Paradox Cinta Ilahi

Andy Weir menulis sebuah cerpen pada tahun 2009, cerpen yang sangat menarik, indah sekaligus menakutkan jika dia bercerita perihal ide realitas hidup kita, semacam multiverse dalam fiksi sains dan fisika.

"Aku adalah Tuhan dan Kamu sedang dalam perjalanan pulang ke rumah ketika kamu meninggal..." 

Sebuah kecelakaan mobil, sebenarnya bukan peristiwa luarbiasa tetapi kematian tidak pernah memberikanmu pilihan. Kamu meninggalkan seorang isteri dan dua orang anak. Kematianmu itu tidak terlalu menyakitkan, paramedis telah berusaha menyelamatkan hidupmu, tetapi tidak ada harapan, tubuhmu telah hancur, dan itu lebih baik, percayalah kepadaku....

icarus wings paradox

Dan disana, kamu akhirnya bertemu dengan Aku.

"Apa yang terjadi? " kamu bertanya. " Dimanakah aku kini ? " 

"Kamu sudah meninggal," Jawabku dengan datar. Dan itu jelas bukan seperti yang ingin kamu dengar. 

"Apakah tadi aku ditabrak truk?...Di sebuah tanjakan...?" 

"Benar" Jawabku 

"Aku....apakah aku telah mati?" tanyamu sedih dan masih tidak dapat mempercayainya.

"Benar. Tetapi tidak perlu bersedih. Setiap orang pasti akan mati" 

Kamu memandang ke sekelilingmu. Tidak ada apa apa. Sebuah ketiadaan yang sangat luas. Hanya ada kamu dan Aku. 

"Tempat apa ini?" tanyamu masih dalam ekspresi kebingungan. "Apakah ini surga?" 

"Lebih dan kurang" Aku menjawab. 

"Apakah Anda adalah TUHAN?" tanyamu 

"Benar" Jawabku. "Aku adalah TUHAN" 

"Anak anakku...isteriku" katamu terisak dan setengah memohon. 

"Ya, apa yang ingin kamu ketahui tentang mereka?" tanyaku.

"Apakah mereka akan baik baik saja?" 

"Itu yang ingin Aku dengar dan Aku lihat" Aku berkata. "Kamu baru saja meninggal, dan hal pertama yang ingin kamu pastikan adalah keluargamu. Itu hal yang baik, Aku suka itu." 

Kamu segera melihatkku dengan pandangan yang indah. Di matamu Aku samasekali tidak terlihat seperti TUHAN. Hanya seperti kebanyakan manusia, lebih terlihat seperti seorang guru ketimbang yang MAHA KUASA. Begitulah Aku menjadi sesuatu yang dapat Kamu terima seperti bagaimana Kamu menerima dirimu sendiri.

"Janganlah bersedih" Aku berkata lagi. "Mereka akan di jaga. Anak anakmu akan mengingatmu sebagai seorang yang sempurna dari segala hal, mereka tidak punya waktu untuk memperhinakanmu. Isterimu akan menangis, itu baik. Tetapi jauh di lubuk hatinya dia lega. Jujur saja, perkawinanmu sedang diujung tanduk. Jika hal itu membuatmu merasa baik baik saja, dia merasa bersalah dengan perasaan lega karena kehilanganmu." 

"Oh" kamu mendesah tetapi mulai menerima hakikat realitas. "Dan sekarang? Apakah aku akan pergi ke surga atau ke neraka? Atau kemana saja? 

"Tidak kemana kemana" Jawabku. "Kamu akan ber-reinkarnasi." 

"Ah" serumu. "Jadi agama Hindu itu benar!" 

"Semua agama benar, dengan jalan mereka sediri" Kataku. "Mari kita berangkat." 

Kamu mengikuti Aku berjalan melalui ruang hampa melalui ruas ketiadaan yang tidak bertepi, melalui ruas ruas void. "Kemana kita akan pergi?" tanyamu.

"Sebenarnya tidak kemana mana." kataku. "Hanya saja lebih enak jika berjalan sambil berbicara." 

"Jadi apa sih poinnya?, Apakah nanti akan terjadi tiba tiba?" tanyamu menebak nebak nasibmu lagi.

"Ketika dilahirkan kembali aku tentu akan seperti papan tulis yang kosong, bukan? layaknya seperti seorang bayi. Dan lalu seluruh pengalaman dan seluruh milikku yang pernah kumiliki tidak akan lagi dihitung." kamu menyambung tebakanmu atau lebih tepatnya memberikan pendapatmu.

"Tidak demikian!" Kataku dengan tegas. "Kamu memiliki semua pengatahuan dan itu ada dalam dirimu, semua pengalaman dari kehidupanmu di masa lalu. Hanya saja Kamu tidak mengingatnya untuk waktu sekarang, hanya itu." 

Lalu Aku berhenti berjalan dan menyentuh kedua pundakmu. "Jiwamu lebih baik, lebih indah, dan jauh lebih besar daripada yang dapat kamu bayangkan. Roh manusia tidak akan dapat menyamai sekalipun bagian yang paling kecil dirimu. 

Perumpamaannya seperti menebak dan mencelupkan jarimu ke dalam gelas berisi air hanya untuk mengetahui apakah dia panas atau dingin. Kamu hanya meletakan bagian terkecil dirimu disana dan ketika kamu mengeluarkan jarimu kembali, kamu juga telah mengeluarkan semua pengalaman yang telah dimilikinya. Kamu tidak dapat mengingat seluruh detail pengalaman itu dengan raga dan kecerdasanmu yang masih sangat sederhana.

"Kamu telah menjadi seorang manusia selama 48 tahun jadi kamu belum berbaring untuk merasakan kesadaran yang sangat besar. Jika kita berdiri disini cukup lama, kamu akan mulai mengingat segalanya. 

Tetapi tidak ada cara untuk melakukan ini pada setiap kehidupan." 

"Jadi sudah berapa kali sebenarnya saya ini telah ber-reinkarnasi?" tanyamu. 

" Oh, Sangat banyak. Telah bermilyar milyar kali. Dan itu telah terjadi pada bermilyar kehidupan yang berbeda beda. Kali ini kamu akan kujadikan gadis kecil petani di Cina pada tahun 540 Sebelum Masehi." 

"Tunggu, Apa?" Serumu terkejut."Apakah anda akan mengirimkan saya ke masa lalu?" 

"Secara teknis memang benar, menurutmu. Sang Waktu seperti yang telah kamu ketahui semasa hidupmu hanya ada di dalam alam semestamu yang telah Aku ciptakan untukmu. Segalanya berbeda dari tempat dimana Aku berasal. Tidak ada masa lalu, masa kini dan masa nanti. Kamu yang awal, kamu yang sekarang dan kamu juga yang akhir" 

"Darimana Anda berasal?" Kamu bertanya. 

"Oh tentu saja" Aku mencoba menjelaskan: "Aku datang dari suatu tempat dan disana ada mereka yang sepertiku. Aku tahu kamu sangat ingin tahu seperti apa disana, tetapi jujur, kamu tidak akan mengerti." 

"Oh," katamu, sedikit kecewa. "Tetapi tunggu, jika saya ber-reinkarnasi di dalam waktu yang lain, artinya saya juga mampu berinteraksi dengan diri saya sendiri terkadang." 

"Tentu saja. Dan itu terjadi sepanjang waktu. Seakan pada setiap kehidupanmu kamu hanya perduli kepada keberadaan dirimu saja, yakni pada satu titik waktu, kamu bahkan tidak tahu hal itu sedang terjadi dan sedang berlangsung" 

"Lalu, untuk apa semua itu?" tanyamu penuh rasa ingin tahu. 

"Kamu serius?" Aku bertanya. "kamu menanyakan arti kehidupan? Bukankah itu klise?" 

"Tapi itu pertanyaan yang adil" katamu bersikeras. 

Aku menatap matamu. "Arti hidup, adalah alasan mengapa Aku menciptakan seluruh jagat alam semesta, itu sebabnya kamu tumbuh dan berkembang" 

Maksud Anda kemanusiaan? Anda ingin kemanusiaan tumbuh dan berkembang?" 

"Hanya dirimu, Aku telah menciptakan alam semesta ini hanya untuk kamu. Pada setiap kehidupan kamu bertumbuh kembang dan menjadi lebih terlindungi dan kecerdasanmu tumbuh melebar, meluas dan ekspansional." 

"Hanya aku? Jadi lalu bagaimana dengan yang lain lain?"
***

"Tidak ada yang lain disana" Aku menjelaskan. "Di alam semesta itu hanya ada kamu dan Aku. 

Kamu menatap Aku dengan bingung. "Tapi begitu banyaknya manusia di bumi...?" 

"Semuanya adalah dirimu. Inkarnasi yang berbeda dari dirimu sendiri." 

"Tunggu...Jadi aku ini adalah semua orang!?" 

"Akhirnya kamu mulai mengerti." Aku garis bawahi kalimatku dengan ucapan selamat kepadanya. 

"Aku adalah seluruh kemanusiaan yang telah ada?" tanyamu memastikan 

"Atau yang akan ada." sahutku mengiyakan. 

"Aku Abraham Lincoln?" katamu seolah bertanya kepada dirimu sendiri. 

"Dan kamu adalah John Wilkes Booth, juga," Aku menambahkan. 

"Aku juga adalah Hitler?" Katamu bertanya dengan kecewa. 

"Dan kamu adalah jutaan orang orang yang telah kamu bunuh" 

"Aku Yesus?" 

"Dan kamu adalah pengikutnya. Kamulah anak anak terlantar di benua Afrika, kamulah Jenghiz Khan beserta bala tentaranya. Kamu juga adalah anak dan isterimu, itulah sebabnya mengapa kamu tidak perlu bersedih. Namun kebahagiaan dan kesedihan sengaja Aku ciptakan agar kamu tidak merasa 'sendirian', dan tidak merasa 'kesepian'.

Hidup bukanlah mimpi buruk. Ia adalah realitas, anakku" 

Kamu akhirnya membisu membiarkan Aku menjelaskannya. 

"Ketika kamu mengorbankan seseorang" kataku kepadanya. "Itu adalah dirimu sendiri untuk dikorbankan. Setiap kebajikan yang kamu lakukan. Kamulah yang melakukannya. Setiap hal buruk dan menyedihkan yang dialami oleh kemanusiaan, dialami oleh dirimu sendiri." 

Kamu masih membisu dengan pikiranmu sendiri, sampai akhirnya kamu bertanya: 

"Mengapa Anda lakukan semua ini?" tanyamu. 

"karena suatu masa kamu akan menjadi seperti Aku. karena itulah sebenarnya dirimu. Kamu adalah bagian dari diriku, anakku karena kamu harus berevolusi menjadi kami dan memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar daripada sebelumnya." 

Wow," katamu."Maksud anda saya adalah seorang TUHAN?" 

"Belum, belum lagi. Kamu adalah sebuah janin. kamu masih tumbuh. Sekali waktu kamu memiliki seluruh kehidupan manusia selamanya, kamu akan segera dilahirkan." 

"Jadi seluruh alam semesta ini.."katamu lirih."itu hanyalah..." 

"Sebutir telur." Aku menjawab. "Ayo sudah tiba waktunya kamu berpindah kepada kehidupan yang lain." 

Dan Aku mengirim kamu dijalanmu sendiri yang memang seharusnya kamu lalui. Anakku.

Sinopsis: 
TUHAN TIDAK PERNAH TIDAK BERLAKU ADIL KEPADAMU .

Jadi Aku tidak pernah berlaku tidak adil kepadamu. Aku menerima semuanya yang telah Aku ciptakan untukmu tidak ada bedanya perbuatan baik dan perbuatan burukmu, parameter ini hanya ada di semestamu, kamulah yang mengartikan dan melakukan semuanya.

Hanya sangkaan hidup dalam keterbatasan dan kefanaanmu mengira kebenaran itu adalah ini sedangkan yang itu adalah kesesatan, padahal semua itu adalah dirimu sendiri yang sedang bertumbuh kembang menuju kehidupan yang lebih tinggi, anakku. Jadi pada hakikatnya kamu adalah kesadaran yang sedang aku ciptakan dan, Aku adalah penciptamu, Aku selalu mencintaimu.

Sumber : Vie : L'oeuf , par Andy Weir | Esprit Spiritualité Métaphysiques

Di tulis oleh Adelina Sofyan dari kisah di balik cangkang telur oleh Sofyan Yaan


editblogtema.com

Komentar

Postingan Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

EKSPRIMEN DAN KREASI MANUSIA YANG MENYIMPANG DARI AKIDAH DAN KEYAKINAN

Mari menyulap template bawaan blogspot emporio

KODE WARNA CSS

Cara meletakan gambar profile penulis di atas setiap postingan blog

Pelajari 10 Bahasa Program ini jika ingin menjadi hacker yang handal

Awas, Tidak bisa Pasang Adsense jika Blogging mengunakan bahasa di luar List Google

Label

adsense adwords aibo ajax alexa algoritma alternative Am I Responsive amazon ambigu Amerika AMP Andorid Android Android 10 Angular animasi antivirus aplikasi apple ARM Art Of War artikel sabtu asesories audio autodidact avatar avatar penulis awesome awsome back to top backdoor backlink bahasa Bandar Lampung bank btn batam beautiful bedak beginning belajar belajar koding berita bing web master biografi blackberryOS blackhat blank space blockquote blog blogcomments blogger bloggerhelp blogging Blogging mobile bloging blogspeed blogspot bluetooth bootstrap border dash breadcrumb browser btn mobile bugs Buku business capital letter cara catatan catatan awal tahun Cek IMEI cerai Cerita cerpen cewek chimpense chipset chrome chrome 76 Cina cinta clickjacking codeigniter codepen coding compose compose view condenser mic contact form contempo contempo base contempo blackmagic contempo hibrida contempo hybrid converter coolest copy-paste copyright covid 19 covid_19 cowok CPC credit footer css CTR cuitan curhat cybercrime Dahlan Iskan dark mode dasbor data default Demo desain description diblokir dirtylink disway DOM domain domain authority Donald Trump download download template terbaru dropdown duplikat e-commerce earn money edisi minggu edit editblogtema editor HTML ekonomi elektronik embed emoji emporio emporio hybrid english error essential expires header expires headers facebook fakta fanpage fast loading template fastloading template favicon featured posts feed burner firefox fitur fixed fixed sidebar flipaclip font font awsome footer footer link Footer navigasi forbes framework Free friendship fuchsia full stacks future g-suite gadget gagdet galeri gambar gambar bergoncang gambar profile penulis gambar responsive game generasi Alpha Generasi Z geng motor genius gerhana girl gmail Gmetrix gojek good news google google chrome Google Domain google drive google font Google honemoon google Plus google search console google webmaster Googlewebmaster gradasi warna grafik gramedia gratis grid style GTmetrix h1 Habibie hack hacker halaman web hamburger menu hanya opini hapus hari bumi harimau heading headings heart secret hewan hoax hobi hometown hotpink HTM5 html HTML view huawei hukum human Idulfitri Iklan ikon Imlek in memories index indie Indonesia Indonesia darurat corona indosat infinite color infinity war informasi instagram instan article intel inteligensia internal link internasional internet internt interntet interntt intert iOS IOT iPad iPadOS iPhone isu IT italia Jaime Ocabo java JavaScript jimdo jin Ping jingling Jokowi jQuery JSitor kaca pembesar kafe kalimantan kalkulus kamera kanonis kartun keamanan keamanan blogger kebijkan kebun raya kecantikan kecepatan blog mobile kehidupan kemanusiaan kesehatan keyakinan keyboard keyword khusus kiata G+ kinemaster klasik klik kode warna koding komentar komentar blog komputer konsipirasi konten konversi kopi korsel korut kota kota kelahiran kotak navigasi menu blog kotak pencarian kotlin kriminalitas kualitas kucing label lapangan kerja laptop lay out lay out version 3 theme layarlipat layout lazyload lelaki liburan life-style lifehack lingkungan logitech logo love Macbook Macbook Air machine learning MacOS magnifier maintenance makeover makmur manusia margasatwa masa depan masonry matahari matematika medsos mega menu mengganti tempa menu menu navigasi menu pencarian menulis merombak metafisika microfon Microsoft microsoft edge Minggu minify misteri mitos mobile modal modern modifikasi monetisi morality motivasi motivation mouse moz multimedia musik myths narasi nasehat terbaik navbar navigasi navigasi menu blog ngeblog nibbler notable office olahraga Omnibus online online editor operating sistem opini otodidak pagelist pagerank paginator Pandora panduan panduan mobile paradox parameter parasit parse pekerjaan pembatasan pemilu 2019 Pemilu Indonesia 17 April 2019 pemrograman pemula pendidikan pengalaman pengaturan pengornbanan pengusaha Penulis perang perang dagang Cina vs Amerika perang dunia ketiga perangdagang perceraian perihal perkawinan permalink perubahan pexel phablet PHP plagiat plagiator PlagScan play store podcast polemik politik ponsel popularitas popularposts portable powered by blogger Powerpoint prediksi premium privasi produk profesi profile programmer programming programming. prosesor pseudo-sains psikologi Python rahasia ramalan ranking faktor rawgit re-desain re-desain tema blogger React Reactions read more recentPosts redesain rekomendasi related posts remaja resolusi responsinator responsive review robot robot.txt s-pen sains samsung sanggahan saran temaplate blogger saran template search secrets security sederhana sejarah seken selegram semrush SEO sepatu sepi share button sharing buttons I.O sidebar sidenav siginifikan silikon simple simpson singapore singularity sitelink sitemap smartphone snippet soho solusi somadmorroco spesial spoiler star wars statistik sticky sidebar sticky widget Strategi SEO streaming Student study study online style submenu subscriber success sudut cerita SVG SVG icon syimbian tab s2 tab s7 tabel tablet tabs2 tabs7plus tagging takdir takhyul talenta tataletak Teen teka teki teknik teknologi TELKOMSEL tema tema kesederhanaan tempat wisata template template premium template premium gratis template SOHO template versi ke-2 terbang terkemuka tes popularitas testimoni testmysite text theme Thucydides tiktok tip tips toggle tokoh tombol berbagi tombol pengalihan tombol reply komentar tops traffik trafic trafik translator travelling tribun tricks Trik triks troubleshooting Tutorial Tutorial Anissa tutorial css tutorialKhusus twitter uang UAS unduh unik update urang utan ustazd Abdul Somad vanilla Script video viomagz viral virus virus corona vlogging vue w3-css w3school W3Shool wabah warna web web story WebAssembly webdesign WEBP website whatsapp widget wifi ID windows Windows Mobile wisata WIX wordpress wps X-Frame xiomi xml yandex youtber youtube youtuber z-index
Tampilkan selengkapnya