Postingan:

5 PERUSAHAAN IKONIK YANG DI BANGUN OLEH ORANG YANG SUKSES SETELAH BERUSIA 44 TAHUN KE ATAS

AvatarOleh:
Jangan remehkan pria berumur apabila melihat mereka masih belum kaya, mungkin mereka sedang bekerja keras dan belum meraih impian mereka.

Contohnya: Siapa pada saat ini yang tidak pernah mendengar bidang bidang usaha dengan nama nama beken berikut;?
  1. Marvel Comic
  2. McDonald
  3. Walmart
  4. Ford
  5. Adidas
Bukan hanya sangat terkenal dan ikonik, perusahaan di atas bisa menjadi suatu yang sangat insipiratif dan unik bagi kita yang sedang mencoba membuka usaha karena di balik kesuksesannya adalah sosok sosok pria pria dengan usia yang tidak muda lagi. 

Mereka yang baru mapan pada usia 44  hingga 55 tahun ke atas! 

Rata rata pendiri atau motor perusahaan diatas adalah orang orang yang hidupnya miskin pada masa mudanya. Jadi siapa bilang mitos bahwa ketika orang telah berusia 40 tahun ke atas lalu hidupnya sial dimasa mudanya sudah tidak bisa sukses lagi? 

1. Stan Lee penemu Marvel Comic

Dia adalah mantan veteran perang dunia ke 2 yang kreatif, suka membaca seperti saya (cielah!). Ia lahir di New York pada 28 Desember 1922 dan meninggal pada 12 November 2018 yang lalu. Kini ia dikenang sebagai pencipta karakter ikonik Marvel, termasuk Spider-Man, Iron Man, The Incredible Hulk, dan sebagainya. Komik komik yang merambah ke layar digital, game dll.

stan lee

Sebagai keturunan imigran dari Romania ia menjalani awal kehidupan yang cukup pahit bersama kedua orang tuanya dan menyaksikan bagaimana kedua orang tuanya kesulitan memenuhi kehidupan mereka sekeluarga. Tinggal di apartemen yang hanya memiliki satu kamar.

Sebenarnya di masa kecilnya Stan tidak tertarik membaca komik, dia lebih senang membaca buku dan menonton filem layar lebar dan bermimpi ingin menjadi penulis novel. 

Stan masuk SMA sambil bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya menulis berita kematian, siaran pers untuk National Tuberculosis Center, dan juga menjadi seorang office boy. Baru setelah tamat SMA di usia 16 tahun dia di pekerjakan sebagai asisten editor Timely Comics yang nantinya akan berganti nama menjadi marvel Comic setelah masa ke jayaan Stan Lee.

Awalnya dia hanya diberi tugas dan pekerjaan kasar seperti mengisi tinta dan tugas tugas membersihkan dan memerbaiki peralatan gambar.

Tahun 1941 adalah debut pertamanya mengisi teks komik Captain Amerika dengan nama Stan Lee, yang kemudian menjadi namanya. Semenjak itu Ia mulai menghasilkan kreasi kreasi komik yang fenomenal. Pada tahun yang sama Ia menciptakan komik 'Destroyer in Mistic'  Comic no.6.

Kita melompat ke tahun 1975 ketika karirnya melesat dan dia semakin populer dan tahun tahun berikutnya di tahun 1989, dia juga memerankan peranan CAMEO filem pertamanya The trial od Incredible Hulk.

Masa tuanya adalah masa masa keemasan dalam hidup yang berkecukupan, memiliki keluarga, ketenaran dan kekayaan.

2. Ray Kroc penemu Restoran Cepat Saji McDonald

Masa mudanya adalah penjual susu keliling, kalau di Indonesia sama saja dengan pedangan makanan keliling. Pengalaman itu membuatnya kuat dan tidak terhalang oleh perasaan minder dan mengantarkannya menjadi pengusaha yang sukses.

Ray kroc

Bersama dengan rekannya Maurice dan Richard Mcdonald ia mendirikan restoran  daging ayam cepat saji dan kentang goreng di California dan ia berhasil membujuk Maurice dan Ricard untuk mem-franchise kan restoran mereka.

"Merebut Mcdonald dari tangan Mcdonald"
Ada kisah dimana pada saat perusahaan telah berjalan selama bertahun tahun, Dick McDonalds yang tidak suka dengan perlakuan Ray Kroc sering marah kepada Ray Kroc hingga stress dan jatuh sakit. Pada momen ini Ray Kroc memanfaatkan untuk membujuk McDonalds Brothers untuk membiarkan Ray Kroc membeli saham McDonalds dalam skala besar dan menjadi pemilik mayoritas, sehingga McDonalds Brothers tidak perlu repot-repot mengurus McDonalds mengingat Dick McDonalds yang sudah jatuh sakit. 

McDonalds Brothers pun menyetujui tawaran tersebut dan Ray Kroc menjadi pemilik mayoritas McDonalds. Setelah itu Ray Kroc membuat banyak inovasi dan menjadikan restoran cepat saji McDonalds mendunia. Ray Kroc sendiri sebenarnya baru sukses di usia ke 52 tahun.

3. Sam Walton pendiri Walmart

Ia adalah pelopor kesuksesan keluarga Walton. Pendiri Walmart dan mulai menjadi Miliader pada usia 44 tahun. Terlahir dari keluarga miskin telah memaksanya untuk menjadi seorang pekerja keras.

Sam Walton

Dan ini juga yang membuktikan bahwa nasib baik di hidup ini memang harus dicapai melalui kerja gila-gilaan. Mereka-mereka ini, yang tak cukup beruntung karena lahir dalam kondisi keluarga yang miskin, harus terus berusaha keras dan berdiri di atas kaki sendiri agar kualitas hidup kita berubah menjadi lebih baik.

Pada masa mudanya Ia sempat menjadi loper koran dan majalah, bekerja sebagai pelayan di restoran, menjadi pengantar pesanan susu ternak keluarganya. Hingga akhirnya Ia memberanikan diri mendirikan toko pecah belah dan ritel miliknya sendiri lalu mengembangkan bisnis yang di namainya Walmart. Di akhir hidupnya Ia bahkan menyalurkan kekayaannya untuk keluarga yang ditinggalkannya dan kekayaannya telah menumpuk hingga 6,1 Trilyun dari Walmart.

4. Henry Ford, pendiri perusahaan Ford Motor Company

Ford adalah sebuah perusahaan legendaris, dan sangat ikonik di Eropa dan Amerika pada masanya bahkan hingga kini. 

Henry Ford

Henry Ford lahir pada tanggal 30 Juli 1863, di sebuah pertanian di wilayah Greenfield Township, Michigan. Ayahnya, William Ford (1826–1905) berasal dari County Cork, Irlandia. Ibunya, Mary Ford (1839–1876) lahir di Michigan dan merupakan anak bungsu dari sebuah keluarga imigran asal Belgia. 

Terlahir dari keluarga miskin Ia pernah bekerja sebagai salah satu karyawan di perusahaan Thomas Alpha Edison dan selama masa pekerjaannya itulah, ia sering melaKukan berbagai percobaan di bengkel rumahnya sendiri dan berhasil menciptakan kendaraan roda bermotor.

Ia mendirikan perusahaan Ford namun perusahaan itu nyaris bangkrut karena kualitas produksi yang rendah, dengan kerja keras akhirnya ia berhasil bangkit dan menjadikan Ford Motor Company sebagai sebuah perusahaan yang melegenda. Ia baru mulai sukses pada usia 45 tahun!

5. Adolf Dassler penemu sepatu Adidas

Benar di usia ke 49 alias hampir di usia 50 tahun pria yang satu ini baru merasakan manisnya kesuksesan hidup. Dan itu bukan kesuksesan biasa akan tetapi sukses yang mendunia! Ya ketika para lelaki seusianya mulai memikirkan persiapan pensiun, Ia mulai merintis sebuah usaha yang ternyata melegenda: Adidas!

Adolf membangun Adidas di masa masa kehidupan Jerman porak-poranda seusai kalah di Perang Dunia I. Bersama kakaknya, Adolf membantu ayahnya bekerja di pabrik sepatu. Kebiasaan mereka berkecimpung di pabrik sepatu membuat keduanya, termasuk Adolf sangat mahir membuat sepatu.

Adolf Dassler

Dassler bersaudara memutuskan berhenti bekerja dan keluar dari pabrik. Mereka mendirikan perusahaan sepatu bernama Gebruder Dassler Schuhfabrik atau Pabrik Sepatu Dassler Bersaudara. Mereka mendirikan pabrik itu di tempat pencucian milik ibunya di Herzogenaurach. Di situ, Adolf bertindak sebagai kepala produksi. 

Adolf sempat mengangkat pamor GDS setelah menjadi sponsor atlet asal Amerika Jesse Owens di Olimpiade 1936. Nama GDS makin dikenal setelah Owens meraih empat medali emas.

Ketika Adolf Hitler bersama Nazi dan menguasai Jerman, Dassler bersaudara diwajibkan mengikuti wajib militer. Adolf saat itu ditugaskan berperang di front barat melawan Amerika Serikat dan sekutunya. 

Dari sinilah muncul pertikaian Dassler bersaudara yang berujung munculnya Adidas dan Puma. Pasalnya, komunikasi mereka sempat merenggang karena situasi tersebut. Mau tahu kelanjutannya?

Rudolf memutuskan meninggalkan GDS, yang lantas mendirikan Puma. Sementara Adolf kemudian mengubah nama pabrik sepatunya dari GDS menjadi Adidas. Dari perusahaan itu, Adolf makin mempopulerkan Adidas ke penjuru dunia hingga dirinya meninggal di Herzogenaurach pada 6 September 1978.

Kerajaan Adidas kini telah diwarisi kepada putranya, Horst Dassler, yang semakin melebarkan sayap setelah mengakuisisi Reebok untuk bersaing dengan Nike. 

Di era modern, Adidas dan Nike bersaing ketat. Di sepak bola, Adidas menjadikan Lionel Messi duta besarnya, sementara Nike memilih Cristiano Ronaldo.

Wow!

Kesimpulan:

Untuk menjadi sukses usia bukanlah penghalang, kita harus selalu berjuang dengan tekad dan keyakinan bahwa usaha dan kerja keras tidak akan pernah menghianati hasil. Namun kebanyakan orang meremehkan orang orang yang telah berusia senja dan memandang mereka sebagai manusia yang tidak berdaya. Apalagi selama ini mereka masih tampak miskin.

Bercermin kisah diatas kita dapat menjadikannya sebagai cermin kehidupan bahwa kita haru tetap bersemangat, bekerja keras dan memiliki tujuan hidup....

Sayangnya hingga saat ini walau telah bekerja keras bertahun tahun saya tetap saja tidak kaya kaya...Mungkin nanti di suatu hari...


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
5 PERUSAHAAN IKONIK YANG DI BANGUN OLEH ORANG YANG SUKSES SETELAH BERUSIA 44 TAHUN KE ATAS

Tidak ada komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE