Cara menghapus Javascript yang tidak digunakan dari dalam template blogspot

Tidak fair rasanya jika tidak berbagi hal ini, namun saya ingin menyederhanakan masalah, apakah Kalian bersedia menggunakan halaman sederhana? Seharusnya tidak masalah jika mengacu pada peringatan google perihal elemen halaman suatu website: Kecepatan akan menjadi sinyal penting bagi mesin pencari, terutama setelah memasuki bulan may 2021 nanti Data Web Inti atau Web Vitals Core benar benar akan menjadi sinyal utama kepada mesin pencari.

gambar data web inti halaman blog di webmaster tool

Ibaratnya nanti dengan memiliki hal itu, halaman blog kita akan berkata keras kepada mesin pencari:

"Hai, Ini Gue"

Dan mesin pencari akan menoleh kepada kita dan berkata:

"Oh itu lu, mari gue pegang tangan lu biar gue antar ke atas sana"

Sederhana sekali bukan?

Semua orang ingin menuju ke pemeringkatan tinggi. Sementara yang tidak memiliki tiket ini tidak bisa berkata apa apa selain menunggu giliran yang datangnya entah kapan. Ktia lihat saja tanggal mainnya, namun yang jelas sebelum itu di tahun tahun Google telah memberikan warning pinalti antara lain:
  • Pengindexan oleh mesin pencari hanya akan di utamakan untuk halaman web mobile, dalam beberapa kesempatan jika Kita sering masuk ke Google search tool telah terdapat notifikasi, bahwa prioritas halaman mobile akan di dahulukan dan halaman yang tidak responsif dan mobile akan di tinggalkan alias di abaikan.
  • Pemeringkatan juga hanya akan di utamakan untuk halaman halaman mobile.
  • Saran wajib agar memperhatikan kecepatan loading halaman dan kecepatan adalah sinyal kuat bagi mesin pencari untuk menempatkan halaman ke dalam pemeringkatan.
  • Data web Inti tiba tiba menjadi populer akhir akhir ini.
Data Web Inti, dan hari ini itu hanyalah dianggap sebagai penyempurnaan akan tetapi sudah terlihat gelagatnya: Data web Inti erat kaitannya dengan cara blogging modern.

Pada dasarnya Data Web Inti mengklasifikasikan kecepatan dengan tiga kategori
  • URL Buruk dengan warna merah
  • URL Sedang dengan warna oranye
  • URL Bai dengan warna hijau
Dan ini masih berlaku buat pengukuran kecepatan halaman mobile maupun pengukuran kecepatan halaman desktop. Namun halaman mobile di dahulukan (Saya curiga pada akhirnya pengukuran halamann desktop akan di tiadakan)

Untuk membuat template cepat sederhananya bisa seperti berikut:
  • Gunakan template sederhana, atau template bawaan blogger terbaru seperti contempo, emporio, soho dan notable. Sederhana berarti tidak menggunakan widget berlebihan, tidak menggunakan warna jreng berlebihan, tidak memasang script terlalu banyak. Sederhana jelas ringan. Google dan mesin pencarinya sangat menyukainya. Zaman sekarang template berhias hias boleh dikatakan tidak banyak lagi manfaatnya.
  • Gunakan gambar ringan, konversikan saja ukurannya menjadi 500x276 px (=37.2kb) misalnya. Robah formatnya menjadi JPG atau lebih baik lagi jika WEBP.
  • Hapus Javascript yang tidak di gunakan.
Nah kita membahas poin terakhir saja: Cara menghapus Javascript yang tidak di gunakan. Ini biasanya sering di ajukan melalui saran oleh halaman penguji kecepatan PageSpeed. Namun kode nya sendiri tidak kelihatan bagaimana mau menghapusnya? Kode tersebut biasanya di tulis pada tool pengukur kecepatan Pagespeed selalu terdapat catatan: Buang javascript yang tidak terpakai dan di beri contoh kode sbb:

Dimanapun Anda mencari kode tersebut di dalam template tidak akan nemu karena itu adalah terkait dengan kebijakan cache google. Cara membuangnya (sepertinya masih berlaku) adalah hapus kode tag penutup </body> dan lalu ganti dengan kode berikut:

&lt;!--</body>--&gt;<script>document.write="&lt;/bo"+"dy&gt;";</script>

lalu SAVE template. Cara ini effektif namun ada peringatan dari kami.

Peringatan: mengganti kode </body> dengan kode di atas dapat berakibat kehilangan fungsi tombol REPLY komentar. Jujur saja saya belum menemukan cara mengatasinya. Jika kalian merasa keberatan, hapus kembali kode tersebut dan ganti dengan </body> kembali.

Jadi biasanya pengguna akan merobah opsi komentar dengan opsi Disqus ketimbang mempergunakan sistem komentar blogspot default. Namun jika ingin mengembalikan fitur reply hapus saja kembali &lt;!--</body>--&gt; dan document.write="&lt;/bo"+"dy&gt;";</script> pada tag penutup </body> di atas tadi. 

Kita bisa mengganti form komentar dengan sistem komentar disqus jika diperlukan.

Kita juga dapat menemukan problem yang sama pada template template blogger blogspot AMP yang di buat dengan opsi komentar pihak ketiga Disqus ketimbang opsi komentar default (bawaan) blogger. kebetulan saya juga sedang membuat template AMP untuk dipergunakan pada halaman blog percobaan, jika sukses dan terbukti valid pasti akan saya bagikan.

Bagaimanapun opsi di atas hanyalah pilihan, bukan?

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak