Ini alasan mengapa Wajib blogging mobile mulai tahun 2020

era blogging dengan Mobile First Indexing segera berlaku, ikuti atau mati
Tahun 2021 belumlah lagi datang, akan tetapi itu sudah semakin dekat dan bagi Blogger ada sebuah info penting yang harus di perhatikan agar blognya tetap bertahan dan berkembang. Info itu datang dari Google, bahwa tepatnya pada bulan Maret 2021 adalah bulan dan tahun dimana halaman Mobile akan di dahulukan dan di utamakan untuk di index.

blogging mobile

Setelah itu halaman dekstop akan drop alias berjatuhan, jika adapun yang masih mempertahankannya maka halaman tersebut akan dipenuhi oleh bugs. Seram bukan?

Saya juga tidak percaya kalau tidak membacanya langsung dari pakar Webside Google: John Mueller atau kalau di Twitter lebih terkenal dengan panggilan Johm Mue. Dan menurut pakar hal ini sebenarnya bukanlah hal baru google telah memberi peringatan terutama semenjak tahun 2017 lalu ketika template template varian baru mereka tambahkan di dasbor Blogger.

Apakah sebagian kita benar benar mengerti hal itu? Sekali lagi Informasi ini bukanlah hal baru, namun ketika masanya telah 'jatuh tempo' kita harus menyambut banyak kiamat di sebagian dunia kita: Dunia Blogging. Mari lanjutkan baca informasi ini.

1. Apakah Halaman mobile yang dimaksudkan di atas itu?

Yakni halaman yang sepenuhnya mobile dan berjalan pada perangkat mobile seperti ponsel dan tablet. Sebuah halaman website atau blog yang dapat di akses dengan mudah melalui perangkat mobile dan tampak memang sesuai untuk mobile, cepat dan responsif pada saat ditampilkan.

Itu ketika kita bicara zaman now. Zamannya Mobile Indexing First atau Zamannya pengindekan mobile di utamakan dan pengindekan halaman desktop akan di tinggalkan selamanya.

Jadi Halaman blog kalian haruslah mobile friendly jika ingin di dahulukan terindex oleh Google, ini sudah tidak bisa di tawar tawar lagi, batasnya telah di tetapkan. Google jauh jauh hari mendukung projek AMP yang 100% diperuntukan untuk mobile (hape) dan bahkan bertahun tahun setelah itu mengistemewakannya melalui konten pengeindekan kanonik. Mengapa bisa demikian?

Alasan yang paling masuk akal adalah: Dunia memang sedang berkembang menuju trend mobile. Melalui perangkat mobile-lah internet paling banyak di akses di Planet ini, bukan melalui layar desktop atau laptop lagi seperti di masa lalu. Berbanding 5 milyar perangkat genggam dan 4 milyar diantaranya telah terhubung melalui internet adalah masuk akal jika pelaku bisnis mulai meninggalkan perangkat PC dekstop dan laptop. Dunia adalah ladang bisnis, tidak terkecuali website, jika tidak menguntungkan secara ekonomis maka ia akan di tinggalkan dan di lupakan. Dan nasib itu akan segera menimpa halaman web desktop.

Jika kalian ingin mendapatkan lebih banyak trafik atau pengunjung halaman blog dan melanjutkannya dengan konversi bisnis, maka perangkat mobile-lah yang paling banyak mendatangkan akses pengunjung dan mendatangkan trafik dari berbagai kelas sosial. Bukan melalui desktop atau laptop lagi.

Kami mengganti template blog ini dan mulai mendapatkan Data Web Inti untuk versi mobile, tadinya menggunakan template premium berbeli Data Web Inti yang kami dapatkan adalah versi Desktop, kami baru menyadari ketika di Google Console terlihat notifikasi: Mulai Maret Kami berhenti mengutamakan Data Web Inti versi Desktop, Kami akan memprioritaskan 'Mobile Indexing First'.

Akibatnya halaman kami drop untuk sementara, akan tetapi berkat menganti template yang lebih mobile dengan data yang lebih terstruktur halaman ini kemudian naik dan menanjak secara signifikan melebihi sebeumnya:
  1. Peningkatan trafik dari pengunjung organik
  2. Peningkatan breadcrumb secara signifikan
  3. Peningkatan tajam kotak pencarian sitelink (penting buat SEO)
  4. Mulai muncul Pengindekan versi mobile perlahan lahan, Lihat gambar:
halaman peningkatan mobile indexing first

Dan ingat untuk mendapatkan ini kalian harus mematuhi prosedur dan mengikuti saran Google, perbaiki halaman halaman yang tidak mobile, contohnya halaman yang bagus tampil pada layar laptop namun hancur pada tampilan layar hape akan di abaikan oleh mesin penahuncari. Misalnya sebuah konten yang ketika di akses melalui hape terlalu lebar melebihi halaman mobile itu sendiri.

2. Apakah halaman Dekstop/laptop yang di maksudkan di atas itu?

Yaitu halaman web yang di akses melalui layar yang besar dan tidak mobile atau tidak terlalu mobile. Seperti yang telah kita singgung di atas Google sudah memberikan peringatan agar kita segera pindah orientasi ke halaman web mobile, tarohlah kita tidak perlu menanggapinya, akan tetapi trend mobile sudah terlanjur melanda dunia dan tidak mungkin menghentikan perubahan zaman itu. Maka jika melihat kepada fakta itu halaman web desktop memang bakalan 'kiamat'.

Zaman halaman web desktop ini sudah berlalu, ketika ia dipergunakan ponsel belum bisa internet dan laptop adalah gagdet mahal yang menakjubkan. Dunia internet masih di longok melalui jendela windows. Template blog default (bawaan) masih berupa 7 varian template template yang tidak responsif jika tidak di setting mobile. Template template tersebut adalah:
  1. Sederhana
  2. Perjalanan
  3. PT. keren sekali
  4. Tanda air
  5. Kelembutan
  6. Dinamis
  7. Perjalanan
Template template tersebut masih menggunakan layout versi ke 2. Lho, mana template dengan layout versi pertama? Itu template sebelumnya yang dinamakan template 'Classic'

Dan ingat ini tidak main main, setelah resmi 'Mobile First Indexing' di berlakukan, maka halaman desktop akan segera 'drop' dan di abaikan. Ini benar benar mengerikan karena akan berakibat:
  1. Kehilangan trafik pengunjung
  2. Kehilangan penghasilan
  3. Kehilangan ranking website
  4. Benar benar akan di abaikan oleh mesin pencari karena konten kalian tidak akan lagi terindex.

Akankah kalian mau menanggung risiko itu?

3. Apakah Mobile Indexing First itu?

Sederhana sekali, hanya halaman mobile yang akan di utamakan di crawl oleh Google. Jika suatu konten web atau konten halaman blog berjalan di platform/template yang mobile maka otomatis halaman tersebut adalah mobile dan didahulkan untuk di index oleh Google. 

Perhatikan bukti halaman versi desktop sudah tidak di crawl lagi pada salah satu postingan kami:

halaman di abaikan oleh google bot

Pada gambar di atas jelas terlihat halaman di crawl sebagai Googlebot desktop, namun jelas sekali tidak di index oleh Google sebelum dilakukan perbaikan. Perbaikan bisa silakukan melalui penggantian template, tidak mengherankan konten tersebut dapat terindex pada blog lain yang menggunakan template bawaan SOHO blogger. Jelas bukan?

Halaman di abaikan di halaman blog kita karena kesalahan template kita dan di index pada halaman yang lebih baik strukturnya. 

Varian varian template Blogger bawaan (default) pun di buat dan tersedia mulai tahun 2017 di dasbor Blogger seperti:
  1. Contempo
  2. Soho
  3. Emporio
  4. Notable
Template template ini sudah sangat responsif dan mobile friendly. Sudah mendukung layout versi ke 3.

Halaman bisa saja tidak mobile karena menggunakan template yang tidak resposif dan tidak mobile friendly. Contoh jika Kita menggunakan template klasik atau template lama bawaa (seperti simple, awesome, dynamic dst) Blogger dan menerbitkan sebuah artikel atau tulisan, maka dapat dipastikan halaman tersebut lebih berpenampilan desktop ketimbang alih alih bepenampilan dan berfitur mobile. Artinya akan di abaikan. Namun jika artikel tadi dipindahkan ke template terbaru seperti contempo, soho, emporio dan notable, maka halaman tersebut pastinya akan Mobile dan mendapatkan kesempatan untuk di dahulukan dalam pengindexan oleh Google.

Artinya jikapun Google belum meninggalkan pengindekan halaman desktop, namun itu di kemudiankan. Kita tahu berapa milyar antrian halaman di atas mesin pencarian? Menggunakan halaman desktop setelah peraturan ini berlaku adalah hal sia sia. Ayo ganti template Kalian dengan template terbaru Blogger jika kalian tidak mau memasang halaman AMP di halaman blog kalian.

Contoh halaman yang di index:
contoh halaman yang di index oleh Google

Pada halaman halaman yang di index, selalu ada pernyataan: 'halaman ini mobile friendly', hal yang dalam beberapa tahun ini menjadi prioritas Google. Dimana kita para websider, dan para blogger harus mempersiapkan diri berhadapan dengan segala hal hal baru yang pasti akan terus berdatangan.

Sebagai catatan, halaman mobile tidak melulu harus AMP, halaman mobile HTml Klasik juga termasuk dengan syarat:
  • Template harus mobile
  • Template harus cepat
  • Template harus di sederhanakan.
Keempat varian template terbaru Blogger (contempo, soho, emporio dan notable) telah memenuhi semua syarat diatas.

4. Cara sederhana Blogging Mobile

Di mulai tahun 2020, Blogger merombak tampilan antar muka dasbor Blogger, dan itu diperuntukan untuk blogging lebih mobile. Faktnya sangatlah mudah mengakses dasbor blogger sekarang melalui hape, bahkan sekalipun jika kalian ingin mengutak atik bagian 'Edit HTML' atau halaman editorial HTML-nya.

Jika ada yang merasa kesulitan itu wajar, karena setiap hal baru membutuhkan waktu untuk penyesuaian. akan tetapi pikirkan kembali: Apakah ada hal hal di dunia ini yang tidak segera berubah? 

Dasbor baru ini membuka peluang sepenuhnya blogging mobile:
  • Menggunakan template mobile.
  • Blogging melalui perangkat genggam (mobile)
  • Mengedit dan mengkustomisasi template blogger secara mobile
  • Membuat segala macam konten melalui perangkat mobile.
Jika ingin benar benar blogging mobile kalian harus perhatikan hal hal berikut:
Apakah template yang kalian gunakan sudah mobile friendly? Lebih dari sekedar responsif, halaman mobile memang di utamakan. Jika kalian merasa telah membeli template berhati hatilah mulai hari ini, karena template template premium mahal sekalipun masih tidak benar benar mobile, ada yang hanya sekedar di rombak dari template template layout versi ke 2. 

Ada struktur meta tersembunyi yang terhubung ke sisi server untuk menandai halaman yang benar benar kanonis dan dapat dilakukan penyempurnaan. Saya sarankan jika kalian pemula, jika kalian hanya ingin blogging secara sederhana (Karena kesederhanaan juga relatif sangat di sukai oleh google) maka gunakan saja template template terbaru seperti Contempo, Soho, Emporio dan Notable. Kalian bisa mengkustomisasinya sedikit demi sedikit.

Jadi kita dapat melakukan hal berikut untuk blogging di thun 2020:
  1. Gunakan template terbaru blogger yang sudah support layout versi ke 3 seperti contempo, soho, emporio dan notable.
  2. Pasang breadcrumb standar schema.org. sekaligus untuk mendapatkan kotak penelusuran sitelink.
  3. Cobalah blogging menggunakan ponsel agar lebih mobile dan tidak semata mata bergantung pada laptop apalagi destop. (Alasan produktivitas)
Mulai sekarang hindari menggunakan template template bawaan lama, sebagian template premium versi lama juga sama akan mengalami gejela gejela akibat perubahan baru ini:
  1. Tiba tiba halaman atau konten di abaikan oleh mesin pencari (tidak di index)
  2. Tiba tiba pengunjung drop
  3. Tiba tiba penghasilan adsense menyusut
  4. Tiba tiba...
Jika ingin menggunakannya jangan lupa setting mobile agar tampilannya pada layar hape. Sekalipun demikian halaman tersebut tidak akan pernah dapat dimaksimalkan untuk blogging mobile apalagi berharap "Mobile First Indexing' kecuali jika telah di rombak strukturnya menjadi responsif dan mobile friendly.

Alasan mengapa pada dasbor masih terdapat pengaturan mobile adalah karena masih banyaknya blogger menggunakan template template lama ini. Namun pada akhirnya pasti akan di tinggalkan.

Semua terserah pada kita, dunia sudah sedemikian mobile-nya. Pintunya juga terbuka, bagi yang masih blogging menggunakan template tua blogger, saya sarankan segera menggantinya, tinggalkan saja yang lama seperti masa lalu yang memang telah berlalu.

Ingat, ikut blogging mobile, mobile blogging dan gunakan atribut atribut mobile blogging zaman kini.

Dan sekali lagi jika mengikuti pesan di atas, jadikan halaman Webiste/blog Anda mobile jika masih tetap ingin blogging di tahun 2021. Kali ini bukan masalah kita suka atau tidak suka, tetapi kita memang harus melakukannya..

Tonton juga cara mengedit halaman editorial HTML templaet blogger di saluran Youtube kami yang sederhana:


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

6 komentar

  1. Wah... Harus siap-siap nih biar blog lebih mobile friendly.

    Makasih buat infonya ya Kak. 😊
  2. ilmu daging lagi lagi, nyimak suhu
  3. sekarang google serch console sedang update juga ya, karena belum bisa di gunakan, enggak tahu sampai kapan
    1. Benar, sedang maintenance
  4. bisa dikatakan akhir akhir ini bloggingku by mobile semua mas sopyan

    mulai dari ngetik, ngedit, atau akses blog teman, lebih cepat soalnya
  5. aduh saya masih setia sama blogging desktop walaupun kadang ada lewat hape hp juga
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain