Inilah 5 Blogger masa lalu yang blogging ketika usia Mereka masih SMP

Tidak semua usaha, hobi dan atau passion berhasil dengan mulus kita lakoni. Kadang sesuatu berjalan lancar, kadang mendapatkan tantangan yang menyakitkan. Kisah 5 orang blogger ini telah menjadi cerita  yang menarik yang sebagian perjalanannya tentunya dapat kita petik sebagai pelajaran yang berharga. Uniknya mereka di masa lalu telah mulai blogging ketika usia mereka masih 13 tahunan atau masih duduk di bangku SMP. 

mereka blogging ketika masih smp

Dan menariknya lagi salah seorang mereka kini telah hilang jejak dan mengalami patah arang. 


1. Jurnal Patricia

Banyak orang tidak menyangka kalau jurnalpatricia.blogspot.com di kelola oleh seorang remaja masih usia belasan tahun dan masih duduk di bangku SMP. Kalian tahu mengapa? Karena gaya bahasa, pemikiran dan ulasannya dewasa banget! Orang orang yang mengikutinya pada masa itu menyangka ia adalah seorang yang telah dewasa umurnya.

Wow! Tandanya blogging membuat orang menjadi pintar dan cepat dewasa...eh sori hanya teori tidak berdasar dari saya.

Tetapi itu pada tahun 2009 Saya membuka kilas baliknya melalui tangkapan layar berikut:

patricia
Patricia lahir di Jogyakarta pada tgl 15 oktober, dia tidak menyertakan tahunnya dan jika Dia masih duduk di kelas 1 SMP pada tahun 2009 berarti Dia masih berusia 13 -14 tahun ketika blogging dan kini di tahun 2021, paling tidak Mbak Patricia berusia sekitar 25 tahun.

Terimakasih ya mbak Patty, saya ada kata kata yang saya kutip dari syair lagu masa lalu:

Time like the wind
Goes a hurrying by
And the hours just fly

Where I begin that mountain I'd climb....

2. Nonasan

Pemilik Blog ini bernama Sanchia Surya Janita dan pada tahun 2010 ketika ia mengelola blognya ia masih duduk di bangku SMP.  Untuk ukuran zaman sekarang blog ini masih personal banget. Tulisannya adalah perihal kehidupan dan peristiwa sehari hari. Namun gaya bahasa dan caranya menuturkan alur cerita membuat orang tidak bakal tahu kalau dia pada masa itu masih duduk di bangku sekolah SMP.

Sanchia Surya Janita

Jadi dia ini blogging sejak 2010. Sayangnya blog lamanya yang dia buat tahun 2010 telah di hack orang,  sedangkan blog barunya yang dia buat tahun 2011 memiliki nama alwaysnonasan.blogspot.com. hanya memiliki satu postingan.  Itupun telah dia tulis pada tgl. 28 April tahun 2011 silam. 

Sepertinya Sanchia telah patah arang oleh perbuatan jahil orang yang melakukan hack tersebut yang menurutnya dia tahu siapa orangnya. 

Baiklah karena hanya itu satu satunya yang dapat kita telusuri, mari kita baca kutipan lengkap postingannya tersebut:

hai. ingatkah kamu denganku ? aku ini Sanchia . semoga kamu nggak bosan ya ketemu aku (lagi). ini blogku yang baru. tidak! aku sama sekali nggak bermaksud buat gaya-gayaan. blog satu aja aku udah kerepotan, huhu. blogku di hack. eh? nggak tau deh. tapi kayaknya gitu. soalnya aku nggak bisa buka blognya. :(

sebel ? iya.
blog itu ku buat bulan november 2010 , saksi bisu hidupku. nggak bisa di pake lagi. tapi aku tau siapa yang hack. tapi aku gak mau bilang. aku juga gak mau nuduh dia. jadi mari kunci mulutmu rapat-rapat.

aku sendiri baru tau kalau blog itu bisa di hack . yah, aku memang bodoh.

blogku yang baru mungkin tidak sesempurna blogku yang lama. blog ini masih baru banget tanpa followers. huhuhu, makayany follow dongs hehe.

hem, aku disini tampil sebagai nonasan. hehehe, pembaca blog lamaku pasti tau kalau aku ini maniak ganti nama :p

jujur aja, aku agak kesulitan pakai blog ini. habis aku nggak nemuin kata 'rancangan' atau apapun yang berhubungan dengan itu :(

aduh , aku jadi harus mulai dari awal lagi deh :((

tapi, di blog ini aku akan memberikan sesuatu yang baru. mau tau ? ada deh :p

baiklah, sepertinya cukup untuk sebuah permulaan. sampai jumpa dan jangan lupa kembali lagi ya ! :)

I am sorry mbak Sanchia, menyesal setelah mengetahui hal itu.

Pasti pansaran kan sama tulisan di atas? Sayang ya tidak di lanjutkan.

3. mahdiyyah.com

Wanita cantik kelahiran tahun 1996 ini blogging ketika Dia masih duduk di bangku SMP yakni pada tahun 2010 dan memliki dua halaman blog. Mahdiyyah.com adalah blog utamanya. Blog kedua Novel by Dyah. Blog pertama ber genre (istilah saya saja dong) topik topik kehidupan layaknya catatan diary. Sedangkan blog kedua ber genre (ingat sitilah siapa) cerita pendek, bersambung dan novel.


Sekarang Mbak Dyah sudah 25 tahun, lho. Siapa sangka waktu begitu cepat berlalu ya...
Untuk mengenal Mbak yang satu ini saya menelusuri blognya dan membaca bagian 'about me':

Assalamualaikum, Aku Iyah. Penikmat, penyayang alam dan seisinya. Menulis dari hati, semoga menyentuh hati :)

hubungi aku di ardhinamahdiyyah@gmail.com



4. Faisol.id

Nah kalau tadi kita ceritanya hanya bertemu cewek cewek yang sudah blogging di usia dini, kini kita bertemu dengan seorang cowok yang sudah mulai blogging di tahun 2014 ketika Dia masih duduk di kelas 2 SMP. Menurutnya sendiri lho, pertama kali dia blogging karena tertarik dengan dunia kesusteraan. Blognya juga terbilang masih up to date sesuai dengan zaman now.


Blognya bang Faisol ini keren dan telah bekerja dengan brand brand ternama Indonesia dan sudah barang tentu sedikit banyak telah memberikan penghasilan. Ini namanya blogging di konversikan menjadi usaha. Jadi pada profile bloggernya dia mengklaim dirinya sebagai Blogger dan Life style. Keren deh pokoknya.

Kutipan pengenalannya adalah :

Dengan menulis dan berbagi, aku jadi lebih mendapatkan power untuk meningkatkan personal branding. Semakin kuat, branding seorang blogger, maka semakin besar potensi keberhasilan untuk meng-influence pembaca. Statik blogku pun kian meningkat, terima kasih kepada pembaca setia blog ini, semoga semakin betah dan sempatkan untuk mem-bookmark situs ini. Sehingga, dengan statistik tersebut, ada beberapa perusahaan dan UMKM yang telah ber partner dengan kami, baik yang direct (langsung menghubungi) maupun melalui agency. Berikut statistik singkat blogku dan brand yang sudah bekerja sama dengan blog Dunia Faisol

5. nabilaeve.blogspot.com

Sekarang masanya berkunjung ke luar negeri! Kita ke Houston Amerika serikat. 

Nabila sekarang sudah SMA kalau untuk ukuran kita di Indonesia, namun ketika mulai blogging Dia baru berusia 13 tahun. Halaman blognya sih tidak memiliki niche tertentu. Ketika mencari cari tokoh blogger remaja belia untuk tulisan ini tidak sengaja saya membaca tulisannya yang cukup menyedihkan:  'there was a shooting at my school and now someone is dead'

Nabila

Saya salut artikelnya mendapatkan komentar yang serius, misalnya seseorang menuliskan komentar: 

personally, i believe we shouldn't have guns at all. i tell that to my parents and they're like"wELL wHat aBouT sAfeTy???!!@1!?",, right but if you believe that "safety" means carrying around a gun and shooting people when they do you even the slightest bit wrong? OH NO, byeeeeee.
and people are like "but what about hunting and such??",, i don't really have an opinion on that part, mainly because i'm vegetarian and i honestly believe you shouldn't be able to kill animals in general.
this is america, people are dying left and right from guns, my middle school almost got shot up last year, so did my high school, there was a shooting in my neighborhood during new years, all of my friends who live out of the country are all like "oh gosh that's terrible :(", and what does trump do? NOTHING, ABSOLUTELY NOTHING. not gonna lie, i'm sick of hearing all these incidents of shootings (especially bc i live in one of the cities with some of the highest murder rates),, it makes me sick to see these people have their lives taken so suddenly.
anyway, my rant is over. also, i've gone through some similar things, and i get that you may be physically okay, but you may not be mentally/emotionally okay. if you need to talk, i'm always here :)

Gaya tulisannya mengalir dan menyentuh. Mengalir alami namun kuat. Pada artikel lain dia membahas tips tips yang berguna untuk kehidupan sehari hari dengan sama baiknya.

Pada awal halaman blognya Dia memperkenalkan diri:

My name is Nabila and this is my little place on the internet. I am a 15 year old blogger, youtuber, and high schooler from Houston, TX. Stick around if you like lifestyle, fashion, and travel! It would make me so happy if you could stick around.

Jadi setelah dia 15 tahun baru dia melengkapi blognya dengan memperkenalkan dirinya

Penutup

Untuk saat ini Saya hanya bisa mengemukakan 5 contoh blogger yang telah blogging sejak usia mereka masih duduk di bangku sekolah SMP. Masih banyak para blogger remaja lain yang belum saya kenal. Saya membandingkannya dengan diri saya sendiri yang baru mulai blogging di usia SMA. Kirannya saya selalu kalah jauh dengan Anda semua...

Namun di balik tulisan ini jelas sekali tujuan saya, ingin mengungkap, mengungkit dan menceritakan kembali paling tidak sebuah kenangan berdasarkan waktunya. karena kita semua akan sama: Pernah menjadi yang terbaik dan lalu menjadi masa lalu pada masanya....Semoga bisa menjadi pelajaran yang berharga.

Dan masih banyak kisah dari para pelaku blogging awal di masa lalu yang menarik untuk di ungkap, Saya ingin sekali menulis tentang para blogger yang 'hilang' atau menghilang dan apa alasan mereka menghilang di masa lalu. Padahal sebagian blog mereka pada masanya sangat populer. Jauh sekali jika dibanding dengan editblogtema ini.

Yang jelas halaman para blogger diatas semuanya berbasis: blogspot.com.

Kalian bisa melakukan penyelidikan  dan menulis judul judul menarik misalnya: 7 blogger yang telah menghilang, atau 7 blogger yang telah patah arang, atau ....

Atau, diantara kalian ada yang masih berumur 13 tahun dan sedang menulis blog? Ayo ceritakan!

Tunggu saja kelanjutan cerita dari kami...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

2 Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak