DYNAMIC VIEW VARIAN TEMPLATE BAWAAN BLOGGER YANG PALING GAGAL?

Pada bulan September 2011 blogger merilis varian terbaru template yang mereka sebut 'dynamic view' sesuai dengan dengan namanya template ini secara tampilan memang tampak sangat dinamis. Template ini secara meyakinkan telah di bangun dengan teknologi web terbaru pada masa itu seperti: AJAX, HTML5 dan CSS3. Ya terbaru menurut zaman itu.

tampilan template blogger dynamic view default


Tetapi apa yang terjadi pada perkembangan berikutnya template tersebut sangat sedikit peminatnya. Diantara 7 varian template bawaan (default) lama justeru template simple (sederhana) dan template awsome (PT. Keren sekali) lah yang paling banyak di pergunakan oleh para Blogger secara luas.

Coba saja kalian buka dasbor blogger dan pilih tema atau theme, pada bagian kanan akan tampil pilihan template blogger scroll sampai bertemu Dynamic View, letaknya tepat di bawah template simple atau template sederhana. Kalau mau mencoba silahkan saja.

Alasan template ini tidak saya sukai adalah:
  • Pertama jelas desain lama alias sudah tua (rilis 2011), karena sekarang telah hadir 4 varian utama template blogger terbaru (rilis 2017)
  • Kedua layoutnya masih layout versi 2
  • ketiga Sulit di edit karena banyaknya elemen untuk 'toggle' dari gaya dan antar-muka satu ke gaya dan antar-muka yang lain
  • Keempat Loadingnya berat sekali, karena templatenya memang berat.
  • Tidak dapat di akses oleh browser modern (tidak support)
  • Template ini juga boleh dikatakan gagal karena tidak banyak pembuat template yang mau memodifikasinya untuk di jadikan template premium.

Template ini memiliki 7 tampilan dan antarmuka berbeda  berbeda, jika menu ada kiri atas di klik, contoh blog yang menggunakannya adalah (sempat sangat tinggi trafiknya di masa lalu):
  • Classic dipergunakan oleh blog Gmail: tapi sekarang situs ini telah mengganti template atau memperbaharuinya. 
  • Flipcard  sampai saat ini masih di pergunakan oleh blog M loves M - walau pun blognya tersebut sudah tidak di update lagi.
  • Magazine dipergunakan oleh blog Advanced Style terakhir di update tahun 2016 lalu.
  • Mosaic dipergunakan oleh  blog Crosby’s Kitchen terakhir di update tahun 2012 
  • Sidebar tadinya di pergunakan oleh blog Blogger Buzz Blog namun kini telah berganti template
  • Snapshot  di pergunakan oleh blog Canelle et Vanille sekarang sudah tidak up to date lagi.
  • Timeslide  di pergunakan oleh blog The Bleary-Eyed Father blog private (tidak terbuka untuk umum)

Tahun 2020, 2021,2022 AD...

MENURUT SAYA YA...(Yang setuju silahkan yang tidak juga saya hargai)
Template ini menurut saya adalah template yang paling gagal, pada zamannya saja jarang dipergunakan oleh para Blogger apalagi di zaman now, sudah tidak worth lagi. Tentu saja jika mengingat karena sampai sekarang template "seusianya" (template model lama layout versi 2) masih dipergunakan seperti template sederhana atau simple, template awesome, namun template dynamic view? 

Yang parahnya pengguna template Dynamic view ini tidak support browser modern, pas di buka via mobile seperti hape dan tablet, akan keluar notifikasi sebagai berikut:
Dynamic Views in Blogger require the use of a modern browser, and are not currently supported on mobile devices.

You can visit a non-dynamic version of this blog, continue unsupported, or upgrade your browser by clicking on one of the links below.

Chrome
Firefox
Safari
Internet Explorer
Jadi situs Gmail tetap dapat dibuka karena telah mengganti template atau merombaknya. Kalau kalian nekat menggunakannya ya alamatnya blog kalian bakal kesulitan di akses melalui hape oleh sebagian pengguna, ya kan.

Untuk orang zaman now tentu saja membingungkan mengapa ia di bangun dengan 7 antar-muka yang berbeda hanya untuk memberatkan loading kecepatan template blogger?  Maklum template ini lahir dari di zaman dimana orang lebih menyukai tampilan heboh ketimbang kesederhanaan dan kecepatan

Sekarang google sendiri malah melawan template tersebut setelah lahirnya projek AMP, dimana semuanya harus menjadi sederhana, menjadi lebih ringan, dan menjadi lebih cepat dan cepat.

Template ini di perkenalkan oleh Antin Harasymiv, Software Engineer yang telah mengembangkan template ini. Saya membandingkannya dengan template awesome yang sudah sama sama tua di desain oleh Tina Chen, saya selalu lebih cenderung memilih template blogger buatan Tina Chen.

Sorry ya Blogger, tapi itu memang benar. Template Dynamic View gagal menjadi template yang diterima oleh par blogge pada zamannya dan tentu saja tidak dapat dinikmati oleh banyak pengunjung karenanya...

Pelajaran yang dapat dipetik:

Tampaknya Antin Harasymiv memiliki tujuan mulia: Membuat sebuah template serba guna, template sapu jagat yang menggabungkan semua model template yang ada. Akan tetapi belajar dari kenyataan yang telah ada di dunia ini, kita tidak bisa menyenangkan setiap orang, dan tidak bisa memuaskan keinginan setiap orang.

Kelengkapan itu dibayar dengan harga: 
  1. Sebuah template rumit dan lambat,
  2. Fitur fitur dan elemen elemen yang terbuang percuma karena tidak setiap blogger membutuhkannya.
  3. Terlalu sulit menjadikannya kompatibel dengan segala sistem platform dan browser
  4. Dll

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

1 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak