6 Alasan mengapa kita harus memulai menulis di internet

Mengapa orang penulis buku dan mencetaknya di atas kertas? Mungkin saja zaman itu akan berakhir pada saat tablet telah menjadi semakin tipis, atau ia menjadi buku virtual yang sudah sempurna.  Anda harus tahu pada akhirnya manusia akan mempertimbangkan hal ini: Mempertimbangkan untuk menghentikan pemakaian Ruang perpustakaan yang luas, mengurangi bahkan jika mungkin menghentikan pemakaian kertas yang mengorbankan kayu dan tanaman, karena menebang isi hutan dan menjadikan sisanya sebagai sampah.

Berapa luas lagikah ruangan bangunan yang dipakai manusia untuk menyimpan 200 ribu buah buku? Bagaimana jika dua juta? Berapa juta kayu harus ditebang untuk menghasilkan Kertas dan bangunan perpustakaan sekaligus?
 
5 alasan orang harus menulis di internet

Bandingkan dengan sebuah hardisk, SSD yang hanya seukuran kuku jari manusia dengan kapasitas 100 Terabite yang mampu menyimpan seluruh perpustakaan akademik di dunia dan kita hanya perlu membacanya melalui sebuah tablet. Padahal ruang penyimpanannya hanya sebesar jari manusia bukan?

1.KARENA KITA MEMANG TELAH MULAI MENULIS MELALUI INTERNET.

Zaman telah berubah, bro. Kebayang gak waktu dulu dulu zaman orang orang tua menulis menggunakan mesin ketik? Naskah ditulis dengan lembaran kertas folio, lembar demi lembar diperiksa ulang atau di edit, gak cukup satu kertas, gak cukup dengan hanya membuang beberapa kertas ke tong sampah, lalu naskah itu dimasukan ke dalam amplop gede, dikirim melalui pos pakai perangko kepada majalah, penerbit atau apalah namanya, lalu si penulis menunggu berita jika tulisannya dimuat atau tidak dan kalau dimuat tentunya akan mendapatkan honor.

Dan hari ini tidak ada lagi kereta api express melaju kencang diatas rel sembari menghembuskan asap hitam diatas cerobongnya. Membawa naskah naskah itu bersama barang barang lain ke tempat tempat penerbitnya yang kemudian menumpuk di meja redaksi untuk diperiksa, di baca satu persatu dan hanya yang lulus proses ini yang akan di terbitkan ke dalam majalah majalah pada keesokan harinya.

Lalu kalau menulis artikel, cerpen dan cerbung melalui media massa itu yang nentuin besaran bayarannya ya penerbit dong. Penulis yang sudah payah menulis "kretek kretik" malam hari menggunakan mesin ketik terkadang hidupnya nampak begitu sudah, lusuh dan kurus, mana merokoknya kuat sekali.

Tentu saja ada yang sukses kayak penulis wiro sableng, Motinggo Busye, dan Asmarawan S Kho Ping Ho, tapi dapat dihitung dengan jari sebelah tangan, sekarang mari lupakan itu dan berterima kasihlah pada "zaman now". Kesempatan masih terbuka lebar. Dan manfaatkanlah itu.

Karena hari segini kalau punya keinginan menulis cukup hanya dengan memiliki gagdet, ponsel, laptop murah atau tablet kalian sudah bisa menulis dan menjadi penulis sukses. Kalau zaman bapak kita dulu harus punya mesin ketik dan harganya mahal, bawanya berat, gak bisa dimasukan kedalam tas kecil apalagi kedalam saku. Dan yang lebih penting berterimakasihlah kepada jaringan internet yang semakin hari semakin bertambah kecepatannya berkat penemuan teknologi.

Berkat internet kita tidak perlu lagi mengirim pakai amplop dan perangko, menulis dengan gagdet setelah selesai cukup teken tombol "publish" maka tulisan kita akan diterbitkan!

Tentu saja kita masih butuh ketrampilan menulis dan trik agar tulisan kita dibaca. Tetapi mari bandingkan,...zaman dulu pasang kertas folio dan mengetik "ktetek kretik" dan hari segini tinggal menulis dilayar hape atau tablet dan tekan publish lalu jutaan orang mungkin akan membaca tulisan tulisan kita. Lalu bagaimana dengan honor? Bukankah zaman dulu menulis dapat honor? Bagaimana dengan honor zaman now?

Zaman dulu menulis minggu ini gemparnya minggu depan. Hari ini langsung menulis di wall Twitter dan Facebook beberapa menit kemudian viral! Jadi sebenarnya hampir setiap hari kita telah menulis di internet melalui media sosial yang telah kita ikuti, melalui chatting WA dan Hang Out yang kita lakukan hampir setiap hari.

2. KARENA  PEKERJAAN DI INTERNET JUGA AKAN MENDAPATKAN BAYARANNYA.

Asalkan kita berusaha setiap pekerjaan yang kita tekuni akan mendapatkan bayaran, kecuali jika kita tidak memperjuangkannya. Dengan menulis di media online kita akan dibayar sesuai kontrak. Tetapi bagaimana kalau kita menyediakan sendiri media kita? Kita bisa membuat website atau blog dan menulis disana untuk menyalurkan hobi dan bukan hanya sekedar menyalurkan hobi tetapi kita juga dapat menjadikan blog kita menghasilkan uang, anggaplah itu sebagai gantinya honor menulis jika kita membandingkannya dengan penulis zaman dulu.

Caranya? Hampir semua orang tahu, jika tulisan kita memang berbobot dan berkualitas maka blog kita akan mendapat ramai pengunjung. Semakin ramai pengunjung blog kita semakin besar peluang kita untuk memonetesi blog kita, dan pada saat blog telah berhasil di monotesi dengan mendaftarkannya ke google adsense misalnya maka pemasukan akan dimulai dari sana. Dengan menulis dan memiliki kegiatan di blog maka kita akan diterima menjadi publisher iklan, iklan yang ditayangkan di halaman blog akan dibayar oleh Google.

3. KARENA MENULIS DI INTERNET ITU MUDAH

Karena menulis itu dapat dilakukan oleh siapapun asalkan dia tidak buta huruf. Dengan melatihnya terus menerus maka ketrampilan menulis akan semakin meningkat, pengetahuan kita juga akan bertambah dari waktu ke waktu. Pola berfikir kita juga akan menjadi semakin berkembang dan maju, tidak salah dengan menulis kita juga sedang menjalani proses belajar dan meningkatkan pengatahuan tanpa kita sadari.

Contoh seorang yang duduk dibangku akademi bahasa asing belum tentu pintar berbahasa asing jika dia tidak mempraktikannya, lama kelamaannya dia akan lupa. Coba bandingkan dengan seorang pekerja kasar yang bekerja di perusahaan asing, bukankah dari kehari bahasa inggrisnya semakin lancar dan malah secara tidak dia sadari mampu berbahasa Inggris dengan benar dan terstruktur. Dan jika diberi sedikit lagi kesempatan dia malah akan mampu menulis dengan baik dalam bahasa Inggris!

Dan di interntet telah tersedia hampir semua informasi yang kita butuhkan, kita dapat belajar koding, bahasa, dan berbagai jenis pengatahuan yang kita butuhkan untuk menunjang topik penulisan. Cara belajar di internet juga sangat beragam, kita dapat membaca, menonton video yang menampilkan contoh visual dengan jelas, apalagi jika sekedar ingin mencari referensi. Jangan meremehkan cara ini, sepuluh tahun lalu orang boleh beranggapan dan meremehkan kemampuan internet dalam menyampaikan dan menampilkan informasi. Namun hari ini internet telah berkembang sangat pesat. Dan kebanyakan fasilitas di internet itu gratis, kecuali ya kita harus beli qouta internet itu sendiri.

Seorang hacker handal yang akhirnya di rekrut oleh pemerintah Amerika dengan gaji yang membuat kita melongo ternyata ia hanya belajar dari internet. Dia hanya anak jalanan yang putus sekolah tetapi tergila gila dengan pengatahuan di internet, dia belajar dari hari kehari hingga menjadi seorang ahli pemrograman dan sayangnya pada awalnya pengetahuannya itu dia pergunakan untuk meretas dan merugikan orang lain. 

Syukur kisah anak lelaki tersebut berakhir dengan "happy ending"
Kini dia menjadi salah seorang penulis software yang paling handal di dunia dan telah di undang ke berbagai universitas besar untuk memberikan mata kuliah programming.
Seorang programmer zaman now bahkan berkata: "Jika tidak ada internet aku tidak akan berdiri disini memiliki hampir sejuta follower dan mendapatkan penghasilan, aku bahkan hampir tidak ingat kapan aku pernah sekolah karena ijasah SDpun aku tidak punya"

4. KARENA INTERNET PADA AKHIRNYA AKAN SEMAKIN TERINTEGRASI KEPADA KEHIDUPAN NYATA MANUSIA.

Dari bisnis online kita bisa mendapatkan hidup layak, bahkan semua itu dapat dimulai dengan blogging. Banyak kisah sukses pedagang online di mulai dari sebuah blog, dan banyak blog yang dibuat kemudian di pakai jasanya oleh pedagang online dan pengusaha kaya untuk berafiliasi dengan produk yang mereka tawarkan. Artinya blog blog ini telah sukses menghasilkan uang.

Dan yang paling penting adalah sebuah blog pada akhirnya tetap akan menjadi media tempat kita menulis dan menyalurkan hobi itu dengan bebas. Kita tetap dapat berekspresi, menyampaikan buah pikiran kita. Dengan ngeblog kita bahkan bisa memiliki nama besar dan menjadi terkenal, memiliki fans dan pengikut. Setelah itu mugnkin saha kita dapat mengandalkannya untuk membeayai hidup sehari hari.

5. KARENA DI INTERNET JUGA ADA TEMAN TEMAN DARI MEDSOS UNTUK BERBAGI

Jangan lupa, di interntet juga ada teman teman yang serupa dengan kita, mereka menulis, mereka bisa menjadi pesaing, teman, rival dan musuh kita. Akan tetapi kita harus memanfaatkan mereka atau dengan kata lain kita dan mereka bisa saling memanfaatkan: Berbagi ilmu. Kita juga dapat berbagi postingan, saling mensupport membentuk forum forum berbasis ilmu pengatahuan. Manfaat saling berbagi inilah yang sedikit banyaknya dapat membawa blog kita ketangga lebih tinggi.

Jadi jelas sebenarnya kita tidak kesepian. Paling tidak jangan hanya menscroll naik turun layar gagdet ponsel atau tablet saja, jangan hanya asik bermain game, mumpung masih muda belia, mulailah menulis! Kita tidak tahu bagaimana memberikan arti kepada kehidupan ini kelak, mungkin dengan menulis kita akan menemukan jalan hidup kita, apakah kita akan menjadi pedagang dan pebisnis online. ataukah akan menjadi penulis online yang tersohor. Menulis artikel bermutu, novel atau bahkan buku buku ilmiah secara online.

Dan Janga lupa menulis adalah pekerjaan untuk keabadian.

6. RUANG SIMPAN CLOUD TANPA BATAS

Ada masanya manusia butuh ruang waktu yang lain. Ada ruang baru untuk menyimpan seluruh properti virtual kita yang sangat berharga: Ruang cloud! Di atas postingan ini saya telah menyinggung tentang ruang simpan sebuah perpustakaan yang membutuhkan bangunan fisik dan mengorbankan materi, namun jika tidak di tanggulangi karena populasi manusia juga terus bertambah dan terus membutuhkan ruang fisik untuk bergerak, maka solusi paling bagus untuk menyimpan catatan dalam bentuk dokumen, buku dan hal hal lain bersifat tontonan visual adalah ruang simpan cloud!

Ya sudah masanya kita menghemat ruang dan bangunan, ada masanya kita tumbuh berkembang bukan hanya sebagai makhluk fisik tapi juga makhluk virtual. Itulah perkembangan zaman, kita akan segera menyimpan memori kita dalam cloud dan menajadi bagian dari makhluk yang abadi.

Caranya ya, kita harus menulis, menulis di internet. Karena menulis adalah cara paling alamiah dari alam semesta memprogram dirinya. kita semua akan menjadi sebuah tulisan ketika kita telah berlalu. Dan semuanya akan hidup dalam ruang simpan cloud di atas 'awan...


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Menulis di internet itu mudah kalau kita lakukan di ruang internet yang kita ciptakan sendiri, seperti blog atau sejenisnya. Namun, kalau sudah ikut platform-platform lain agak susah juga sih Kak karena kan harus mengikuti mereka.

    BalasHapus
  2. Aku dulunya sempet keukeuh ttp LBH suka membaca buku dlm bentuk fisik drpd e-book. Krn buatku wangi kertas itu ga ada yg bisa ngalahin. Tp gara2 ruangan yg aku bikin khusus utk library udh ga bisa nampung lagi, mau ga mau, membaca hrs lwt online . Awal2 ga biasa apalagi mataku minus. Tp lama2 toh akhirnya mata bisa LBH Nerima :D. Yg terpenting, aku ttp bisa membaca buku2 yg aku suka.

    Kalo nulis, sejak internet mulai dikenal, aku memang jd LBH suka nulis di bbrp platform drpd buku harian :D. Apalagi nth kenapa itu buku harian sering banget dibaca mama ku walo udah disimpen di tempat rahasia :D. Makanya jd males nulis diary LG. LBH aman di blog, yg bisa kita setting public atopun private :D

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak