Pilih laptop atau tablet? Inilah 8 alasan mengapa tablet itu lebih baik

AvatarOleh:
tablet buat bekerja dan berproduksi

Zaman sudah berubah, benar benar berubah. Dulu ketika ingin memiliki laptop tidak kesampaian rasanya kecewa sekali. Buat menulis, buat bekerja. Mengapa tidak? Pada laptop ada terdapat aplikasi aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office, aplikasi pengedit gambar dan video browser untuk berinternet ria. Jadi jika punya laptop saya tidak perlu pergi ke warnet lagi. 

Siapa menyangka setelah teman teman melewati masa kuliah warnet hancur karena kemajuan zaman, gadget gadget genggam bermunculan. Namun niat menulis tidak pernah luntur. Dan gadget mobile yang paling mirip laptop atau netbook itu adalah Tablet!

Apalagi di zaman online dan dipicu oleh covid 19 orang orang mulai mencari perangkat alternatif agar bisa terhubung ke dunia online dengan berbagai kepentingan: Mulai dari belanja online, kursus, pendidikan, urusan keuangan, pajak dll.

Ya, zaman sudah berubah, inilah 8 alasan mengapa tablet lebih memudahkan para penulis seperti websider/Blogger dalam melakukan segala hal terkait pekerjaan:

1. Tablet bisa dilengkapi dengan keyboard dan mouse.

Jangan kata kelebihan layar sentuhnya, layar sentuh bisa di jadikan navigasi pengganti mouse dengan efektif, namun tablet sekarang bahkan sudah banyak di jual dengan keyboard dan mouse sekaligus buat melakukan pengetikan dengan presisi tinggi dan lembut. Lagi pula teknologinya membuat ia begitu akurat, nyaman dalam mempercepat pengetikan. Ini benar benar telah mendukung produktivitas pemiliknya.

tablet samsung dengan keyboard bawaannya

Saya memiliki satu dan sudah tidak terhitung berapa banyak menghasilkan konten tulisan dan gambar hasil editan melaluinya. Juga sudah menghasilkan uang.

Pengalaman mengetik melalui tablet tidak kalah dengan dengan mengetik melalui laptop, bahkan tidak terbatas hanya dilakukan di atas meja, dapat dilakukan sambil memeganginya dan merobah opsi pengetikan melalui keyboard layar sentuh. Ukurannya yang mobile, layarnya yang super jernih kaya akan warna membuat mata tidak cepat lelah. Walau kini telah memiliki laptop, sebagian besar pekerjaan ringan saya lakukan melalui tablet dengan keyboard.

Tablet tablet dengan kelengkapan keyboard yang sangat baik adalah: iPad pro, Microsof surface, Samsung Galaxy Tab dan mungkin juga Google Pixel slate. Tablet teablet ini memang premium, akan tetapi ada alternatif membeli bekasnya di pasar dengan harga yang jauh lebih murah dan miring. Saya membeli Tab S2 bekas seharga 2 jutaan. Kondisi masih sangat bagus dan mendapatkan garansi toko juga selama satu bulan.

2. Tablet memiliki kamera dengan resolusi tinggi

Hari ini tablet telah di lengkapi dengan kamera super. Kamera berguna untuk pengambilan gambar, terutama bagi para blogger travelling. Gambar dengan kualitas tinggi di hasilkan oleh bukan hanya tablet premium tapi juga oleh tablet tablet murah seperti Huawei, Xiomi, dan Lenovo.

take a pic with tablet

Sudut lebar pengambilan gambar memiliki kelebihan tersendiri di banding dengan sudut layar sempit gadget genggam hape dan kelebihan kamera tablet ini jarang di manfaatkan oleh para penulis. Gambar terasa lega lebih memiliki detail.

3. Menulis melalui Tablet dapat mewakili laptop dan Hape ponsel sekaligus

Menggunakan tablet dapat mewakili pengalaman menulis melalui laptop namun juga menulis melalui mobile (perangkat ponsel) sekaligus. Dengan tablet saya biasanya dapat mengatur tampilan media screen suatu desain template. Misalnya jika ingin melihat ia tampil rasa desktop (laptop) kita dapat merobah posisi tablet menjadi landscape. Sebaiknya jika ingin melihat bagaimana tampilan halaman pada saat di lihat dari perangkat ponsel, saya robah posisinya menjadi portrait
landscape vs porrait
Bahkan iPad memiliki sistem operasi yang berada di atara sistem operasi iPhone dengan Macbook. Sebuah iPad dapat menjalankan aplikasi dan sistem tertentu iPad dan juga dapat menjalankan aplikasi iPhone seperti game dll.

Android pada Tablet dan ponsel juga memiliki sedikit perbedaan, misalnya beberapa aplikasi yang kompatibel di Ponsel Android belum tentu berjalan baik di layar tablet. Karena tablet memang mewakili layar besar seperti laptop sedangkan ponsel mewakili segala hal yang benar benar bersifat mobile.

4. Bermain game mobile, chatting dan menelpon lebih mungkin memberikan pengalaman mobile dan tidak mungkin melalui laptop.

Setelah bekerja kita dapat istirihat dan melipat keyboard lalu memasang headset untuk menelpon keluarga, atau bermain game

tablet buat main game dan fun
Menelpon masih bisa melalui tablet dengan kualitas suara bagus bahkan terkadang lebih bagus daripada ponsel. Main gambe juga terasa lebih asik jika menggunakan tablet, game terasa hidup karena perangkat masih terbilang mobile. Mendownloadnya juga gampang dan aman sekali melalui Play store atau App Store. Tidak seperti PC yang harus mencari melalui browsing dan kadang banyak sekali rambu rambu iklan yang menyesatkan.

Resolusi layar tablet umumnya lebih rapat daripada PC laptop sehingga benar benar memanjakan mata. 

5. Tablet memiliki hampir semua aplikasi produktivitas yang ada di laptop, sebagian besar 100% gratis, tablet nyaris bebas aplikasi bajakan.

Kalau pasang Ms. Office di laptop jangan tanya harganya, adapun yang murah pasti versinya rendah dan fiturnya di pangkas. Bisa memilikinya dengan cara memasang software bajakan, tapi sama saja dengan dosa. Belum terhitung risiko keamanannya terhadap perangkat PC baik dekstop maupun laptop kita. 

tablet memiliki hampir semua aplikasi laptop


Jadi memiliki laptop itu bagi yang modal pas pasan berarti harus banyak memasang software dan aplikasi gratis atau bajakan. Sedangkan jika menggunakan tablet tidak demikian halnya. Semua aplikasi yang terpasang di laptop itu dapat di cari dan di download di Play store dengan pilihan yang sangat banyak. Misalnya kita dapat memasang Ms. Office terdiri dari Ms. Excel, Ms. Word, Ms. Presentation, Ms. Outlook dll. Semuanya gratis karena Microsoft menarik bayaran jika aplikasi premium mereka tersebut di pergunakan di layar dengan ukuran di atas 10 inchi ke atas, sedangkan tablet 10 inchi ke bawah tidak akan di kenakan kewajiban membayar.

Dengan memiliki Ms. Office kita dapat bekerja dan berproduktivitas seperti layaknya menggunakan sebuah PC dekstop dan laptop.

6 Tablet itu memiliki simcard telefoni dan jaringannya sederhana dan lagi cepat.

Laptop tidak memiliki slot kartu telepon (simcard) yang dapat di sambungkan langsung ke inernet. Namun Tablet layaknya sebuah telepon memilikinya. Ini memudahkan kita terhubung ke internet kapan saja dan dimana saja. Sedangkan laptop membutuhkan sambungan jaringan wifi baik kabel LAN maupun Wi Fi.

tablet dapat dipasang simcard untuk internet

Disamping itu sebuah tablet terkesan lebih cepat mengolah data ketimbang laptop ini disebabkan oleh kompresinya yang tinggi.

Dengan sistem jaringan mobile demikian pengguna dapat menggunakan tablet dimana saja mereka berada dan tetap terhubung ke internet. Dan biarpun telah dilengkapi dengan fitur telefoni buat internetan tablet tetap memiliki fitur wi fi untuk tersambung lebih jauh ke dunia internet.

7. Tablet itu jauh lebih mobile daripada laptop

  • Karena fisiknya yang tipis, ia bisa dimasukan ke dalam tas tanpa banyak memakan ruang dan dapat di bawa kemana mana
  • Karena kelengkapan kameranya lebih baik daripada laptop dan lebih mudah di pergunakan
  • Karena ia memiliki fitur telefoni, sambungan internet instan layaknya telepon genggam.
  • Karena ia memiliki aplikasi aplikasi mobile yang tidak terdapat pada laptop dan PC dekstop
traveling dengan tablet
  • Beberapa model tablet telah di rancang tahan air dan cuaca
  • Dengan tablet lebih mudah melakukan komunikasi telefoni jika keadaan darurat
  • Karena tablet memang bisa dipakai buat bekerja dan berproduktivitas
  • Karena tablet lebih bisa di buat bersenang senang buat chatting dengan teman teman, main game dll.
  • Dan masih banyak lagi

8. Tablet itu Zaman now sedangkan laptop berasal dari zaman old

Tablet datang di zaman sesudah laptop. Hal baru biasanya lambat laun akan menggantikan hal lama. Sama juga dengan blogging HTML klasik seperti kami di banding dengan blogging AMP zaman next.

old vs new
Banyak yang tidak sependapat bukan? tapi coba pikirkan, apa sih yang tidak berubah? Buktinya mana model setrika nenek zaman dulu yang masih dipakai secara luas di zaman now? Atau siapa lagi yang mau buka usaha warnet? Bukan hanya laptop, zaman tablet model kini juga pasti akan berakhir dalam beberapa generasi mendatang. 

Tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri kata Albert Einstein.

Penutup

Tablet juga banyak modelnya, walaupun platform utamanya hanya dua yakni iPadOS dan Android, namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah banyak lagi kedepannya terutama jika mengingat huawei yang telah mencoba membuat OS mereka sendiri.

Tablet juga bertambah tipis dan berkurang bezelnya sehingga layarnya semakin lega. Sedikit banyak perkembangan teknologi tablet inilah yang memaksa laptop berevolusi menjadi semakin tipis. 

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

4 Komentar untuk "Pilih laptop atau tablet? Inilah 8 alasan mengapa tablet itu lebih baik"

  1. memang banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh tablet, seperti yang dijelaskan di atas

    tapi kalo buat seorang pekerja kantoran, laptop menurut saya adalah keharusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kantor besar menggunakan tablet surface saat melakukan pekerjaan

      Hapus
  2. laptop sih :> karena menurut aku ngedit nya lebih mudah dengan laptop.Dan gak suka typo pas nulis.
    laptop sekarang lebih praktis.

    Tapi kalau untuk urusan gambar,...kayak nya pake mobile aja sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nayla, saya punya koleksi laptop dari HP, hingga macbook, tetapi jujur saja dalam bekerja sekarang saya lebih banyak menggunakan tablet. Itu tadi karena praktis dan mobile.

      Lebih 70% template yang kami buat jauh lebih baik hasilnya ketika di buat menggunakan tablet premium ketimbang laptop. Mungkin karena sudah terbiasa saja.

      Dan beberapa pekerjaan front end dan framework kami lakukan hampir 100% via tablet.

      Hapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel