APA BENAR BLOGGING SUDAH TIDAK MENGUNTUNGKAN LAGI?

Gak ada data akurat, modal tulisan ini hanya hasil nguping di grup grup facebook. Bisa jadi hanyalah keluhan pemula yang sedang frustasi, ya kan. 

Infonya juga bisa dibilang beragam. Dari sana kita dapat melihat betapa banyaknya orang melakoni bogging. Eh sebagai pemerhati desain tema, template template yang mereka pergunakan keren keren lho. Memang blogging mereka juga menggunakan platform yang berbeda beda:
blogging sampai ke titik nadir
Blogging
  • Igniestier
  • Wix
  • Drupal 
  • Blogger 
  • WordPress 
  • Dll 
Namun yang paling banyak penggunanya ya wordpress dan blogger. Dan setelah memeriksa blog blog ternama seperti blognya mas Timon, Cukup heran traffiknya juga menurun saat di uji melalui tool tool pengujian online, kebanyakan traffik blogger memang hancur hancuran. Banyak hal yang mempengaruhinya. Terutama juga tampaknya dikarenakan algoritma Google itu sendiri. Dan Mas Timon sendiri mulai rajin main di Youtube.

SCAM, SIAPA YANG MENJIPLAK SIAPA YANG PLAGIAT?
Kemudian jika mengunjungi forum forum online konvensional hal yang sama juga menjadi trend: penurunan. Banyak orang mulai menulis panjang lebar di halaman medsos, mereka membuat tutorial, menulis puisi dan menuliskan satir kehidupan. Di media media sosial terdapat banyak pilihan bagi cotent creator, baik dalam bentuk konten tulisan, video hingga aplikasi game. 

Dan yang paling penting media media besar main stream yang bermodal kuat lagi kaya menelan hampir semua nichenya orang orang blogging. Jika anda jujur mengakuinya sebaiknya pastikan lagi mengunjungi koran koran online seperti Tribun, kompas, Tirto.id. Mereka memiliki ruang dan rubrik rubrik apa saja, termasuk tutorial blogging seperti milik editblogtema yang telah kami tulis 98% berdasarkan pengalaman pribadi. Beberapa artikel teknologi para blogger bahkan mirip isinya dengan artikel teknologi milik kompas. 

Entah bloggernya yang jiplak, entah kompas yang plagiat. Walahu alam.

Tentu saja blogging masih memiliki ruang hidup, tapi khusus dan hanya segelintir yang dapat bertahan hidup dalam menghasilkan uang. Karena penurunan tajam itu terjadi terhadap hal hal esensial dunia blogging itu sendiri, antara lain:
  • Penghasilan adsense para blogger umumnya telah menurun
  • Perkembangan teknologi menawarkan hal yang lebih kaya dan beragam sebagai alternatif baru yang menawarkan pengalaman baru dan lebih seru daripada blogging.
  • Dunia internet semakin riuh rendah oleh teriakan mesin online, yang menenggalamkan suara para blogger. Sekarang Google bukan pemain paling bersinar, masih ada facebook, twitter, orang juga dapat membuat halaman web melalui Jimdo dengan komunitas besar, atau menulis di Medium dengan tampilan antarmuka yang berbeda.
  • Dan masih banyak lagi.
BLOGGER KE TITIK NADIR
Khusus blogger atau Blogspot, adalah platform untuk aplikasi blogging milik Google, bisa saja suatu hari tutup dan tidak berjalan lagi. Adalah bukan suatu yang mustahil jika melihat peristiwa peristiwa di masa lalu dimana Google menutup aplikasi media sosial mereka yang bernama Google Plus dan pada waktu itu kesannya begitu tiba tiba. Mungkin orang sudah mulai melupakannya, akan tetapi sebagai sebuah aplikasi online blogspot bisa saja mengalami hal dimana ia akan terjun sampai ke titik nadir dan pada akhirnya di tutup karena secara hukum bisnis sudah tidak menguntungkan lagi. 

Kita tidak sedang pesimis, namun terkadang sulit menerima kenyataan jika kita tidak siap.
Jika Blogging memang sudah menjadi 'Old Job' kita mau bilang apa lagi.

TETAP BLOGGING
Semangat kita terkadang membantu kita untuk melanjutkan hobi blogging, dan menyalurkan hobi menulis. Kesuksesan kita juga akan membantu kita mengangkat dunia blogging kembali ke pentas permainan, namun jika kita terperangkap menjadi scammer, tentu saja hal tersebutlah yang akan memperburuk dunia blogging. Terutama Blogger yang memiliki saingan terdekat dengan Wordpress.

Ini hanya opini, sebuah pengamatan yang tidak berkelanjutan.


Komentar