EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

APAKAH ANDA SEDANG BERPUTUS ASA DALAM BLOGGING? AYO BACA ARTIKEL INI

AvatarOleh: Sebelum saya lanjutkan menulis, saya ingin menegaskan sesungguhnya Kita tidak pernah gagal pada saat memulai menjalankan sebuah usaha, tetapi terkadang kita sendirilah yang menggagalkannya pada saat usaha tersebut sedang dan telah berjalan menuju kesuksesan. Adakah cara mengatasi perasaan berputus asa?

la tahzan

Ingat pertama kali ngeblog? Pada waktu itu perasaan hanya ingin menulis dan belum berharap banyak akan mendapatkan penghasilan, dan coba lihatlah diri Kita pada saat ini, masih inginkah melanjutkan hobi, pekerjaan atau usaha melalui ngeblog? Atau telah mulai mengendor dan akan meninggalkannya?

Perhatikan juga gambar ilustrasi yang saya lampirkan dibawah ini. Jangan sampai Kita berpaling pada saat keberhasilan telah dekat karena keberhasilan itu berada dibalik tembok yang harus Kita robohkan agar dapat Kita miliki.

kesuksesan telah dekat, namun keputus asaan jauh lebih kuat
kesuksesan telah dekat, namun keputus asaan telah menggagalkannya

1. KITA AKAN GAGAL KETIKA TELAH BERPUTUS ASA

Faktanya itu benar. Jika penyebabnya adalah kebosanan maka itu manusiawi apabila menghinggapi seseorang, apalagi seperti Saya yang menghabiskan waktu hingga 10 jam di tempat pekerjaan sepulangnya dari perusahaan Saya mampir di kafe dan duduk berjam jam disana memanfaatkan wi finya menulis di blog ini. 

Jujur kadangkala Saya bosan, saya juga sering merasa berputus asa, apalagi Saya melalui hidup seorang diri sepanjang hari, tetapi Saya kemudian berfikir, Saya hidup dan mampu melewati ini Saya harus tahu sampai dimana saya mampu menjalaninya, apalagi dulu saya kepingin sekali menulis dan ngeblog adalah cara terbaik yang saya temukan untuk menyalurkannya.

Dengan ngeblog pengatahuan saya bertambah, saya mulai mampu memahami koding dan bahasa pemrograman, menulis dan mengedit script yang rumit yang dahulu kala tidak begitu saya fahami, bukankah saya juga kadang ingin membuat template saya sendiri? Ingin agar blog saya memiliki SEO yang bagus, menempatkan sitemap dan menambahkan script kedalam desain themenya? Saya kemudian bersyukur karena masih memiliki kesempatan mengejar pengetahuan yang dahulunya begitu ingin saya pelajari, tanpa harus duduk dibangku pendidikan, tanpa mengeluarkan beaya tambahan lain untuk beberapa jenis pengatahuan.

putus asa dan lalu gantung diri
putus asa dan lalu gantung diri

Tetapi ini bukan tentang Saya, tetapi tentang setiap orang yang merasa semakin hari kegiatan seperti ini hanya membuang waktu Saya tegaskan buang dan lawan perasaan seperti itu, jika Kita tetap ingin menjadi seorang blogger maka Kita harus bekerja keras, seperti orang yang bekerja di perusahaan, Kita mampu melewati tekanannya padahal belum tentu Kita bahagia bekerja disana.

2. KITA ADALAH TUAN BAGI DIRI KITA SENDIRI

Jika pada saat Kita bekerja di perusahaan Kita harus menerima perintah dari seorang atasan yang kadang berperilaku diluar batas prosedur semestinya organisasi perusahaan, bersifat bossy yang sedikit sedikit memerintah, apakah Kita berfikir masih memiliki banyak pilihan selain mematuhi perintahnya? Saya hampir berani memastkan bahwa Kita tidak, karena Saya juga bekerja diperusahaan. Karena jika Kita membangkang maka Kita terkena fasal "violation of conduct" melawan atasan, karena jika kita tetap memutuskan melawan artinya setelah itu Anda tidak akan menapatkan pekerjaan di perusahaan manapun. Well itu risiko kita, terutama diri Saya. Saya telah lama tidak menganggapnya sebagai beban hidup lagi.

jadikan diri kita sebagai tuan bagi diri kita sendiri
jadikan diri kita sebagai tuan bagi diri kita sendiri

Ketika ngeblog Kita bebas berekspresi, kita bebas memilih tema, minat, menyesuaikan keahlian Kita dan melansirnya kepada publik, walau apapun sambutannya Kita akan merasa puas karena telah menyampaikan aspirasi dari dalam diri dengan bebas. Bebas menjadi diri sendiri dalam batasan yang manusiawi. Apalagi jika telah mendapatkan apresiasi yang bagus.

3. KITA MEMPERTIMBANGKAN PENGHASILAN

Tidak sedikit bisnis sukses diawali dan diantarkan oleh kesuksesan sebuah blog, terutama bisnis online. Namun membayangkan penghasilan yang akan didapatkan dari ngeblog bisa menjadi bumerang yang membuat Kita patah arang pada saat mendapatkan kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Saya sarankan, jadilah orang yang realistis. Pada bulan pertama ngeblog saya tidak menghasilkan uang samasekali bahkan pada bulan bulan berikutnya penghasilan dari adsense yang saya dapatkan tidak lain dan tidak adalah kurang dari seratus ribuan perbulannya.

Saya tentu saja sempat berkecil hati. Sudah capek capek menulis bahkan setiap waktu saya melihat hanya satu rupiah uang yang masuk ke kas adsense saya. Well, jadi lupakanlah kesuksesan cepat, hidup ini harus melalui berproses dan membutuhkan waktu yang kadang terasa begitu membosankan kata orang segala sesuatu akan indah pada waktunya, dan marilah berharap bahwa itu benar.
menulis dan mendapatkan penghasilan
menulis dan mendapatkan penghasilan

Perhatikan baik baik, uang yang Kita kumpulkan itu tidak datang langsung dalam jumlah semilyar tapi terdiri dari sen demi sen yang telah diusahakan dan kita kumpulkan. Pikirkan itu, jika Anda telah memiliki uang banyak Anda tidak mungkin ngeblog kecuali jika hal itu adalah sebagai hobi yang sangat Anda cintai tanpa mempertimbangkan penghasilan, jika Anda berfikir ngeblog adalah sebuah usaha yang sedang anda rintis maka teruskanlah! Jika ngeblog adalah salah satu kenderaan kita untuk meraih impian mengapa meninggalkannya?

4. KARENA BLOGGING JUGA ADALAH PEKERJAAN

Penting kita sadari, bahwa Kita adalah seorang istemewa, mengapa? Karena kita adalah seorang blogger! Lihat masih banyak orang yang berharap bisa melakukan hal yang sama, pingin menjadi blogger dan suatu hari mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja, dan mereka belum pernah menulis satu postingan. Tetapi Anda? Anda telah memiliki sebuah blog, itu adalah asset yang tidak dimiliki oleh semilyar manusia, bukan? Jika hari ini Anda masih belum mendapatkan manfaatnya, Anda harus ingat bahwa saat ini baru sedang memulai! Itu adalah modal yang besar yang hanya orang istemewa yang memilikinya. Pergilah berkaca dan katakan kepada diri sendiri, apakah Saya seorang yang istemewa?

Bayangan diri Kita di kaca akan menjawabnya: Lihatlah memang begitu istemewa, tidak ada seorangpun di atas dunia ini yang sama dengan Kita, Kita adalah diri Kita sendiri. Tarik nafas yang dalam dan katakan: Aku ingin menjadi diriku sendiri.

Pada tahap Kita stabil dan merasakan manfaatnya ngeblog Kita akan menyadari bahwa Kita dapat mengandalkannya untuk menopang hidup tanpa menyusahkan orang tua atau orang lain, Kita dapat menjadikannya sebuah usaha dan pekerjaan tanpa kekuatiran memikirkan kapan harus pensiun. Tapi dengan syarat dan kondisi: Kita telah mengkonversikannya ke dalam bentuk usaha.

blogging juga adalah pekerjaan
blogging juga adalah pekerjaan

Beberapa hal yang paling mudah kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan seperti:
Menulis review produk, Kita bisa menjadi penulis review produk dari perusahaan yang menawarkannya kepada Kita dan medapatkan bayaran tergantung tarif.

Bisnis online, Kita dapat menawarkan jenis jenis prduk yang akan Kita coba jual secara online. Cara yang paling mudah dan sederhana adalah menawarkan sesuatu kepada orang yang memang membutuhkannya, bisa ditawarkan kepada komunitas, keluarga dan teman teman terlebih dahulu, pada akhirnya informasi akan meluas dan Kita akan memiliki pelanggan.

Atau Google andsense. Aajukan permohonan monetisi blog kepada Google, yakni mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di halaman blog kita.

Atau menjadi penulis sungguhan. Karena ngeblog akan melatih kita dalam mengasah kemampuan menulis, baik itu artikel, cerpen, kisah dan bahkan novel. Anda juga memiliki peluang menerbitkannya sendiri di dalam blog Anda, jangan pikirkan siapa yang akan membacanya. Di atas dunia ini ada 7 milyar manusia, tidak mungkin tidak seorangpun yang tidak akan membaca tulisan kita.
dll.

Intinya konversikan halaman blog menjadi usaha bisnis, apalagi di zaman peluang online telah terbuka selebar lebanya..

Banyak contoh blogger berhasil melewati masa masa sulit dan kini telah memiliki penghasilan diatas gaji seorang manager perusahaan lokal...


Ikuti terus update terbaru dari: editblogtema.
APAKAH ANDA SEDANG BERPUTUS ASA DALAM BLOGGING? AYO BACA ARTIKEL INI

6 komentar

  1. Bangkit lagi...
    Nggak jadi putus asaa....
    Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangkit dan berjuang lagi, tapi jangan sering sering mulai dari nol habislah waktu

      Hapus
  2. terkadang saya juga capek sendiri mas heehe. tapi gimana ya karna ada kerjaan offline

    BalasHapus
  3. Saya dari awal memang bertujuan untuk ngeblog, karena template gratis tidak sesuai dengan keinginan mau beli mana ada duit yaudah nekat bikin sendiri dan yah lumayanlah wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow keren, kayak admin blog ini donk 😁

      Hapus
  4. tak berputus asa cuma kadang-kadang hilang mood untuk berblog ;-)

    BalasHapus

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas