CARA MENGHAPUS URL KONTEN BLOGSPOT VIA GOOGLE SEARCH CONSOLE

Tujuan menghapus adalah karena link sudah tidak di kehandaki beredar di internet, atau link sudah rusak dan menampilkan pesan error 404. Setelah Google menghapusnya link tidak ada lagi di intenet. Jika ada pengunjung yang mencarinya karena masih mengingat detail judulnya, maka paling akan muncul artikel artikel serupa tapi tidak sama atau akan muncul pesan di layar pengguna setelah mengetikan kata kunci dengan judul link yang telah di hapus tadi: 'maaf artikel/konten yang Anda cari tidak terdapat di pencarian'

Google Search Console

Banyak alasan mengapa orang orang terkadang tidak lagi menginginkan artikel atau kontennya sendiri berada di internet. Namun kadang walau sudah di hapus linknya tetap tampil, dan ketika pengunjung mengklik isinya kosong dan membuat kecewa. Daripada demikian lebih baik di hapus saja. Menghapus postingan di Blogger tidak sama dengan menghapus postingan di Facebook yang memiliki tombol penghapusan. Blogger memang memilikinya, namun ia hanya terhapus dari halaman blog tidak di platform Google: Masih ada historinya, masih ada tersimpan cachenya dan masih tersimpan jejak link atau URLnya. Jadi bagi yang ingin menghapusnya tuntas diperlukan prosedur khsusus.

Contoh artikel paling bawah editblogtema yang berjudul 'Team' jika diklik sudah tidak ada namun Judul masih bertengger di pencarian, harusnya itu sudah tiada disana:
editblogtema search result
Bagaimana cara menghapusnya?
  1. Masuk ke Google Search console gunakan ID Google kalian
  2. Klik start now
  3. Pilih 'Penghapusan'
Google search console - penghapusan
Setelah 'Penghapusan' di klik muncul halaman Permintaan Penghapusan, klik permintaan Baru untuk memunculkan jendela Permintaan Baru tersebut, terdapat dua opsi: Hapus URL untuk sementara dan Hapus URL untuk Cache. Silahkan pilih salah satu. Jika nanti berubah pikiran bisa kembali lagi ke Google Search Console dan kembali ke Penghapusan.

google search console
Masukan URL artikel atau konten yang mau di hapus lalu pilih tombol 'Berikutnya' yang jadi aktif. Akan muncul jendela baru berisi notifikasi untuk konfirmasi atau memastikan apakah Kalian tetap mau menghapus URL yang telah kalian masukan atau ingin membatalkannya.
Google serach Control
Jika telah yakin haqul yakin silahkan pilih tombol 'Kirim Permintaan' dan sesuai dengan isi notifikasi yang menyertainya maka URL tersebut akan si blokir alias tidak ditampilkan di internet lagi. Namun masih terdapat opsi pembatalan jika sewaktu waktu kalian menginginkannya kembali.

Demikian cara menghapus konten, artikel atau URL gambar yang telah terlanjur kita rilis ke internet. Banyak lho para websider yang melakukan hal ini karena tulisannya yang kontroversial dan akhirnya harus mereka hapus...


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. aku pernah nih seklai, CP yang minta dihapus klien,,
    dan fitur ini memang bermanfaat sewaktu2

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak