EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

Setelah java mengapa pula harus belajar bahasa kotlin?

AvatarOleh: adelina sofyan
Jika ingin memiliki salah satu satu skill membuat aplikasi untuk platform Android di zaman now dan beberapa dekade lagi di masa depan sebaiknya Kalian belajar bahasa bahasa pemrograman diantaranya yang menonjol adalah bahasa kotlin. Mengapa bahasa kotlin itu penting, mari kita membahasanya

bahasa pemrograman kotlin android

Jadi ceritanya begini: Setelah katam (tamat) belajar bahasa Java, dilanjutin tadarus bahasa kotlin, mengapa orang orang muda mulai melirik bahasa ini?

Karena Kotlin adalah bahasa masa depannya aplikasi Android. Jika hari ini kalian sudah belajar bahasa Java dan telah membuat beberapa aplikasi menggunakan Java di Android studio, pasti kalian faham mengapa bahasa kotlin itu sekarang menjadi semakin penting. Ya karena ia telah menjadi bahasa kesayangan Google dan melihat kelebihan dan perkembangannya di masa kini yang melebihi bahasa Java dalam pemrogramman Android, mau tidak mau kalian harus mempelajari bahasa kotlin untuk melanjutkan projek projek Android di masa depan.

Alasan mengapa harus belajar bahasa Kotlin? 

Di antara segudang alasan mengapa kita harus mulai serius mempelajari bahasa yang satu ini adalah:
  1. Yang paling penting adalah Kotlin itu Open Source. Ia didistribusikan di bawah Lisensi Apache, Versi 2.0. Kompiler (kompiler Kotlin), plugin IntelliJ IDEA, dan library-library java semuanya open source.
  2. Aman. Karena bahasa kotlin seperti bahasa Java adalah bahasanya programming Android, seperti Java bahasa kotlin juga berguna untuk membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio Google. Dan sebagai bahasa yang lebih baru dia seharusnya lebih sempurna. Misalnya jika pada Java ada istilah NPE (NullPointerException) yang membuat para Developer pusing kepala mengatasi crash, pada bahasa Kotlin tidak terdapat hal seperti itu. Kotlin memiliki pengaman otomatis untuk itu.
  3. Kotlin itu Consice and Expressive : Yakni proses kompilasi dan kerumitan pada saat Koding menggunakan java akan berkurang ketika menggunakan kotlin.
  4. Ekosistem Kotlin terbilang sudah semakin matang dan benar benar telah dirancang untuk menjadi bahasa Android di masa depan. Terdapat library library baru setiap harinya dan dengan bahasa Kotlin pengembang masih tetap bisa menggunakan library bahasa Java.
  5. Mudah dipelajari. Sebagai bahasa programming modern bahasa kotlin lebih sederhana dan lebih mudah dipelajari daripada bahasa Java. Sintak sintaknya mirip bahasa Java. Jika sebelumnya kalian sudah menguasai bahasa Java, maka akan sangat mudah untuk menguasai bahasa Kotlin. 
  6. Ada alasan lain mengapa ia jadi lebih mudah: Karena ia menggunakan studio Android Google yang canggih dan di desain untuk mengerjakan elemen elemen dasar yang sudah ada. Elemen yang sudah familiar dengan para pengembang.
  7. Prospek ekonominya bagus. Karena dimasa depan peranannya dalam membuat aplikasi aplikasi Android membuat  bahasa yang satu ini sangat potensial di segi penghasilan. Programmer mana sih yang tidak ingin membuat aplikasi dan di jual lalu di unduh jutaan orang di Play Store Android? 
  8. Bisa juga untuk membuat aplikasi di iOS. Dengan menggunakan Kotlin Native, kalian bisa membuat aplikasi iOS dan menjualnya di App. Store milik Apple. Jadi bukan hanya melulu di Android, menguasai dan memiliki bahasa Kotlin akan membuat peluang kalian menjadi lebih besar.API Kotlin untuk iOS dan Android
  9. Kotlin dapat membaca kode kode lama atau library yang kita gunakan saat coding dengan bahasa Java dan begitupun sebaliknya.
Contoh mengapa saya katakan bahasa kotlin sederhana adalah karena Pada kotlin untuk penulisan Variable lebih sederhana dari JAVA  karena jika kalian terbiasa dengan bahasa java yang penulisannya memiliki beberapa atribut, maka pada kotlin tidak harus menuliskan Tipe Data dari variable tersebut dan tidak di akhiri dengan titik koma ‘ ; ’.

Untuk penulisannya sendiri diawali dengan var atau val. Contohnya :
var nama = “Anissa Auliasari”
val usia = 19
Namun jika ingin spesifikasi menggunakan Tipe Data maka kita bisa menuliskannya sebagai berikut :
var nama : String
nama = “Adelina Sofyan”
val usia: Int = 17 

Lho, apa bedanya var dengan val????

Bedanya mendeklarasikan suatu Variable penulisan di dalam bahasa Kotlin ketika menggunakan val maupun var adalah:
  • val : Jika kita mendeklarasikan suatu variable menggunakan val maka kita tidak dapat merubah value (nilai) nya kembali.
  • var : Sedangkan Jika kita mendeklarasikan suatu variable menggunakan var kita bisa merubah value (nilai) pada variable tersebut kapanpun kita inginkan.
Demikian sekilas contoh bahasa kotlin, kalian dapat mempelajarinya sendiri melalui halaman web layaknya belajar bahasa bahasa koding lainnya seperti python, java dan ruby.

Dengan belajar bahasa kotlin peluang kalian untuk mencari uang dengan usaha sendiri menjadi sangat terbuka. Yakni dengan membuat aplikasi aplikasi Android yang berguna untuk perangkat genggam smartphone.

Namun yang lebih penting dari semua itu adalah, selalulah menjadi diri sendiri, memiliki komitmen dan bekerja keras.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Setelah java mengapa pula harus belajar bahasa kotlin?

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas