Berbahaya! Media media sosial mulai menyediakan platform blogging dan vlogging

segalanya merambah menjadi platform blog

Wah tambah berat kayaknya nih saingan para blogger di zaman now.  Iya karena blogging itu sendiri sudah bukan menjadi hal baru lagi, boleh dikatakan ia telah datang sejak zaman old. Sudah banyak orang melakoninya bahkan ada yang sepenuh jiwa dan raga, Lol.

Apapun yang namanya medsos pada hari ini memiliki semua cakupan diluar fungsi utama yang awalnya hanya bercuap cuap ria, dan kini Anda sebagai websider atau Blogger akan mengernyitkan kening mendapati kenyataan misalnya begini:
  1. kalau Anda teliti Facebook memiliki kavling untuk menulis cerita panjang seperti cerpen, berita, teknik, blogging dll
  2. Facebook memiliki kanal gambar dan video yang semakin di sukai oleh mesin penelusur. Orang FB juga memiliki search engine sendiri, dan bisa dimanfaatkan oleh para pembuat konten gambar dan video.
  3. Facebook memiliki marketplace tempat bisnis, jual beli kecil kecilan dst
  4. Facebook memiliki halaman untuk segala hal yang netizen inginkan
  5. Facebook juga membayar penulis dan pembuat konten video yang memenuhi syarat (trafik tinggi, konten berkualitas dan di sukai ramai).
Tinggal bagaimana cara mengelolanya. Dan disana memang memiliki banyak sekali keunggulan:
  1. Memiliki algoritma mesin penelusur sendiri. Bahkan artikel sama yang Anda tulis di halaman Blogger dan halaman Facebook sekaligus akan terlihat jauh beda pencapaian targetnya: Yang ditulis di facebook tayangannya jadi lebih tinggi, lebih cepat populer.
  2. Di facebook kita memiliki banyak pertemanan yang membantu meningkatkan jumlah trafik sekaligus pengunjung organik. Lebih mungkin di sebarkan secara berantai.
  3. Bahkan Facebook juga memonetisi tulisan dan tayangan video melalui tayangan pengiklanan tertentu.
Keren bukan?

Itu baru facebook, Instagram bahkan memungkinkan Anda menjadi selebriti lain di dunia ini. Dan membuat Anda memiliki kemungkinan menjadi setara para artis dan tokoh tokoh besar lainnya. Ketika setiap tulisan dan postingan menjadi viral terkait banyaknya pengikut organik yang Anda miliki. Itu baru instagram. Twitter, Tumblair dan bahkan aplikasi chat seperti whatsapp membuka peluang seperti itu. Saya memiliki beberapa kenalan yang masih remaja juga, memiliki akun di FB dan IG dan menghasilkan uang lebih besar daripada di Blogger.

Lalu ada medium tempat blogging yang benar benar bisa menghasilkan uang. Kini hampir segalanya para platform yang tadinya demikian khusus merambah dan ke arah kita mengaburkan batasan yang dulu jelas: Media sosial dan webside/Blogger.

Jadi itu tantangan Blogger bukan? Dan itu menambah berat beban persaingan, mana lagi blogging di blogspot juga sudah penuh sesak alias berjubel maklum ia juga adalah sebuah platform yang sudah tidak muda lagi. Tinggal usaha keras tidak kenal lelah untuk menjadi yang terbaik.

Ada banyak cara menulis di Facebok, bisa melalui feed biasa, bisa melalui membuat halaman (Page), bisa membuat cerita pendek, dan kalau soal bisnis jujur saja blogger tidak punya kans mengalahkan para penulis di facebook yang memiliki halaman (page). Soalnya pasar blogger beda sekali dengan pasar Facebook yang sangat jelas melabeli segala hal sehingga target pemasaran mereka memang efektip menjangkau sasaran.

Wow, belum habis para blogger teriak perihal Tribun yang mengambil semua kavling blogger di Facebook ternyata mereka lupa Facebook itu sendiri sudah menjadi lebih berbahaya daripada Tribun itu.

Jangan lupa, yang hobi buat video di platform lain juga akan menjadi target sasaran berikutnya...memang, karena sekarang ramai ramai platform medsos menyediakan ruang menulis bagi para penggunanya...

Akan tetapi perlu di ingat masing masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing juga, misalnya menulis dan membuat konten di platform blogger memiliki kelebihan berikut:
  • Lebih mudah di monetisi, memiliki peluang bisnis
  • Lebih mudah di kustomisasi. 
  • Tampilannya personal dan halaman benar benar menjadi milik sendiri (terutama yang premium). Pengunjung melihat tampilan dan merasakan pengalaman yang berbeda sesuai dengan yang kita inginkan. Medsos pada umumnya masih tidak, belum tahu kalau kelak bisa.
  • Bisa berkembang menjadi media besar milik sendiri. Hal yang tidak akan terjadi pada saat menggunakan platform medsos dan lainnya.
  • Sistem keamanan lebih sederhana dan update (pembaruan) platform juga terus berjalan.
Adapun  kelebihan menulis dan membuat konten di platform medsos buat menulis adalah:
  • Bisa di monetisi walau lebih berat peryaratannya
  • Mudah mendapatkan trafik tinggi ya jelas karena disamping memiliki pengaturan pertemanan, sistem juga terbuka buat publik
  • Secara personal pemilik dapat berbisnis di lingkungan platform sebesar FB, IG dan Twitter.
  • Medsos seperti FB, IG dan Twitter adalah penguasa pasar online besar yang telah memakan lebih seperempat populasi penduduk real dunia.
  • Update peningkatan dan sistem keamanan lebih cepat
Well well, tapi selalu ada celah untuk sukses di blogger. Namun ingat Anda harus bekerja lebih keras!

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

4 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

  1. Semenjak blogspot upadate, semangat menulis jadi sedikit berkurang
    Terlalu rumit toolsnya, belum lagi penampakan HTML posting yang tampak acakadul
    Sehingga menulis semakin memakan waktu lama
    Persaingan semakin ketat, media sosial juga semakin menggerus lahan blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update sangat penting blogspot termasuk jarang sekali update. Bahkan WP paling rajin update.

      Update blogspot terakhir adalah 2020 membawa perubahan antar muka dasbor blogger yang sangat mobile friendly.

      Hapus
  2. haha memang kalo dilihat Facebook ini terlalu serakah, ingin diraup semuanya sama dia. makanya banyak juga temen saya yang pensiun maen Facebook soalnya udah out of the box

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebalik, lebih banyak yang mencoba peruntungan ke FB :)

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak