Cara terbaru mengirim sitemap blog ke Google Webmaster

Jika kalian telah mahir menggunakan dasbor atau pengaturan blogger terbaru, karena antar-mukanya yang fresh akan memudahkan kita untuk melakukan berbagai setting dan pengaturan blog. Melalui pengaturan dasbor baru ini kita juga dapat langsung mengirimkan sitemap blog kita ke Google Webmaster. Namun terlebih dahulu kita juga harus mengetahui mengapa sitemap itu penting.


sitemap bloggera


1. APAKAH FITUR XML SITEMAP ITU?

XML SiteMap itu ibarat buku alamat yang menyimpan seluruh daftar halaman website. Mesin mesin pencari seperti Google dan Bing dan semua mesin pencari lainnya umumnya memanfaatkan file file dari SiteMap ini untuk menemukan halaman website atau blog kita yang mungkin saja telah kehilangan beberapa link postingannya pada saat meramban di web atau degan kata lain seperti peta atau map yang dapat menunjukan alamat kota dan lalu jalan menuju ke rumah kita. Bayangkan, pentingnya SiteMap itu buat blog. Karena kalau robot robot mesin pencari tidak menemukannya, maka setiap konten dan postingan tidak akan sampai kehadapan pemirsa di jagat maya nan luas dan tak bertepi ini.

2. MENGAPA PENTING MENAMBAHKAN SITEMAP BLOG?

Karena ketika kita menggunakan hosting bawaan Blogger atau Wordpress sesungguhnya pada faktanya file file XML Sitemap bawaannya terbatas hanya untuk 26 postingan terbaru dari blog saja, dan karenanya postingan postingan lama bisa saja tidak terindex pada mesin pencarian, namun setelah ini jangan kuatir, supaya semua postingan tetap terindex pada mesin pencarian (Search engine) kalian dapat menempuh beberapa solusi, salah satunya adalah: Melengkapi SiteMap ke dalam blogger kalian.Atau mengirimkan sitemap blog ke webmaster dan cara terakhir adalah cara yang paling tepat dan sederhana: yakni mengirimkan sitemap blog ke Google webmaster.

Jadi jelas sekali sitemap itu berperan besar terhadap kesehatan dan kekuatan SEO blog.

3. CARA MENGIRIMKAN SITEMAP BLOG KE GOOGLE WEBMASTER
    Pertama tama dan yang utama blog kalian sudah terdaftar sebagai properti pada Google Webmaster.😏, caranya daftarkan blog terlebih dahulu ke webmaster console.
  1. Masuk kepengaturan blogger (dasbor baru)
  2. Pilih setting lalu lihat menu tampilan sebelah kanan yang muncul
  3. Klik 'Google Search Console'
Perhatikan gambar berikut:

cara mengirimkan sitemap ke google webmaster

Dengan mengklik 'Google Search Console' kita akan di bawa ke halaman Google webmaster yakni bagian sitemapnya atau 'Peta Situs'-nya langsung. Pada gambar terlihat muncul alamat situs kami (kalau blog kalian yang muncul ya URL blog kalian dong):
https://www.editblogtema.net/________

Nah pada ujung (setelah slice) kalian tambahkan : sitemap.xml, tampak menjadi berikut: 

https://www.editblogtema.net/sitemap.xml

Perhatikan gambar:

cara mengirim sitemap blog ke Google webmaster 2

Jika penulisan benar akan segera terdapat atau muncul catatan notifikasi di bagian bawah kolom pengiriman sebagai: Sukses.

Ada juga yang menambahkan kode berikut ke sitemap untuk postingan dibawah 500: 
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Sedangkan untuk blog yang telah memiliki postingan di atas 500 adalah: 

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500 

Sebenarnya dengan menambahkan sitemap.xml saja sudah cukup.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

6 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Bang, mau saya tanyakan nih, kalau saya habis memposting, apakah harus saya kirim sitemap lagi? Biar google tau kalo artikel saya ada yg baru.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Admin yang jawab ya he he he...'kirim posting ke webmaster' setiap setelah selesai mempublikasikan konten blog, itu baik.

      beda dengan sitemap, itu hanya perlu di kirim sekali dan di ulang lagi kapan suka saja.
      Postingan itu kadang perlu di kirim agar cepat ter index atau terendus oleh mesin telusur. Jadi bagusnya dikirim setiap selesai mempublish artikel, konten atau postingan.

      Memang belum tentu juga postingan akan cepat terindex, akan tetapi usaha tersebut akan memberikan sinyal yang kuat ke mesin pencari.

      Hapus
    2. Brarti tinggal submit link postingan baru kita aja ya kak, oke oke makasih kak

      Hapus
  2. terima kasih berkongsi ilmu..

    BalasHapus
  3. Mantap Yang Punya blog editblogtema.com, terutama isi konten tutorialnya sama sekali bukan abal-abal, mudah dipraktekan, gaya bahasanya mudah dipahami, codinya juga bisa diierapkan pada blog secara kombinasi ditemplate jebolan google, tapi satu pesan saya tolong buat artikel tutorial footer template cotempo, tapi tidak pakai kredit ya boss. Lanjutkan artikel saya setia menunggu.....?

    BalasHapus
  4. Sudah ada di blog ini cara membuat credit footernya:
    https://www.editblogtema.com/2019/07/menghilangkan-powered-by-blogger-pada.html

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak