EDITBLOGTEMA

Let dancing with:

10 Alasan mengapa perangkat tablet lebih baik dan lebih ideal daripada laptop.

AvatarOleh:
Bukan hanya karena saya telah 5 tahun meninggalkan laptop dan beralih ke tablet sebagai teman kerja, menulis dan hiburan. Akan tetapi karena transformasi tablet selama itu telah mulai mengambil alih semua milik laptop sehingga menjadi lebih mobile dan lebih praktis. 

tablet dan ipad di dalam tas kecil

Kredit gambar : Shopee

Dulu ya, harus di akui tablet di buat hanya sebagai smartphone ukuran layar besar, terutama pada OS dan aplikasi softwarenya. Akan tetapi perlahan dan pasti UI dan UX nya berubah begitu pula dengan software software yang lebih kompatibel dengan tablet ketimbang untuk handphone.

iPad sebagai tablet nya Apple yang tadinya juga menggunakan software platform iOS dan kebanyakan menjalankan aplikasi iPhone, awal 2020 lalu menggunakan software platform baru yang di beri nama iPadOS yang lebih pas untuk menjalankan iPad. 

Dengan platform baru ini iPad mulai dipergunakan secara luas untuk keperluan bekerja dan perlahan lahan dapat sepenuhnya menggantikan laptop. 

Demikian pula halnya dengan tablet tablet Android terutama yang paling menonjol adalah tablet samsung keluarga Tab S, telah dilengkapi dengan UX khusus sehingga membuat pengalaman yang berbeda daripada menggunakan tablet tablet generasi sebelumnya. 

tablet android tab s7
Samsung Tab S7 kredit: Phone arena

Baiklah kita langsung ke topik, mengapa menggunakan tablet lebih baik di zaman sekarang alih alih menggunakan laptop. Inilah 10 Alasan mengapa hari ini perangkat tablet lebih baik dan lebih ideal daripada laptop.

10 alasan mengapa tablet lebih baik daripada laptop

1. Tablet lebih ringan, dan lebih tipis.

Walaupun demikian dimensi dan ukuran layar sudah cukup memadai. Dengan bezel yang semakin minim ratio layar semakin lega. Di tambah dengan kepadatan pixel yang sesuai dengan daya tangkap alami retina mata sehingga menampilkan gambar dan visual yang memanjakan mata manusia. 

Dan yang penting adalah memiliki mobilitas tinggi dan mudah di bawa kemana mana, dan siap di pergunakan di mana saja.
small bag contents tablet device

Ya kelebihan kelebihan itu membuat tablet mudah di bawa dalam tas ukuran kecil pada saat melakukan perjalanan. 

Setelah berada di luar ketajaman layarnya juga dapat dipergunakan untuk membaca detail di bawah matahari. Papan ketik sentuhnya bisa di pakai untuk mengetik cepat jika kita sedang terburu buru. 

Saya memasukannya ke dalam tas kecil yang di selempangkan ke bahu dan tidak seorangpun tahu bahwa saya sedang membawa peralatan tulis sekuat laptop di dalamnya yang telah saya pergunakan untuk menulis ribuan asrtikel di internet - karena saking kecilnya tas tersebut terlihat.

2. Baterai awet dan tahan lama. 

Di banding laptop, daya tahan baterai sebuah tablet menang jauh, mana lagi opsi fast charging yang dimilikinya. 
 
Batterai lebih lama karena software yang di jalankan oleh tablet kompresinya lebih tinggi.

Dan lagi pula Saya juga memanfaatkan power bank yang biasa saya pergunakan untuk ponsel jika darurat baterai tablet mulai habis. Dengan baterai 5000 MAH, saya dapat mengecas tablet sampai penuh dalam waktu 30 menit menggunakan Power Bank 8000 MAH, sisanya bisa untuk mengecas telepon genggam.

3. Membuka dan mengakses aplikasi lebih cepat. 

Bukan rahasia jika buka suatu aplikasi harus menunggu loading pada laptop windows, dan itu sangat menjengkelkan sedangkan pada tablet hal tersebut hampir langka terjadi. Ini dikarenakan daya kompresor tablet sangat tinggi dan bekerja dengan baik. Apalagi jika tablet tersebut adalah kelas premium.

Memang beberapa laptop kelas atas dapat melakukan akses cepat ke berbagai aplikasi, akan tetapi tetap saja tidak dapat mengalahkan kecepatan sebuah tablet dalam mengakses aplikasi yang serupa. 

Misalnya pada saat saya membuka browser chrome untuk blogging, saya lebih suka melakukannya melalui tablet ketimbang laptop. Multi-windowsnya juga bervariasi dan gegas sehingga dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Di tambah lagi akses cepat dengan cara menenyentuh layar memang lebih enak dan lebih gegas pada tablet ketimbang pada layar laptop. Padahal tablet yang saya gunakan masih tablet lama Tab S2 lho, dan softwarenya masih versi lawas karena sudah tidak dapat di tingkatkan lagi ke software yang lebih baru.

4. Tablet juga memiliki opsi keyboard yang lebih baik

Pada saat menjawab chatting melalui aplikasi WA, FB, IG dan Twitter, kita menggunakan mode keyboard layar sentuh. Akan tetapi pas akan melakukan penulisan naskah, mengerjakan laporan dan lembar kerja kita dapat memanfaat keyboard fisik bawaan atau membelinya secara terpisah yang dapat di hubungkan melalui sambungan pairing bluetooth. Kalau keyboardnya bawaan seperti milik iPad dan samsung tab s7, koneksinya melalui konektor bawaannya.

bluetooth keyboard

Saya biasanya duduk di coffeeshop, kafe, atau tempat umum yang ada wifi atau paling asik adalah yang menyediakan minuman hangat lalu mengambil dudukan tablet sekaligus keyboard fisik dan mempairingkannya dalam sekejap mata. Itu benar terjadi karena koneksi bluetooth sekarang adalah versi 5.0.

Banyak sekali pilihan keyboard bluetooth yang telah di jual dengan harga terjangkau di pasaran dengan berbagai model, fitur hingga tampilan. Tidak heran tablet mulai di lirik oleh para penulis naskah, penulis professional, penulis di website.

5. Koneksi tablet lengkap dan cepat.

Jaringan koneksi untuk tablet juga terasa lebih cepat jika dibanding laptop pada umumnya, ini tidak terlepas dari fitur fitur dan daya kompresi perangkat yang tinggi. Lagi pula uumnya tablet Android dapat di hubungkan melalui jaringan telefoni alih alih hanya menggunakan wi fi. Sehingga jauh lebih praktis dan aman. Contoh jika pada saat menggunakan wi fi di host spot mendadak terputus karena berat dan kelebihan beban, tablet saya dengan otomatis mengaktifkan jaringan internet telefoni, sehingga penulisan dan mengupload gambar ke halaman web tidak terputus.

Bukan hanya itu pada situasi emergensi saya kadang menggunakan tablet juga untuk menelpon ibu dan adik saya di kampung menggunakan headset kecil yang selalu standby.

6. Tablet dapat di manfaatkan sekaligus sebagai kamera untuk melengkapi pekerjaan.

Ya perkembangan selanjutnya membuat kamera tablet menjadi semakin kuat dan berkualitas tinggi. Hasil jepretan iPad dan tablet bahkan tampak lebih detail, dan lebih akurat. 
ambil gambar pakai tablet/ipad
Picture credit by PINQ

Kita dapat memanfaatkannya untuk mengambil gambar gambar yang di butuhkan untuk melengkapi dokumentasi pekerjaan kita. Kita dapat mengambil gambar dan video untuk melengkapi konten pada saat membuat konten di web.

7. Tablet dapat dimanfaatkan sebagai gagdet entertain dan untuk keperluan belajar.

Tablet dapat di pergunakan dengan mudah layaknya smartphone dan sekaligus laptop untuk bermain game, menonton video. Membuat gambar tangan, melukis hingga membaca buku.

Lalu pada saat Covid19 orang orang pada sadar, bahwa alih alih membeli laptop baru, ternyata lebih 90% memanfaatkan gagdet mobile handphone dan tablet buat belajar secara online. 

Alasan lain mengapa perangkat mobile menjadi pilihan adalah karena para pelajarnya masih kecil kecil, sehingga membawa laptop yang besar bepergian sekalipun ke rumah kerabat akan menjadi beban tambahan.

8. Zaman semakin mobile dan mobile

Laptop mungkin tetap akan dipergunakan buat melakukan beberapa jenis pekerjaan khusus. Demikian pula dengan PC desktop. Akan tetapi perbedaannya sudah sangat kentara antara zaman dulu dengan sekarang. Layar layar besar PC kini hanya dapat menunggu di rumah dan stand by disana sampai dipergunakan bilaman diperlukan saja. Ia hanya bekerja pada saat di butuhkan.

Akan tetapi perangkat mobile masih tumbuh dengan pesat. Dan pasar tablet walau masih seret namun prospeknya sedikit lebih baik daripada pasar PC desktop dan laptop. Itu tidak terlepas dari kebutuhan zaman mobile tadi: Orang berbisnis online aksesnya melalui mobile, orang orang mengupdate medsos juga melalui mobile, orang orang chatting juga melalui mobile.

Saya tambahkan orang orang berporduksi melalui perangkat mobile, membuat gambar, mengambil gambar, mengirim email, membuat laporan, menggunakan aplikasi aplikasi perkantoran seperti spreassheed, presentasi melalui mobile.

Pekerjaan PC dekstop dapat di lakukan melalui layar ekstensi besar dan peralatan asesories mobile sehingga menghasilkan pengalaman bekerja dengan laptop atau bahkan layar desktop yang lebih besar. Beberapa tablet dan smartphone mulai bisa terhubung ke layar sambung atau  di sambungkan ke proyektor untuk keperluan presentasi.

Bukti real lain adalah pada trafik penjualan laptop vs perangkat mobile dunia sampai tahun 2017 yang lalu:

penjualan gagdet mobile vs PC

Tahun 2012 penjualan gagdet mobile (warna biru tua) masih di bawah PC (warna orange) namun pada tahun 2017 telah melampui hingga jauh lebih tinggi.

Gambaran di bawah dari Cina lebih ekstrem dan menyisakan tekanan yang semakin kuat oleh perangkat mobile terhadap penjualan laptop. 

Pasar laptop vs pasar mobile

Gambaran dari negara tirai bambu sebagai tempat poplasi terbesar umat manusia bisa menjadi presentasi muram dunia PCdesktop dan Laptop.

Sementara itu menurut prediksi, ketika penjualan perangkat laptop akan terus tergerus oleh zaman meskipun populasi manusia telah bertambah, perangkat mobile masih akan terus meningkat dari waktu ke waktu seiring bertambahnya jumlah populasi.

9. Aplikasi mobile lebih banyak dan lebih kaya.

Dua platform mobile baik iOS, Android hingga iPadOS telah menunjukan perkembangan yang signifikan dengan bertambahnya software software gratisan hingga berbayar yang semakin kuat dan bermutu. 

Banyak pengembang game PC beralih menjadi pengembang game game mobile dengan tema yang sama. Hal ini terjadi karena penghasilan yang lebih tinggi di sebabkan oleh banyaknya pengguna gagdet mobile yang memainkannya. Bahkan game klasik seperti FREECELL lebih nyaman di mainkan melalui tablet daripada melalui PC.

Di samping itu aplikasi aplikasi untuk berproduktivitas seperti aplikasi perkantoran juga telah bertebaran dan dapat di download degan mudah dan di pergunakan gratis. Contohnya Microsoft Office mau tidak mau terpaksa membuat versi aplikasi mobile untuk Android dan iOS juga supaya tidak ketinggalan dalam persaingan.

Semua itu kebanyakan bahkan dapat dipergunakan dengan bebas terlepas dari beberapa keterbatasan yang tidak berarti bagi pengguna pekerjaan pekerjaan ringan.

10. Harga semakin terjangkau

Perkembangan tablet yang semakin cepat telah memicu persaingan di segi perang harga, kualitas hingga layanan paripurna. Vendor vendor Cina yang mulai ikut bermain telah ikut memainkan harga sehingga menjadi terus menurun sementara seiring waktu kualitas meningkat.

Beruntungnya standar teknologi sebenarnya sama, mungkin terjadi pemangkasan yang masih sesuai dengan kebutuhan dasar pengguna. Misalkan iPad terjangkau untuk konsumsi pelajar yang telah di jual murah.

Di toko toko online juga terdapat banyak penjualan tablet tablet Android keluaran Cina yang di jual murah namun beberapa diantaranya kedapatan dengan spek yang tetap mumpuni.

Demikian 10 alasan mengapa tablet lebih baik daripada laptop.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
10 Alasan mengapa perangkat tablet lebih baik dan lebih ideal daripada laptop.

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar:

kembali ke atas