Cara menggunakan pengaturan Blogger Google Domain untuk halaman Blogger Blogspot

Google Domain

Jujur saja, kebanyakan tutorial pengaturan domain TLD paling banyak di tulis pengaturan di luar domain google. Jika Anda mengetikan queri atau kunci kata 'cara mengalihkan URL domain lama ke domain baru' yang muncul adalah postingan dari wordpress perihal pengaturan domain di Rumah Web.

Lalu bagaimana jika ekstensi domain itu di beli melalui Google langsung? Mau tidak mau Anda harus mencari link Google Domain dan mempelajarinya. Dan ternyata itu mudah saja, Silahkan masuk ke:


Sudah? Anda harus masuk menggunakan akun (email) google. Jika belum membeli domain maka akan muncul form registrasi, namun jika sudah maka akan muncul semacam dasbor pengaturan domain milik Anda sendiri, contohnya kami memiliki 2 Domain utama dengan nama yang sama namun dengan ekstensi yang berbeda:
  1. editblogtema.com
  2. editblogtema.net

CARA MENGALIHKAN URL DOMAIN LAMA BLOGGER KE DOMAIN BARU

Berhubung sekarang kami pindah dari editblogtema.net ke editblogtema.com dan sedang melakukan pengalihan seluruh URL, laman ini sedang jatuh total! Ranking langsung jatuh ke NOL. No worry, kami punya target lain yang harus kami lakukan dan sedang mencoba melakukan pengalihan.

Sesungguhnya di bandingkan dengan pengaturan melalui provider lain, halaman dasbor Google Domain terbilang sangat sederhana dan mudah di mengerti, tidak ribet. Tampilannya begini:

tampilan beranda Google domain
Tampilan beranda Google domain

Karena kami ingin agar semua URL domain editblogtema.net (dengan ekstensi .net) di alihkan ke ekstensi domain baru editblogtema.com (dengan ekstensi .com) maka Kami memilih editblogtema.net dan mengklik 'Manage' pada ujung tabel. Jadi pada kasus kami tidak merobah nama blog, hanya ekstensi domain dari .net ke .com saja.

Ketika pengaturan domain editblogtema.net terbuka dengan tampilan berikut:

memanage salah satu domain

Untuk memindahkan URL lama ke domain baru Anda harus mengklik DNS pada menu samping kiri halaman, tampilannya adalah sebagai berikut:

mengarahkan URL domain Google lama ke domain baru
Nah disini kuncinya scroll halaman kanan dari atas ke bawah hingga bertemu dengan menu 'Domain Forwarding' setelah bertemu dengan kolom berisi menu: 
  1. Subdomain forward (kami garis kotak pada gambar), robah subdomain dengan alamat subdomain blogspot, contoh: www.editblogtema.blogspot.com. 
  2. Lalu Anda melihat editblogtema.net. Ini tidak bisa di robah. 
  3. Lalu robah Destination URL dengan alamat domain baru Anda. Misalnya kami merobanya menjadi www.editblogtema.com.
Save halaman.

Tunggu beberapa jam hingga halaman selesai di proses di sisi server Google. Kami hanya menunggu hingga 2 jam.

Apakah ini akan bekerja jika URL halaman domain lama di arahkan ke blog baru dengan nama yang berbeda? Jawabannya tentu saja bisa. Dan caranya adalah seperti yang telah kami tunjukan di atas.

Mengapa kami menggunakan Google Domain?

Kami telah menggunakan jasa Domain GoDaddy dan beberapa vendor lokal, namun domain yang paling terintegrasi langsung ke halaman blogspot adalah Domain Google.
  1. Keamanan lebih kuat
  2. Server lebih kuat dan stabil
  3. Harga juga tidak mahal
  4. Sistem pembayaran dengan opsi yang lebih banyak
  5. Pengaturan lebih sederhana, bagi pemula tidak perlu terlalu banyak memasukan kode kode ribet. Semuanya telah di sederhanakan.
  6. Antar muka sederhana.
  7. Komunitas global
  8. Pusat bantuan tersedia 24 jam.
  9. Dan masih banyak lagi.
Baca:

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

4 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Google domain lebih simpel ya pengaturan domainnya. Jadinya lebih mudah di pelajari.

    Aku dulu pernah beli domain di namecheap. Bayarnya pakai dolar itu yang bikin ribet kalo mau perpanjang, harus cari yang jual dolar, rata-rata harganya mahal 20k. Setahun $12, berarti 240k, berat menurutku apalagi kalo hasil blognya sedikit.

    BalasHapus

  2. Simple dan juga mudah dipahami yaa mas Google Domain ini harganya pun terjangkau..😊😊

    Seperti contoh diatas pemindahan domain .Net ke . com caranya pun nggak bikin kepala pusing harga masih katagori terjangkau..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya adedansasa.com menggunakan jasa GoDaddy, lebih ribet terutama jika ada error. Kalau google tinggal kirim laporan biasanya mereka langsung balas, dan memberikan petunjuk melaui klik ini, klik ini. Beres. Gak perlu jasa ahli.

      Wajar tool mereka yang yang paling canggih pada saat ini.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak