EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

AKURATKAH TOOL SEO ONLINE HALAMAN SELAIN TOOL GOOGLE?

Avatar Menulis:
Moz, Ahrefs, Semrush dkk adalah tool metriks SEO paling populer setelah pagerank milik Google tiba tiba dihentikan pada tahun 2016 yang lalu. Google sepenuhnya menghentikan penggunaan PageRank. Dilansir dari Ahrefs, saat itu juru bicara dari Google mengatakan bahwa skor PageRank kurang berguna karena perkembangan internet yang menjadi lebih rumit dan lebih kompleks.

semrush vs ahrefs vs moz

Jadi mereka menganggapnya kurang berguna, padahal Google adalah penguasa algoritma paling rumit dan paling cerdas di dunia, yang paling maha tahu seluk beluk SEO website, lalu mengapa MOZ, Ahrefs, Semrush dkk melanjutkannya? Karena bisnis ini tetap menarik! Moz di karenakan oleh itu telah bekerja keras (dan kita harus menghargainya) untuk menjadikan metriksnya menjadi seakurat mungkin, itu sungguh bukan pekerjaan yang mudah. Akan tetapi ia tetap saja bukan Google yang memiliki keputusan terakhir untuk menilai baik dan buruknya sebuah halaman.

Semua tool SEO diatas memiliki popularitas, akan tetapi boleh dikatakan ia tidak ada sangkut pautnya dengan Google seperti yang masih disangkakan oleh sebagian orang.

Moz vs Semrush: Domain Authority vs Authority Score

Yang menjadi pertanyaan besar saya (sampai nanya ke quora) apa bedanya tool pemeringkat MOZ dengan Semrush? Mengapa kedua tool ini memiliki hasil pemeringkatan yang berbeda? Apakah matode mereka memang berbeda, lalu yang mana harus menjadi patokan. Contoh pada pengujian halaman editblogtema.net pada laman MOZ skor DA adalah 11, namun pada saat angka sebelas itu di klik, halaman akan teralih ke halaman Semrush dan skor Authority editblogtema.net (bukan editblogtema.com yang sekarang) justeru skornya adalah 19(?) 
moz vs semrush

Karena panasaran saya memeriksa halaman web orang lain dengan backlink backlink yang baru di tambahkan, pada halaman MOZ skor DA-nya melebihi nilai 50 namun pada saat angka limapuluh saya klik skor Authoritynya justeru hanya 12?

Memang semenjak Google menghentikan metriks SEO Pagerank, MOZ segera mengisinya, namun akurasinya tentu saja bukan standar Google. Ia hanya menjawab kebutuhan para websider untuk melihat ranking halaman yang dapat di percaya sebagai pertunjukan usaha meraih kepercayaan. Terutama terkait bisnis. Disinilah ironinya, halaman yang mungkin baik dimata google bisa saja jelek di mata klien karena mereka percaya pada pemeringkatan tool MOZ.

Harus di ingat juga banyak rahasia Google yang MOZ, Ahrefs dan Semrush samasekali tidak mengetahuinya, kebanyakan rahasia SEO halaman web tetap menjadi rahasia dapur Google sang penguasa dunia online saat ini. Kadang mereka juga kalang kabut melakukan update ketika algoritma Google tiba tiba berubah...

Kami (tim kami) belum mendapatkan jawaban yang tepat untuk hal yang satu ini, yakni mengapa kedua tool SEO ini memberikan skor dengan cara berbeda. Namun pertanyaan telah saya ajukan di Quora, Yahoo Answer, Stack Overflow dll.  Jika telah mendapatkannya akan aya tambahkan kembali ke dalam artikel ini..

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
AKURATKAH TOOL SEO ONLINE HALAMAN SELAIN TOOL GOOGLE?

2 komentar

  1. Aku juga suka iseng berkunjung ke Moz buat ngintip da pa.
    Tapi ya cuma sebatas iseng ngintip skor doang karena fungsi persisnya buat apa aku ngga paham 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat melihat ranking halaman apa sudah sama dengan gugel ...:D

      Hapus

Tinggalkan Komentar Anda:

kembali ke atas