EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

DAMPAK JANGKA PENDEK PENGALIHAN EKSTENSI DOMAIN BAGI HALAMAN BLOG: HORROR

AvatarOleh:
Kalau Anda teliti Anda akan segera tahu kalau domain editblogtema telah berganti dari .net ke .com. Pertimbangan merobahnya sebenarnya tidak diperlukan sama sekali .net dan .com keduanya adalah domain yang kami beli dari Google domain. Namun dampaknya tentu saja terjadi setelah domain beralih.

pindah domain itu horor
pindah domain itu horor

Bukan berarti kami tidak tahu bahwa penyesalan selalu datangnya terlambat. Namun alasan untuk mengganti nama ekstensi domain lebih mendesak. 

Sekali lagi ya,  perlu di catat peralihan domain ini bukan dari subdomain ke TLD,  tapi dari TLD lama ke TLD baru atau TLD satu ke TLD yang lain. Dan halaman yang dipergunakan (di kustom domainnya)  adalah platform Blogger alias Blogspot. 

Tidak fair jika tidak membagikannya agar semuanya tahu: Akibat pindah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Walaupun semua konten editblogtema.net otomatis menjadi konten editblogtema.com, namun ternyata peralihan mendatangkan 'bencana' dimana jeda waktu peralihan tersebut mengakibatkan kebingunan robot txt  dan apalagi pengguna mengklik link 'kosong' ini baru pulih setelah 24 jam. Namun setelah itu pada tool SEO terdapat warning peralihan yang mengurangi perfoma halaman blog selama berhari hari ata bahkan berminggu minggu. Namun siapa perduli dengan tool Semrush, Moz dan Ahrefs? Yang penting Google menjamin semuanya baik baik saja.
  2. Ketika di ketikan pencarian editblogtema di Google, seluruh kotak penelusuran sitelink 'lenyap' alias runtuh sehingga butuh beberapa hari baru muncul halaman editblogtema.com menggantikan editblogtema.net. Memang demikian tentu setiap perubahan, transisi, peralihan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, jadi harus bersabar.
  3. Tool tool SEO mencatat domain editblogtema.com (dengan ekstensi .com) baru berumur 2 hari, seharusnya jika mengikuti domain editblogtema.net (dengan ekstensi .net) halaman ini telah berusia 2 tahun delapan bulan. Skor Semrush Authority yang tadinya 19 kini jadi NOL! Alexa yang tadinya bertengger di ranking 400-500 kini jadi 3 jutaan! Pokoknya hancur deh.
  4. Pada halaman Google Webmaster, tidak lagi tercatat pada Data Web inti.
  5. Seluruh performa seperti SEO on page dan SEO off page lenyap!
  6. Eksternal Link ke beberapa  halaman error atau lenyap. Demikian juga Internal link
  7. Backlink kembali dihitung dari nol lagi walau perlahan lahan mesin penelusur menemukan benang merahnya kembali.
  8. Link 404 error.
  9. Trafik pengunjung menurun drastis!
Dampaknya terhadap SEO memang sangat buruk. Saya menyadari risiko risiko tersebut diatas jauh jauh hari, akan tetapi apa boleh buat rencana harus diterapkan, namun di balik kiamat di atas ada beberapa poin penting yang bagi kami, justeru menguntungkan, diantaranya:
  1. Karena dianggap domain baru, halaman editblogtema.com di beri kesempatan memasang adsense dengan akun baru (tim kami masih mempertimbangkannya), alih alih akun lama yang banyak masalah.
  2. Beberapa Error kritis eksternal dan internal lenyap bersama lenyapnya fitur fitur lama yang sebenarnya sangat memusingkan kepala karena tidak bertemu troubleshootingnya.
  3. Jadi banyak mengerti seluk beluk domain Google termasuk cara setting dan cara kustomnya.
  4. Jadi bertambah pengertian cara kerja SEO off page terhadap halaman blog.
  5. Jadi mengerti betapa tidak konsistennya tool tool SEO online di luar google dalam memberikan ranking terhadap suatu halaman web. Mereka tidak pernah sepakat satu sama lain dan menggunakan standar berbeda dan Google tetaplah pemilik keputusan terakhir.
  6. Jadi fokus kepada Core Web inti, bagaimana merombak halaman agar menjadi semakin mobile.
Ada banyak lagi hal yang mungkin lupa saya sampaikan karena keterbatasan waktu dan akan saya tambahkan kembali ke dalam tulisan ini pada lain kesemptan, namun pada intinya segala perubahan pasti akan mendatangkan dampak dan risiko, ada hal yang memang perlu di robah ada juga yang tidak perlu, jadi bijaklah karena setiap hal pasti ada harganya. Hanya lakukan jika ia memang benar benar penting sekali.

Baca juga: 

CARA MENGGUNAKAN PENGATURAN BLOGGER GOOGLE DOMAIN UNTUK HALAMAN BLOGGER BLOGSPOT


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
DAMPAK JANGKA PENDEK PENGALIHAN EKSTENSI DOMAIN BAGI HALAMAN BLOG: HORROR

5 komentar


  1. Wah serem juga ya, tapi aku mau ganti juga :v

    BalasHapus
  2. oh...baru tahu dampaknya....
    Thank you for sharing

    BalasHapus
  3. dampaknya besar juga ya mas, pengalaman berharga nih buat yang ingin ganti domain, jadi setidaknya ada pertimbangan sebelum mengganti domain

    BalasHapus
  4. horor banget ya dampaknya, bener-bener harus mikir ribuan kali kalau emang bener-bener pengen ganti. tentunya harus ada alasan yang kuat juga.

    BalasHapus
  5. betul sekali, makanya ampe skrg saya msh betah di domain gratisan, hehe...

    BalasHapus

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas