CARA HACK SEDERHANA MENYALIN DAN COPY PASTE KONTEN DARI HALAMAN BLOGGER YANG TELAH DI PROTEKSI

AvatarOleh:
Di akui atau tidak konten konten Anda tidak pernah aman jika hanya di amankan dengan script, prosedur bawaan blogger yang lamban berbanding perkembangan isu dunia web yang cepat, tidak ada habisnya menjadi perdebatan dan jika terjadi perang disana ada perang abadi: developer vs cracker vs hacker.

Buktinya beberapa blogger tentu telah berusaha memasang script pada halaman HTML bloggernya demi untk mencegah konten kontennya 'di curi' dan Google tahu persis akan hal tersebut. berhasilkah itu? Tergantung siapa yang curi, tergantung perkembangan software peretas juga. Contohnya:
  1. Memasang link sumber otomatis sehingga jika satu saja kalimat di copy akan menyertakan link sumber dari halaman web tersebut. Sayangnya cara sederhana ini tidak ampuh karena hanya dengan setting browser tertentu kita dapat memformat habis script yang dengan susah payah di buat untuk proteksi tersebut.
  2. Mematikan fungsi copy-paste seperti klik kanan atau CTRL + P, CTRL + U atau fungsi fungsi terkait juga dapat di mentahkan dengan mudah melalui beberapa jenis browser besar. Juga dapat dengan mudah dimentahkan jika bendungannya hanya sekedar Javascript.
  3. AGC tetap saja bisa dilakukan dengan mementahkan prosedur yang terdapat pada fitur fitur pengaman dasbor sebuah web melalui inspeksi elemen halaman yang sebenarnya sangat mudah di lakukan, asalkan memahami sedikit saja trik dan modifikasi penulisan perintah pada script
  4. Notifikasi juga bisa dimatikan dengan cara berikut yang akan di jabarkan dibawah ini.
  5. dll
hack script to picked out your stuff

Kegiatan salin menyalin konten itu hal biasa di masa ini. Hanya saja orang tidak memiliki kesadaran untuk menuliskan sumbernya. Google sendiri menyadari bahwa hal seperti ini pasti tidak akan terelakan. Berbagai cara telah dilakukan oleh pemilik situs untuk mengurangi dampak dari pencurian konten konten dari situs mereka. 

Anda mungkin tidak percaya hanya dengan kamera baca - kalau saya mau saya akan menyalin konten konten yang yang di proteksi dengan sangat mudah sambil minum ice cream sambil membiarkan aplikasi kamera saya menyalinnya dalam waktu 1/8 detik, menterjamahkannya dalam waktu yang sama jika konten tersebut berbahasa asing. Itu sederhana sekali. Bagaimana caranya melindungi konten, bukankah ia harus dibaca oleh mata? Ibaratnya kita harus mengakui bahwa setiap konten kita memang terekspos dan telanjang di web.

Saya pernah melihat teman penulis saya menggunakannya dan membagikan trik itu seperti membagi permen cokelat ke teman temannya.

Tapi kita tidak bicara teknologi yang semakin hari semakin murah dan canggih itu. Kita membahas kemampuan browser mementahkan berbagai usaha proteksi para blogger dalam usaha mereka melindungi konten yang di proteksi.

Meskipun perbuatan ini jelas plagiat, namun kadang orang melakukannya bagai sebuah keharusan. Dan untuk itu, beberapa situs seperti blog memasang alat khusus dalam bentuk untaian kode perintah script yang dapat mencegah konten sebuah tulisan disalin.

Tapi, sayangnya semua itu ternyata hanyalah suatu usaha yang sangat terbatas dalam beberapa kesempatan, kemampuan menyalin sebuah isi konten jelas dibutuhkan dan terdapat banyak cara yang dapat digunakan oleh beberapa peramban untuk menyalin isi konten terproteksi atau terkunci.

Hanya saja adalah kewajiban kita semua untuk menghormati karya orang lain, dan semua perbuatan yang kita lakukan harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Berikut ini adalah cara menyalin konten dari situs terproteksi melalui 3 (tiga) peramban:

MELALUI BROWSER GOOGLE CHROME
  1. Buka Settings, Lalu pilih Privacy Settings
  2. Setelah itu pilih Content Settings
  3. Setelah terbuka, cari pilihan JavaScript dan pilih 'Do not allow any site to run JavaScript'.

MELALUI BROWSER MODZILLA FIREFOX
  1. Dalam seri Firefox terbaru yakni 31 ke atas, pengguna cukup mengetik 'about:config' di kolom Address Bar.
  2. Setelah itu lanjutkan dengan memilih 'I'll be carefull. I Promise'.
  3. Lalu, pada kolom pencarian cari 'Javascript.enabled'.
  4. Dan, pengguna tinggal meng-klik dua kali untuk menonaktifkan Javascript.Kode javascript proteksi panjang lebar yang di pasang di dalam template si blogger dan diletakan di atas </body> pun jadi tidak berdaya.
MELALUI INTERNET EXPLORER
  1. Klik Tools, lalu pilih Internet Option
  2. Pilih Security dan klik Custom level
  3. Setelah muncul tampilan Security Settings, cari dan pilih Scripting
  4. Klik disable pada Active Scripting, allow pada Paste Operations via Scripting dan Scripting of Java Applets. Setelah itu pilih Yes dan OK. Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate blog ini!
I FEEL INSECURE? YES I DO..

Saya tidak terkejut saat puluhan konten saya berhasil di 'gondol' maling, malingnya masih bocah bocah, akhirnya daripada memberatkan loading template semua proteksi berupa script saya lepas saya gantikan dengan cara lain yang menjadi rahasia saya. Sejak awal Saya tidak tertarik berurusan dengan hal hal seperti ini.

Suatu ketika saya mendengar beberapa orang berhasil menutup celah pada halaman mereka dari fitur fitur browser yang telah menyakiti situs mereka, hanya bertahan kurang dari setengah hari setelah itu fitur browser meningkat dan dan 'Patch" yang mereka maksud telah benar benar menjadi tidak berguna. Ini sebuah 'pertempuran' konyol dan tak ada habis habisnya.

Saya ulangi apa yang saya katakan cara di atas bisa saja telah di atasi disisi pemiliki konten blogger baik blogspot maupun wordpress, tapi mungkin celahnya telah terekspos lebih kuat karena sistem update browser jauh lebih cepat dan lebih efektif daripada update blogger, namun keuntungan blogger adalah langsung di bawah kendali Google keamananya. Sedangkan wordpress yang halamannya di tulis berbasis PHP tampak lebih vurnerable kalau soal urusan serangan ke amanan melalui celah 'backdoor' Walaupun wordpress lebih sering mengupdate plateform keamanan dan pemutakhirannya.

Jadi apa yang dapat melindungi properti (konten) kita? Aturan dan Hukum! Jika aturannya ada dan memang dilaksanakan oleh otoritas hukum dan dengan sanksi yang berat tentu para pencuri konten akan berfikir dua kali. Aturan hukum dan protokol Uni Eropa menerapkan hukum yang jelas terhadap pencurian properti intelektual mereka dan melindungi para websider mereka daripada pembajakan yang merugikan.

Sumber referensi: Life hack, W3School, liputan 6, youtube, CSS tricks, The Miracle Javascript, Andrie K (wordpress) baca:...alternatif...

3 Komentar untuk "CARA HACK SEDERHANA MENYALIN DAN COPY PASTE KONTEN DARI HALAMAN BLOGGER YANG TELAH DI PROTEKSI"

  1. Waaahhh, bahaya nih kalau dibaca blogger abal-abal, alias sukanya copas doang hahahaha.
    Kalau saya, sejak tahu banyak tulisan saya dicopas tanpa ampun oleh blog lain, dan ribet banget laporinnya, sejak saat itu saya sibuk menulis dan terus menulis, tentu saja dengan ciri khas, agar semua yang baca juga tahu kalau itu tulisan saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan mbak Rey memang inspiratif, tak heran banyak yang copas. Sayangnya tidak menyertakan link sumber ya mbak.😂

      Hapus
  2. Benar tuh... Cuma kalau ciri khas emang sulit di tiru, namun sayang teknologi mirror art dapat menduplikasi apa saja lalu memodifikasi apa saja dengan berton ton gaya yang sangat berbeda. Demikian teknologi bekerja sangat cepat dan sangat pintar

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel