Langsung ke konten utama

SEBERAPA PENTINGKAH KECEPATAN HALAMAN WEB MENURUT DATA WEB INTI WEBMASTER TOOL?

Di zaman blogging modern siapa yang masih menyepelekan kecepatan loading suatu halaman web? Jika benar anggapan itu, tentu Google tidak akan memasukannya di Search Google Console. Hal ini juga di bahas di laman support.google.com/webmaster dengan sangat jelas. Buruknya kecepatan akan diikuti oleh buruknya pengalaman pengguna halaman situs kita. Dan laporan itu dibuat berdasarkan pengalaman nyata dari para pengguna yang mengeluh tidak ingin lagi mengunjungi halaman blog yang lelet alias lambat.

Matrixnya terlihat pada gambar berikut:

matrix data kecepatan inti situs web

Hati hati, prilaku pengguna di zaman now sudah berubah seiring berkembangnya environment dan meningkatnya teknologi web, jangan sampai ketinggalan update.

Baca juga: 

CARA MEMPEBAIKI DATA WEB INTI HALAMAN BLOG

Kalau pertanyaannya seberapa penting hal itu, Kita akhirnya mendapatkan jawaban yang tegas perihal hal ini. Semakin masif penghuni web, semakin berkembang teknologi web, dan semakin di tinggalkannya praktik blogging klasik, maka kecepatan halaman adalah faktor SEO yang sangat penting. Dan menjadi semakin penting dari waktu ke waktu.

Karena lambatnya waktu muat halaman yang lama berdampak buruk pada rasio pantulan. Begini laporan bunyi tersebut:
  • Jika waktu muat halaman bertambah dari 1 detik menjadi 3 detik, rasio pantulan akan meningkat sebesar 32%
  • Jika waktu muat halaman bertambah dari 1 detik menjadi 6 detik, rasio pantulan akan meningkat sebesar 106% 
Tabel kecepatan:

 BaikPerlu peningkatanBuruk
LCP<2,5 dtk<=4 dtk>4 dtk
FID<100 mdtk<=300 mdtk>300 mdtk
CLS<0,1<=0,25>0,25
 
Jika kalian terbiasa mengirim link melalui Google Webmaster, perhatikan saja betapa Google menempatkan data web inti sebagai hal yang semakin penting salah satu yang patut kita perhitungkan ia juga menyarankan agar kita mengukur kecepatan halaman blog melalui Tool PageSpeed dimana kita akan mendapatkan saran saran untuk menyederhanakan halaman agar menjadi lebih ringan. Mulailah mempertimbangkan hal hal berikut:
  • Gunakan template sederhana terbaru seperti contempo, emporio, soho dan notable, template template ini jika dipergunakan dengan benar memiliki kecepatan hingga 100.
  • Hindari penggunaan gambar ukuran besar, atau gunakan format gambar modern WEBP, JPG dst.
  • Hindarkan terlalu banyak penggunaan Javascript dan eksternal link yang dapat memblokir kecepatan.
Cobalah mulai sekarang pelajari saran saran pada tool pengukur kecepatan halaman situs situs web tersebut.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Komentar

  1. wah blogku tidak pernah aku cek kecepatannya mas boz
    saya hanya menulis saja sambil belajar dan belajar

    BalasHapus
  2. Aku pakai Notable tapi blm cukup cepat, ini aku masih memangkas biar lebih cepat lagi, hihi

    AMP keren laju gan, tapi tetap saja situs besar menang gan, situs berita berat2 halamannya, situs google sendiri juga berat 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Google menyarankannya untuk site personal, halaman yang sedang mencari trafik sedangkan kelas bisnis beda, trafik yang justeru menuju halaman karena kepentingan 'uang' paradox sikaya dan simiskin.

      Jadi sedangkan mereka saja masih berusaha mengoptimalkan kecepatan dengan menggunakan elemen AMP, apalagi site kecil. Site kecil juga mau lambat? Gak ada posisi tawarnya selain mengoptimalkan halaman.

      Hapus
    2. Oh yaya paham2, thnks..

      Hapus
  3. Eh gan saya mau nanya, kenapa di template2 skin css rata2 ada dua body{

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pertama untuk halaman blog aktual
      Yang kedua untuk pengaturan style pada panel layout , itu sebabnya kita dapat melihat hasil kustom sebelum hasil pekerjaan di simpan. Itu apabila kita ingin melihat editan kita sebelum di 'save'.
      Intinya Bisa saja memiliki lebih banyak sebagai identifikasi CSS berguna untuk kustom pengaturan styling CSS

      Hapus
  4. bisa jadi rujukan nih, mudah-mudahan saya bisa menerapkannya kepada blog saya agar bisa lebih cepat lagi

    BalasHapus
  5. masalah ini juga lagi saya pikirin, tepatnya jquery script di blog ku kalo di defer banyak item yang ga muncul, kalo ga di defer skor speed anjlok haha serba salah

    BalasHapus
  6. Wah saya bacanya jadi tersindir
    soal gambar saya menggunakan apa adanya'
    Hasil jepretan langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...bisa kok gambar tetap berkualitas dengan format ringan..

      Hapus
  7. Sayangnya sampai hari ini kok google webmastettools masih belum bisa mengindeks url ya, mas ?.
    Ada laporan di bagian atas yang memberitahukan sedang diperbaharui.

    BalasHapus
  8. Url tetap terindex spt biasa, yang tidak bisa itu submit

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa