APAKAH BLOGGING ITU HARUS SELALU MEMBUAT KONTEN?

blogging adalah mengetik dan menulis
Pada prinsipnya banyak juga orang blogging karena ingin menyampaikan sesuatu. bagusnya blog bisa menjadi media untuk hal tersebut. Mereka ini termasuk golongan blog karena hobi.

Konten tulisan dan gambar adalah hal yang paling banyak dipergunakan sebagai alat untuk mencapai misi tersebut, karena jika berisi video lebih baik menggunakan media vlog saja.

blogging adalah menulis dan membuat konten


TANTANGAN

Namun tantangan dunia blogging zaman sekarang juga tidak ringan, bayangkan saja medsos seperti IG juga memiliki halaman yang bisa di pakai buat blogging, Facebook juga memiliki halaman yang bisa dibuat untuk hal yang sama. Banyak halaman medsos mengadopsi cara ini, mengambil semua wilayah untuk mempertahankan keberadaan pengunjung dengan cara memenuhi segala kebutuhan mereka.

Dan mereka memiliki kualitas yang kuat untuk di dahulukan di dalam antrian mesin pencari.

Namun blog tetap ada di halaman utama web walau terjepit diantara media media massa yang besar dan nyaring suaranya. Contohnya artikel saya ini tidak bakalan begitu saja muncul sebelum netizen mengunjungi kompas, detik, tribun dsb. Artikel ini harus di optimalkan dengan teknik dan siasat agar bisa berada dipencarian.

Blog ini mau melawan brand kompas? Mimpi kale, dunia internet itu sekarang sangat ramai sekali, juga sangat bising sekali, semua orang berteriak sekuat tenaga semakin besar postur webnya semakin nyaring suaranya, jadi sekuat apapun kita berteriak untuk meminta perhatian akan tenggelam oleh suara mereka.

Jadi apa yang harus kita lakukan? Ya teruslah menulis, karena ngeblog atau blogging itu ya menulis dan jangan terlalu di pikirkan, seperti menanam pohon berawal dari bibit sampai akhirnya menjadi pohon yang tumbuh serindang pohon flamboyan. Dan kita masih ada memiliki komunitas, yakni komunitas blogger yang dapat kita manfaatkan ntuk saling berbagi dan berbagi informasi, sayangnya karena terpengaruh oleh banyaknya publisitas media stream hal tersebut terkadang menjadi tampak distorsi.

Kembali ke arti blogging yang sebenarnya...

Awal blogging adalah pengganti diary dalam bentuk online, ingat zaman dulu ketika buku diary hanya personal, bukan? Ya paling masuk akal adalah blog itu awalnya adalah media online untuk catatan catatan pribadi, lalu berkembang menjadi beragam seperti sekarang yang menurut catatan wikipedia:
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera model liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
  • Blog gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya
  • Blog parenting: Berisi cerita/ tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak
  • Blog militer: Berisi tentang tema seputar dunia militer, alutsista, analisa pertahanan suatu negara.
  • Dan masih banyak lagi.
Blogging berkembang oleh berbagai minat sehingga dapat di kategorikan dengan beberapa niche dan kelompok Nice, misalnya niche teknlogi, niche gado gado, niche tutorial...dll.

MENULIS (=MEMBUAT KONTEN)

Hampir semua hal di atas dilakukan melalui menulis sebagai alat penyampaiannya dan kadang dilengkapi dengan gambar, walaupun bisa di lengkapi dengan konten video, namun untuk konten video memiliki media platform yang lain: Vlog dan kegiatan tesebut dinamakan vlogging.

Adalah aneh blogging tapi tidak menulis, lho apa yang akan di dapatkan oleh pengunjung? Masih mending kalau jarang menulis (jarang update) jika blog Anda telah memiliki konten konten abadi dan halaman anda sudah memiliki branding.

Jika tidak? Aneh bin ajaib dong.

Mulailah menulis dari hal hal sederhana, walaupun Anda berfikir itu sudah terlalu umum namun percayalah akan banyak sekali orang masih membutuhkannya. Jika bisa ya buatlah konten abadi konten yang tetap akan di baca oleh orang sepanjang masa. 

Meskipun kita tidak terlalu yakin sampai kapan konten tulisan akan bertahan di tengah gempuran persaingan yang semakin ketat dan kemajuan teknologi, namun paling tidak sebelum segalanya berubah kita telah melakukan sesuatu daripada tidak berbuat apa apa sama sekali.

Dan ingat kata pujangga: 'Menulis adalah pekerjaan untuk keabadian'

MENULIS (BLOGGING) SEBAGAI PEKERJAAN DAN MENJADIKANNYA PENGHASILAN


Dan menjadikan blogging sebagai pekerjaan bukanlah hal yang mustahil. Caranya:
  • Buat halaman blog
  • Buat konten tulisan  dan gambar menarik dan berkualitas (tulisan dan gambar)
  • Pelajari dan tingkatkan SEO halaman blog
  • Promosikan di media sosial, teman atau di forum dan grup online mendukung.
  • Kirim ke webmaster tool Google
  • Monetisi dan atau konversikan blog menjadi usaha (bisa jualan, jasa, dll)
Semua langkah diatas dapat kita lakukan dengan mudah tapi ingat hal terakhir butuh perjuangan dan pengorbanan waktu yang berisi kesabaran. Jika memang blogging bukan sekedar hobi ya harus di konversikan menjadi usaha yang nyata agar dia dapat mendatangkan penghasilan. Masih banyak disana contoh contoh sukses seorang blogger yang menghasilkan Jutaan rupiah setiap harinya...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
I want go anyway, but so manything still leave behind.

2 komentar

  1. aku adalah golongan yg ngeblog karena hobi 😄, kalo mau ya nulis kalo gak mau ya cuma baca2 blog nya orang.
    1. kereeeen, sama kami juga demikian. Salam kenal
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain