Langsung ke konten utama

Ini dia niche dan konten konten yang berpotensi membuat halaman blog menjadi abadi

Di dunia ini tidak ada yang abadi. Dulu jalan di depan rumahku hanya ada satu jalur, kini telah menjadi dua jalur. Dulu ada pohon cemara kini ada pos penjaga. 

Blog abadi

Itu sudah berlalu selama 4 tahun dan terasa cepat sekali kini.

Sekarang kita sedang blogging walaupun hanya sebagai hobi dan selingan di dalam ruang dan waktu hidup kita, namun sebagian besar para Blogger sudah pasti juga menginginkan halaman blognya hidup terus dan kalau bisa 'abadi'. 

Apalagi jika halaman blog tersebut telah di monetisi dan telah mendatangkan penghasilan.  Itu keren banget. Namun ada ciri ciri blog abadi yang mungkin dapat kita jadikan sebagai referensi buat bloging. 

Dengan asumsi populasi manusia di atas dunia ini telah mencapai hampir 7 milyar, 4 milyar diantaranya telah melek online maka topik apapun dan niche apapun apalagi konten apapun,  pasti akan mendatangkan pembaca, namun beberapa jenis niche dan konten dapat kita jadikan ajang kompetisi untuk menuju halaman blog yang 'abadi'.

Tentu saja untuk mencapai hal itu tidak semudah membalikan telapak tangan, harus melalui perjuangan, minat, kerja keras dan melalui persaingan yang ketat juga. 

1. Blog Orang atau Tokoh Spritual.  

Jika Penulisnya seorang tokoh kharismatik yang konsisten

Bayangkan jika di zaman sekarang dimana buku cetak yang di baca melalui lembaran kertas sudah mulai berkurang dan di gantikan oleh buku digital yang dapat di baca melalui hape di manfaatkan oleh para ulama, pandeta dan para tokoh tokoh spritual lainnya buat menulis risalah keagamaan dimana mereka memiliki jutaan pengikut,  apa halaman web seperti itu tidak akan bertahan lebih lama? 

Bahkan contoh kecil, blognya ustadz Abd.  Somad dengan judul 'somadmarocco' tetap saja dikunjungi orang hingga saat ini. Walaupun telah ditinggal pergi sang tokoh. 

Apapun bentuk dan bidang ke tokohan seseorang, ketokohan itu sendiri biasanya dapat menguntungkan secara finansial, misalnya halaman blog dan tulisan ia tulis selalu mendapatkan sambutan dan di kunjungi oleh para pengkutnya. Pengikut pengikutnya biasanya akan memengaruhi orang lain agar mengunjungi blog panutan mereka. Namun blog agama dan spritual yang memiliki visi yang kuat akan menjadi pemenangnya. 

Dan lagipula, Kunci keabadiannya tergantung pada seberapa besar dan kuat  ketokohan pemiliknya. 

2. Blog Engineer. Blog tutorial, blog teknologi. 

Saya menamainya blog Engineer biasanya berisikan informasi teknologi terkini, tutorial web dan koding. Blog model ini mungkin tidak mendatangkan trafik sebanyak blog Tokoh tokoh spritual. Akan tetapi ia berpengaruh dalam jangka panjang karena akan memiliki pengunjung setia dan orang orang spesial sepanjang waktu. Orang orang yang datang berkunjung berulang ulang untuk mendapatkan konten konten tutorial yang berkualitas.

Jika sukses blog seperti ini berpotensi menjadi tempat 'pendidikan'tidak resmi. Orang yang datang berkunjung, para pemula yang ingin belajar sesuatu akan datang mengunjunginya tidak cukup hanya sekali, tetapi berkali kali untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya. 

Tidak pelak lagi blog engineer adalah blog dengan potensi abadi. Mungkin trafiknya tidak terlalu tinggi, namun nilainya tinggi. Karena memiliki pengunjung organik yang setia. 

Secara sangat khusus blog Engineer adalah blog yang sangat di butuhkan pada zaman sekarang dan semakin di butuhkan pada zaman berikutnya. 

Saya dapat memberi contoh halaman halaman seperti w3school, CSS tricks, Codepen. Atau halaman halaman online berisi tool tool dan matrix, parameter, yang dapat dipergunakan untuk menganalisa performa halaman web. Misalnya semrush, alexa, MOZ dll. Saya mengunjungi mereka berulang ulang sampai saya benar benar memahami tool, matriks, parameter dan tutorial tutorial yang mereka berikan.

Mengapa blog tutorial bisa bernilai tinggi salah satunya ya itu tadi, karena ia akan di baca orang secara berulang ulang... 


3. Blog pendidikan

Jangan meremehkan blog dengan niche yang satu ini. Blog pendidikan lebih spesifik, lebih umum, lebih populer bagi kalangan mana saja. Ia hampir hampir menjadi sebuah kebutuhan pokok, seperti sembako untuk makan dan hidup kita. Misalnya orang tetap akan membeli beras walaupun ekonomi  morat marit, orang tetap harus makan.

Dan mau tidak mau orang berasal dari kalangan atas, menengah atau kalangan bawah yang bernama rakyat jelata, mereka semua berlari mengejar pendidikan. Dan blog pendidikan dapat menjadi daya tarik tersendiri jika di tampilkan secara meyakinkan. Berikan tool dan kemudahan, berikan penjelasan hukum yang jelas, suguhkan mata pelajaran dasar dan mata pelajaran lanjutan.

Semua kalangan yang membutuhkannya akan datang mengunjungi blog Anda. Tunjukan menu navigasi blog yang jelas menurut semua mata pelajaran yang di berikan melalui halaman blog Anda. Cepat atau lambat halaman Anda akan di kenal orang.

Sama seperti blog tutorial, blog dengan niche pendidikan berpotensi menjadi blog abadi yang akan terus di kunjungi orang dalam waktu lama. 

4. Blog cerita, kisah, cerpen, novel. 

Blog ini sangat banyak saingannya. Media media besar seperti youtube, medsos memiliki konten konten serupa yang sangat lengkap. Namun jika Anda mampu menekuninya dan menjadikan halaman Anda unik sekaligus menarik, halaman blog cerita berpotensi besar menjadi blog abadi. 

Jangan berhenti belajar mengoptimalkan halaman, mengasah kemampuan menulis dan mendalami bahasa Anda karena hal itu semua sangat di butuhkan pada blog dengan niche jenis ini. Dan dengan memilih niche tersebut Anda benar benar akan menikmati pekerjaan sebagai penulis, sekurang kurangnya jadikan saja halaman blog sebagai portofolio karir menulis Anda.

Alasan mengapa halaman blog ini bisa sukses,  walau trafiknya rendah dan persaingan internal dan eksternalnya berat sekali,  adalah karena banyak orang hobi membaca dan menyukai karya karya berbau sastra. Akan ada cerita cerita web yang dibaca orang berulang ulang dari generasi ke generasi. 

Saya berkali kali mengunjungi  situs metafisika yang memuat kisah kisah unik dan menggelitik nalar seperti:

https://www.espritsciencemetaphysiques.com/

Meskipun halaman blog tersebut pada kenyataannya berbahasa Perancis dan saya samasekali tidak bisa membaca dan menulis dalam bahasa asal benua biru ini, namun dunia masa kini segalanya telah terhubung, dengan satu kali klik bahasa perancis pindah ke bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia - dua bahasa yang saya fahami.

Salah satu tulisan Andy Weir kami sadur ke dalam blog ini dengan judul: Paradox Cinta Ilahi (di tulis ulang oleh salah seorang admin editblogtema dan di alih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia)

Kesimpulan:

Abadi yang saya maksudkan adalah blog yang dapat bertahan lama tanpa waktu yang terbatas. Namun keabadian dalam hidup ini bukanlah hal yang benar benar abadi. Saya membaca mitologi Yunani kisah dewa dewa olympus, sebelum Zeus berkuasa, Ia telah membunuh pemimpin para Titan penguasa alam semesta yang sebelumnya. Lalu Ia juga berakhir di gunung olympus.

Dewa dewa yang abadi juga telah mati.

Dengan asumsi populasi manusia di atas dunia ini telah mencapai hampir 7 milyar, 4 milyar diantaranya telah melek online maka topik apapun dan niche apapun apalagi konten apapun,  pasti akan mendatangkan pembaca, namun beberapa jenis niche dan konten dapat kita jadikan ajang kompetisi untuk menuju halaman blog yang 'abadi'.

Tentu sangat menyenangkan memiliki halaman blog yang abadi dimana ia akan selalu di kunjungi oleh orang sepanjang waktu. Akan tetapi untuk membuatnya kita harus membuat niche dan konten konten abadi pula.

Saya tidak menyertakan Blog berita, gossip dan lain lain ke dalam blog dengan potensi abadi karena sifatnya sebagai konsumsi instan. Saya tidak menempatkan blog berita dalam daftar saya walau saya dengan senang hati membahasnya. 

Alasan mengapa sulit bagi sebuah blog kecil memilih niche ini adalah karena konsumsi berita biasanya di gunakan untuk sekali pakai walau akan terus di baca oleh orang yang berbeda beda, namun tidak akan diulangi oleh orang orang yang sama - layaknya sebuah konten tutorial. 

Jadi situs berita idealnya bersifat masif, memiliki redaksi, editor, wartawan, memiliki karyawan. Meskipun bersifat online. Situs ini bisa menjadi besar dan mendatangkan penghasilan layaknya sebuah perusahaan media besar.

Lagipula blog berita harus di update setiap hari, harus memiliki narasumber. Ada contoh blogger sukses seperti Linda Ikeji dari Afrika, namun ia membayar wartwan pemburu berita dan juga membangun jaringan (Network) nya sendiri. 

Itu tidak akan cocok untuk sebuah halaman  blog kecil seperti editblogtema.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa