karena Sejarah akan terus berlanjut, dan postingan ini akan selalu kami posting ulang untuk mengikuti update blogger Blogspot, baiklah kita mulai dari template Blogger terbaru hingga ke terlama dengan penomoran terbalik:

3. Template default blogger generasi ke 2 versi kedua - Layout versi 3

Nah di mulai pada tahun 2017 (3 tahun yang lalu semenjak tulisan ini kami turunkan) blogger menambah 4 jenis koleksi baru template template bawaan (default) pada dasbor mereka. Adapun 4 template template default terbaru bersama semua varian variannya adalah:
  1. Contempo, memiliki 5 varian
  2. Soho memiliki 5 varian
  3. Emporio 5 varian
  4. Notable 5 varianTemplate terbaru ini memiliki bentuk dan atarmuka yang jauh berbeda dengan template template generasi ke 2 versi pertama. 
Berbeda dengan template generasi ke 2 versi pertama, versi kedua ini tidak memiliki tampilan fisik dengan sidebar yang hanya dapat tampil pada ukuran layar dengan lebar tertentu, karena sidebarnya di sembunyikan pada ukuran layar yang lebih kecil dengan ukuran tertentu pula dan hanya bisa di tampilkan pada saat kita mengklik menu hamburger di bagian kanan atau kiri di bawah headernya.

contoh template generasi kedua dengan layout versi 3
Contoh tampilan template default dasar generasi ke 2 versi kedua

Sumber kodenya juga berbeda, menggunakan CSS 3, HTML 5 atau lebih banyak menggunakan CSS untuk membenuk fitur fitur dengan material responsif dan tombol reaksinya. Dan sudah menggunakan ikon SVG sebagai material pembentuk beberapa elemen tindakan pengguna.

Jelas ke empat jenis template bawaan blogger terbaru ini sudah mengadopsi desain layout versi ke 3 sebagaimana terbaca pada bagian xml-nya:

widget version='2' b:layoutsVersion='3'

Desain generasi ke 2 versi kedua ini telah mengadopsi gaya style desain yang lebih maju, misalnya:
  1. Contempo di desain dengan gaya aliran 'indie' ini membuatnya lebih lebih presius.
  2. Soho mengadopsi gaya desain aliran 'fancy'
  3. Emporio mengadopsi gaya desain ' Vegeclub'
  4. Notable Mengikut desain aliran 'Rookpool'
Laman editblogtema.net sekarang menggunakan template Contempo yang telah kami rombak/redesain sendiri dengan tampilan yang sangat jauh dari aslinya. Tentu saja dengan tambahan tambahan elemen dan fitur fitur yang kami butuhkan untuk sebuah template yang memenuhi kebutuhan blogging kami. Misalnya bagian navbar dan sidebar yang tampil pada bagian kanan di blog ini.
Kita berharap blogger akan menamambahkan template generasi ke 3 untuk blogger dalam waktu dekat.
 

2. Template default blogger layout generasi ke 2.

Nah ceritanya tambah asik saja karena sampai disini. Kita mulai menyinggung inti masalah: Desain dan Re-desain template. Kalian mungkin tidak akan percaya bagaimana para 'desainer teplate' membuat template template premium yang mungkin beberapa diantaranya telah kalian beli. Sebut saja template viomagz buatan Mas Sugeng, itu di buat berdasarkan desain layout versi ke 2.

Pada masa template template generasi kedua versi petama ini hadir pada dasbor blogger, telah terdapat banyak perubahan pada antar muka dasbor pengaturan blogger. Begitu juga dengan tampilan antar muka desain template baru ini. Tampak Google telah melakukan update besar besaran pada tampilan dan antar muka desain template terbarunya pada masa ini.
Template layout generasi ke 2 versi pertama ini hadir dalam beberapa varian, jika ingin melihatnya kalian bisa masuk kepengaturan blogger:

Masuk ke dasbor / pengaturan blogger
Pilih tema, maka akan muncul koleksi tema, scroll halama tersebut ke atas karena pada bagian atas di letakan template generasi kedua versi ke 2.
Atau, jika kalian masih ingin membaca penjelasan kami template template ini terdiri dari beberapa varian, 7 model bersama varian variannya:
  1. Simple, terdiri dari 6 varian
  2. Dynamic View terdiri dari 6 varian
  3. Picture Window terdiri dari 3 varian
  4. Awesome inc, terdiri dari 6 varian
  5. Water Mark terdiri dari 4 varian
  6. Ethereal terdiri dari 3 varian
  7. Travel terdiri dari 4 varian
Seperti template klasik, template generasi ke 2 versi petama ini memiliki sidebar.

contoh template versi dua dengan layout ke 2
Contoh tampilan template default dasar generasi ke 2 versi pertama

Pada masa ini telah bermunculan para desainer pembuat template dan mereka menjual template dan mendapatkan penghasilan daripadanya.

Kami harap penjelasan kami menambah wawasan kita semua, bagaimana kreatifitas kadang begitu mencengangkan dan kadang begitu sederhana. Kami menemukan banyak template template yang masih di jual di situs penjualan template telah di buat berdasarkan template template generasi ke 2 versi pertama ini. Artinya mereka telah melakukan desain ulang (re-desain). Ingat hanya sebagian mereka namun jumlahnya tidaklah sedikit yang melakukan hal ini menjual desain desain template berdasarkan template default blogger.

Memang tidak ada yang salah memanfaatkan sumber gratis dari blogger, akan tetapi berhati hatilah terhadap klaim, tanpa mengurangi rasa hormat dan penghargaan kita terhadap kreatifitas mendesain ulang antarmuka sebuah template, sebaiknya jangan menghilangkan 'Powered By Blogger'

Kesempatan terbaik para pembuat template sebenarnya adalah ketika Google mengumumkan bahwa sebuah template blogger harus responsif dan Mobile. para pembuat template belomba lomba menjadikan template template bawaan (default) blogger menjadi responsif dan mobile sembari merubah bentuk antar mukanya. Sebagian template template itu telah di jual di situs situs penjualan template ternama.

Template template ini masih mengadopsi desain layout versi ke 2. Kita dapat membaca sumber kodenya pada bagian xml-nya:

b:version='2' class='v2'

 

1. Template default blogger generasi Pertama 
(Template klassik)

Sebenarnya jauh sebelum template default blogger generasi ke 2 muncul, blogger telah menyediakan template klasik yang hanya cocok buat layar PC desktop. Template itu menjadi satu satunya template default (template bawaan) yang tersedia pada dasbor blogger, dan masih menjadi template wajid di era tahun 2003-2009. Di mulai semenjak Google mengakuisasi PyraLabs, pencipta pertama blogger. 

Template tersebut di sebut dengan template 'Klasik" (Classic).

Untuk ukuran zaman sekarang tentu saja template klasik itu sangat jadul karena:
  • Samasekali tidak responsif
  • Apalagi, sama sekali tidak mobile friendly.
Tapi jangan underestimate dulu karena tentu saja menurut konteks pada zamannya template ini cukup keren tampilannya pada layar desktop.

Pada masa itu urusan fitur template blogger yang responsif dan mobile friendly- apalagi yang AMP memang tidak diperlukan seperti zaman now karena para blogger hanya ngeblog melalui layar layar PC besar seperti Desktop, dan laptop.

Belum ada layar tablet dan layar genggam hape yang pada masa sekarang ini telah menjadi primadona. Bisa ngeblog saja pada masa itu sudah keren banget, sedangkan Youtube bersama konten konten video belum sekeren masa sekarang karena formatnya yang masih berat dan teknologi jaringan masih tidak sekuat masa kini.

Jika kalian misalanya, masih nekat menggunakan template klasik dan menerapkannya pada masa sekarang maka tampilan blog kalian pada layar hape dan tablet akan telihat oleh pengunjung seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah berikut:
tampilan template generasi pertama pada layar mobile zaman now
tampilan template generasi pertama pada layar mobile zaman now
Dengan tampilan seperti itu pengunjung akan kesulitan membaca konten konten blog kalian. Itulah yang dimaksud dengan tampilan yang tidak responsif dan tidak mobile. Sedangkan template blogger yang baik untuk zaman sekarang itu adalah template yang dapat menyesuaikan lebar tataletaknya terhadap segala ukuran layar (responsif) dan  cocok untuk di baca pada layar gagdet/ perangkat genggam (mobile)

Demikianlah keadaanya, para desainer web pada masa itu hanya merancang dan mendesain sesuai dengan sumber daya dan kebutuhan blogging pada masa itu. Sumber daya yang kami maksud selain ukuran layar yang belum memiliki terlalu banyak variasi, sumber kode (code source) juga masih belum semumpuni masa sekarang.

Tapi sekali lagi harus di ingat, walaupun demikian blogging pada masa itu masih langka dan keren sekali. Tidak seperti zaman now, anak SD kelas 4 saja sudah bisa blogging asal mereka mau berkat kemudahan yang telah terjadi, blogging menjadi lebih berwarna namun juga kehilangan banyak nilai dan margin keuntungan finansial pada saat menekuninya. Sebaliknya Sekarang konten video menjadi semakin di gandrungi berkat teknologi jaringan yang semakin cepat dan maju.

Jadi kini kalian sudah mengerti kondisi zaman di masa lalu itu, dan dapat memandang segalanya pada kontek ruang waktunya. Oh ya kalian juga dapat mengingat, template klasik memiliki desain pada hompage dan halaman konten yang memiliki sidebar.

Template blogger layout generasi ke 2 Versus layout Generasi ke 3 mana yang lebih mudah di modifikasi?

Sekarang, mari kita bahas manakah yang terbaik diantara dua template yang sama sama di sebut sebagai generasi ke 2 dari kedua template default blogger diatas untuk di modifikasi?

Sebenarnya untuk menjawab ini kami tidak ingin bersikap apriori, keduanya memiliki kelebihan masing masing, namun pengalaman akhirnya menunjukan lebih kepada mengajarkan hal hal baru kepada kita. Bahwa setiap hal baru datang akan selalu ada alasannya. Dan hal tersebut akan menarik perhatian kita.

Namun sebagai pribadi pribadi yang tertarik pada teknik desain, walau terbatas pada suatu template blogger, kita tidak mungkin sekedar mencoba netral, mungkin pendapat subjektif dan pribadi juga menarik untuk di kemukakan melalui halaman ini.

Bahwa segala hal baru dibuat, di kemukakan oleh Google sudah pasti dengan pertimbangan untuk penyempurnaan, pembaharuan keamanan, dan menyederhankan tindakan.

Antar muka template layout generasi ke 3 versi kedua ini jelas tampak lebih mengikuti trend ke kinian. Tapi sekali lagi ini hanyalah masalah selera, akan ada sementara orang tidak menyukai tombol hamburger menu untuk menampilkan sidebar yang disembunyikan, ada orang lebih menyukai desain klasik.

Kode sumber berbeda lebih modern dan lebih maju. Template template versi ke 3 ini antarmukanya di desain dengan CSS.
Jika versi pertama setting tampilan desktop dan mobile dilakukan secara terpisah melalui pengaturan/dasbor blogger, desain template generasi ke 3 ini berbeda karena secara otomatis sudah responsif dan mobile tanpa perlu di setting lagi.

Menurut kami, kedua template memiliki kemudahan untuk dipergunakan kode kode sumbernya, Kami misalnya mencobakan elemen elemen yang kami buat dan menerapkannya pada kedua jenis template diatas. Untuk mewakili template default genrasi ke 2 versi pertama, kami mempergunakan template simple, sedangkan untuk template generasi ke 3 versi kedua kami memilih template bawaan terbaru Contempo.

Lalu kami pasangkan navbar kostum kepada kedua template tersebut, dan hasilnya? Dapat di terapkan terhadap keduanya!. Namun oleh karena template contempo memiliki jauh lebih banyak pengaturan CSS-nya, jauh lebih mudah meletakan setiap elemen terhadap contempo ketimbang template simple, mengapa tidak lain adalah karena minimnya sumber kode CSS di dalam template default generasi ke 2 versi pertama tersebut. 

Mengapa harus didesain ulang?

Hal pertama yang di ingat para blogger serius adalah setelah konten konten yang berkualitas tampilan desain halaman web juga tidak kalah pentingnya bagi para pembaca, halaman dengan tampilan desain yang 'eye catching' tentu saja sedikit banyaknya mampu menarik orang untuk berkunjung dan membaca di halaman blog. Halaman dengan desain jadul tentu tidak dapat menarik perhatian generasi zaman now. Desain kekinian yang berasal dari template template default yang telah di rombak oleh para pembuat template benar benar telah menghasilkan sebuah wajah yang sangat berbeda.

Apakah hal tersebut lantas diperbolehkan? Mengapa tidak? Sumber kode (Code Source) blogger adalah gratis dan dapat di pergunakan ulang oleh kepala dan tangan tangan yang kreatif. Namun jika kami harus membandingkan, mana diantara kedua jenis template generasi ke 2 yang lebih mudah di modifikasi, kami katakan, keduanya sama mudahnya. Tergantung basis ketrampilan dan pengatahuan yang telah kita kuasai.

Akan tetapi sumber kode template generasi ke 2 versi kedua seperti contempo dkk jauh lebih kaya dengan pengaturan CSS jika di bandingkan dengan sumber kode template default generasi ke 2 versi pertama seperti simple dkk. Sekali lagi itu tentu saja subjektif karena kami sudah terlanjur menyukai desain dengan layout generasi ke 3. Lagipula editblogtema sedang menggunakan template yang dibuat dengan sumber kode desain 'indie' nya contempo.

Desain ulang berguna untuk menambahkan atribut atribut, elemen dan material penting kedalam template, karena template premium umumnya mengikuti standar halaman web professional, misalnya:
  • Breadcrumbs
  • Related posts
  • Navbar kustom
  • Dll
Sejarah selalu menarik karena dia bercerita banyak, dari sejarah kita akan menambah wawasan dan belajar dari banyak sudut pandang  dan konteks yang berbeda. Dan jika kita membandingkan blogspot dengan wordpress, kita akan menemukan banyak kelebihan dan kekurangannya, untuk urusan template wordpress lebih kaya dan lebih bervariasi. 

Akan tetapi Google juga telah melakukan update berkala terhadap blogspot dan tidak menutup kemungkinan suatu hari akan terdapat update besar besaran yang membawa perubahan besar pada antar muka tampilan blogspot sehingga dapat mengungguli platform blogger lainnya.


Komentar

  1. Terimakasih wawasanku jadi nambah tentang sejarah template bawaan blogger.
    Versi yang terakhir ini lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan yang sebelumnya.

    BalasHapus
  2. nga begitu ngerti edit-edit tema blog wgwgw, asal make template yang ada wgwgw

    BalasHapus
  3. wah sepertinya mengamati banget ya mas hehe

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasinya kak

    BalasHapus
  5. pernah pake simple theme yang warna jingga itu dulu pas baru awal2 bikin blog :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  6. Ulasan yang sangat detail dan bagus. Memang masalah di blogger adalah berkaitan dengan template yang monoton dan kurang familier serta seo. Saya punya web berbasis blogspot juga dengan custom domain, namun kurang terupdate alasan diatas. Dengan tulisanmu ini sepertinya saya ingin menengok kembali blogger saya. Thanks

    BalasHapus
  7. Ada satu template lagi belum disebutin gan bernama Essential Light baru satu varian berwarna Light, sama persis dengan Contempo cuma bedanya pada Essential ini Sidebarnya sama seperti Notable yaitu benar2 tersembunyi mgkn maksudnya biar makin responsive, kode2 css nya juga tdk sesulit Contempo meskipun susunannya sama persis.

    Aku lagi ngedit2 Essensial ini, asik diantara semua template ini yg paling ringan. 😆

    Bicara soal mudah mengedit yang mana? kurasa yg terbaru alias generasi ke 3 ini lebih mudah di edit karena kode2nya tidak sebanyak kode2 pada template generasi ke 2. 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jeli juga ya...

      Saya juga bingung sih diantara 4 varian utama template terbaru terselip tema 'essential' ini. Karena kalau di pandang dari sudut gaya desain masing masing memiliki aliran begini:

      1. Contempo beraliran 'Indie' memiliki 5 varian warna, mark up-nya: <b:template-script async='true' name='indie' version='1.0.0'/>
      2. Soho beraliaran 'Fancy' memiliki 5 varian warna dengan mark up: <b:template-script async='true' name='fancy' version='1.0.0'/>
      3. Emporio beraliran 'vegeclub' memiliki 5 varian warna dengan mark up: <b:template-script async='true' name='vegeclub' version='1.0.0'/>
      4. Notable beraliran 'rockpool' memiliki 5 varian warna dengan mark up: <b:template-script async='true' name='rockpool' version='1.0.0'/>

      Yang ke-5, dan hanya menjadi satu satunya varian tunggal adalah 'essential' entah gaya apa karena disana tertulis dengan mark up: <b:template-script async='true' name='strm' version='1.0.0'/>

      Hapus
    2. Menurut aku template essential itu adalah versi ringan template contempo, tanpa latar, tanpa warna. 'STRM' sendiri lebih mengacu pada 'streaming' style. Ia adalah bentuk lain gaya 'indie'.

      Keseluruhan strukturnya sendiri adalah contempo, ini semacam kebebasan pengguna untuk melakukan kustomisasi....

      Hampir hampir hanya dugaan sih, tapi terlihat seperti itu..

      Hapus
  8. Luar biasa. Artikel yang sangat bagus, ditulis dengan riset dan pengamatan mendalam. Dulu saya juga mendalami redesign, termasuk hal detail seperti font dan svg. Tetapi sekarang mending beli jadi. Saya akan selalu membaca semua ulasan di blog hebat ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE