EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

Tiga sistem operasi mobile yang dulu sangat berjaya namun kini telah pacundang

AvatarOleh:
Dunia masa kini hanya mengenal android dan iOS sebagai sistem operasi suatu ponsel. Pertanyaan yang paling umum para pemilik dan pencinta smartphone adalah:

"Hapemu Android apa iOS?"

Yang satu menjawab dengan kalem: 'Android"

Yang lain pula menjawab dengan nada seru: "iPhone dong"

iPhone berarti iOS.

old mobile system of smartphones

Kita telah tahu kedua sistem mobile ini pada masa sekarang sedang bersaing ketat walau memiliki platform dan pangsa pasar yang berbeda. Android untuk segala kalangan, sedangkan iOS hanya menyasar kalangan menengah ke atas alias kalangan orang berduit.

Kedua sistem juga telah berkembang dan meningkat versinya dari waktu ke waktu, persaingan membuat kedua sistem sangat cepat berimprovisasi dan berinovasi di bidang teknologi terkait dengan penggunaan fitur fitur di dalam mesin masing masing ponsel. Hape android di buat oleh banyak pabrik yang berbeda beda, mereka semua menanamkan sistem tersebut ke dalam smartphone buatan mereka. Sedangkan sistem operasi mobil yang bernama Android itu adalah milik Google sebagai pemegang semua lisensinya.

Beda sama iOS, selain di tulis berdasarkan sumber kode yang samasekali tidak sama dengan Android, iOS di buat oleh Apple, lalu iPhone berikut mesin mesinnya hanya di buat oleh Apple berdasarkan blueprint Apple, iOS di tanamkan ke dalam iPhone dan berjalan dengan sangat baik karena keduanya di buat oleh tangan yang sama: Apple.

Tetapi tahukah kalian, jauh sebelum Android dan iOS menguasai pangsa pasar sistem operasi mobile, dan sebelum mereka berdua menguasai dunia seperti sekarang ini, ada tiga sistem operasi yang pada masanya juga menjadi raja sistem operasi mobile.

1. Syimbian

Syimbian lebih terkenal pada saat di pergunakan oleh Nokia sebagai sistem operasi mobile mereka, namun bukan hanya Nokia, nama nama seperti Sony Ericson, Motorola, Sanyo, Siemen adalah nama nama besar yang sangat laris dipasaran. Rasanya jika kita dapat memutar waktu maka kita akan merasakan betapa Syimbian ini ibarat Android di masa lalu.

Sebagai sebuah perusahaan pembuat smartphone Nokia kemudian menjadi sangat terkenal, sahamnya melejit dan di akui sebagai vendor smartphone paling berkuasa di dunia pada masanya. paling tidak ada 6 ponsel pintar besutan Nokia yang paling legendaris:
  1. Nokia communicator di rilis tahun 2000 (20 tahun yang lalu)
  2. Nokia 6600 dirilis pada tahun 2003 (17 tahun yang lalu)
  3. Nokia Razr dirilis pada tahun 2003 (17 tahun yang lalu)
  4. Nokia 1100 dirilis pada tahun 2003 (17 tahun yang lalu)
  5. Nokia N-Gage hape Nokia untuk game dirilis tahun 2003
  6. Nokia 3310 di rilis tahun 2000 (20 tahun yang lalu)
Saya tidak menambahkan ponsel ponsel lain karena Syimbian pada masa itu identik sekali dengan Nokia seperti Samsung pada masa sekarang yang begitu lekat dengan sistem Android. 

Sama seperti Android dan iOS, Syimbian juga berkembang dan meningkat dari masa ke masa zaman ke emasannya. Yang terakhir adalah Syimbian Belle yang memiliki antar muka yang hampir sama dengan sistem Android sekarang.

Namun sayang, syimbian tidak bisa lagi berkembang menjawab kebutuhan zaman yang semakin kompleks, Android dan iOS telah datang menjawabnya, mereka berdua adalah generasi baru sistem operasi mobile yang tidak terbantahkan keberadaannya dan setelah tahun 2012, perlahan lahan Syimbian mati suri lalu kehabisan nafas dan ditinggalkan oleh para penggunanya.

2. RIM - BlackberryOS

Adalah sebuah sistem operasi mobile yang kalau untuk masa sekarang dapat dibandingkan dengan sistem Apple, dimana perusahaan blackberry membuat sistem dan perangkatnya sekaligus. tidak ada vendor atau pabrikan lain yang menggunakan sistem ini. BlackberryOS hanya untuk smartphone Blackberry sama halnya dengan iOS hanya untuk iPhone.

Jadi itu terlihat sangat ekslusif, para penggunanya menganggapnya sangat premium. Beberapa ponsel Blackberry yang paling laris adalah:
  1. BlackBerry Curve 8250 rilis tahun 2009
  2. BlackBerry Bold 9790 rilis tahun 2011
  3. BlackBerry Bold 9000 rilis tahun 2008
  4. BlackBerry Storm 9530 rilis tahun 2008
  5. BlackBerry Passport rilis tahun 2014 (produk terakhir)
Sama nasibnya dengan Syimbian BlackberryOS tidak mampu menahan lajunya gempuran Android dan iOS, disamping itu sistem managemen mereka juga mulai tampak tidak efektif dan buruk. Akhirnya pada tahun 2019 BlackberryOS telah 'Menghembuskan nafasnya yang terakhir' setelah sakit sakitan yang parah. Ponsel Blackberrypun kemudian menyusul berpulang ke rahmatulah.

3. Windows  Mobile

Meskipun Syimbian sebagai perangkat lunaknya telah berpulang kerahmatulah, Sebaliknya Nokia sebagai perangkat kerasnya tetap hidup walau dalam penderitaan dan tidak lagi sejaya masa lalu. Sepeninggal Syimbian Nokia sempat merana seolah hidup segan mati tidak mau.

Lalu pada tahun 2013 microsoft datang dengan sistem mobile baru dengan tujuan bisa menjadi alternatif dan syukur syukur mampu mengalahkan Android dan iOS. Nokia yang tadinya sudah kehilangan separoh nafasnya seolah mendapatkan semangat baru bersama pasangan baru yang lebih muda dan menjanjikan kebahagiaan. 

Microsoft kemudian memproduksi hape pertamanya yang lebih terkenal dengan sebutan microsoft Lumia, sistem operasinya ya itu tadi si Windows Mobile. lalu waktupun berjalan untuk membuktikan perjuangan Windows phone bersama Microsoft dan Nokia.

Windows phone sebenarnya bukan hape jelek, itu adalah smartphone yang berjasa membuat aplikasi office yang powerfull seperti MS. Office ke dalam sistem mobile. Jajaran hape windows adalah sebagai berikut:
  1. lumia 505
  2. lumia 510
  3. lumia 520
  4. lumia 521
  5. lumia 525
  6. lumia 530
  7. lumia 535
  8. lumia 610
  9. lumia 620
  10. lumia 625
  11. lumia 630/635
  12. lumia 636/638
  13. lumia 710
  14. lumia 720
  15. lumia 730/735
  16. lumia 800
  17. lumia 810
  18. lumia 820
  19. lumia 822
  20. lumia 830
  21. lumia 900
  22. lumia 920
  23. lumia 925
  24. lumia 928
  25. lumia 929
  26. lumia 930
  27. lumia 1020
  28. lumia 1320
  29. lumia 1520
  30. lumia 719C
Wah ternyata banyak sekali bukan? Namun sayangnya itu tadi Lumia kalah pamor dengan kedua sistem operasi mobile yang bernama Android dan iOS. Windows phone tampaknya hanya sebagai alternatif. Sama halnya dengan sistem operasi besutan samsung yang bernama Tizen yang kini sudah jarang terdengar beritanya lagi.

Tentu saja untuk menjadi sebuah sistem operasi yang diterima oleh masyarakat dunia dan berjalan dengan baik pada suatu ponsel maka ia juga harus memiliki sistem environment yang kompatibel seperti App Store milik Apple dan Playstore milik Android Google. Windows phone memang telah memilikinya namun jumlah aplikasinya kalah telak dengan storenya Android dan iOS yang memiliki berton ton aplikasi, game, buku, lagu hingga filem. Para developer sudah terlalu nyaman bekerja membuat aplikasi yang sesuai dengan kedua platform tersebut

Dan sampai saat ini Windows OS masih hidup di bawah bayang bayang Android dan iOS dan Hidup dibawah bayang bayang kedua raksasa sisetm operasi tersebut tidaklah mudah. Mereka telah terlanjur mendominasi dunia dari segi banyaknya jumlah pengguna, perangkat dan lingkungan aplikasi yang telah terbentuk sedemikian rupa.

Namun, jangan lupa Syimbian juga pernah menjadi Superpower sistem operasi mobile dan nyaris menjadi satu satunya penguasa pada zamannya, lalu pada saat ia tumbang semua orang terkejut dan tidak menyangkanya.

Sebenarnya ada banyak sistem operasi mobile di dunia ini baik yang masih ada maupun yang telah tiada, Namun hanya 5 sistem operasi yang saya singgung di atas tadilah yang paling banyak berbenturan satu sama lain, saling menyerang dan melukai. Sehingga nama merekapun menjadi pusat perhatian.

Sistem lainnya misalnya dalam daftar berikut:
  • Android
  • iOS
  • Tizen
  • BlackberryOS
  • Palm OS5
  • Bada
  • Syimbian
  • Java
  • Windows Mobile
  • BrewOs
  • Meego
  • Limo
  • Moblin
  • Maemo
  • SLP
  • dll
Tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri. Jadi berisap siaplah menonton peristiwa.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!
Tiga sistem operasi mobile yang dulu sangat berjaya namun kini telah pacundang

3 komentar

  1. Karena dulu ceritanya aku ngefans sama Syimbian, semua ponsel yang disebutkan diatas sudah petnah kucoba pakai semuanya dengna cara tukar tambah wwwkk :D.
    Maklum dulu kan OS muncul pertamakalinya, jadi kalau nenteng hape kayak gitu berasanya udah soksosialita [bukan sosialita loh yaa hahaa]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum sempat masih terlalu kecil dulu papaku ya..

      Hapus
  2. wow jadi berasa nostalgia. dulu saya pernah pakai symbian dan java heeheh, kalau windows phone milik temen-temen saya. ternyata benyak ya os selain itu, keren

    BalasHapus

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas