2 Aplikasi Office gratis terbaik pengganti Microsoft Office

Tidak seperti dimasa lalu saat Microsoft menguasai dunia komputer, hampir semua lini aplikasi dan software pekerjaan perkantoran dikuasai oleh perusahaan yang di bangun oleh Bill Gates itu. Adapun aplikasi office telah merambah ke perangkat mobile sehingga dapat dipergunakan buat bekerja sama sempurnanya pada saat bekerja melalui PC baik desktop maupun laptop.

wps office mobile

Perangkat Tablet Android dan iPad mulai mendukung pekerjaan ringan, menengah dan bahkan mulai melakukan pekerjaan berat. Misalnya mengedit video terasa lebih nyaman pada saat menggunakan tablet ketimbang laptop. Di tablet kita dapat mengkombinasikan beberapa aplikasi pengedit sekaligus karena memang tersedia di Store Aplikasi. 

Dan sebagai perbandingan, meskipun PC laptop windows telah memiliki Store Aplikasi sebagai upaya mengikuti kebutuhan perkembangan zaman, namun dari segi jumlah, kualitas hingga ke praktisannya telah tertinggal jauh dengan perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan iPad tadi.

Memang Microsoft akhirnya menyediakan aplikasi perkantoran MS Office gratis di perangkat Mobile seperti iPad, iPhone dan tablet serta ponsel Android. Itu mereka lakukan agar tidak ketinggalan dan di tinggalkan oleh perkembangan zaman yang semakin ketat persaingannya.

Dan sebagai pengguna hal tersebut membuat kita di untungkan karena pada akhirnya terdapat beberapa aplikasi perkantoran yang gratis dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kita.


1. Google Doc Office vs MSOffice.

Aplikasi ini gratis dan memiliki fungsi seperti membuat dokumen spreadsheet, presentasi hingga menulis dokumen layaknya Excel, Word dan presentation di Microsoft Office. Jangan remehkan update terbaru. Google Doc lebih baik dalam hal pengintegrasian dokumen ke cloud sehingga lebih mudah mendistribusikannya secara online.

google docs vs msoffice

Google Drive adalah aplikasi cloud yang dapat dengan mudah di integrasikan ke Google Docs bahkan kedua aplikasi tampak memang sudah tidak terpisahkan sejak zaman mereka masih jadul dulu.

Google Doc Office ini dapat di edit melalui laptop dan sangat mendukung pekerjaan berbasis online semenjak lama. Namun tampaknya walaupun Google terus mengembangkan aplikasi perkantoran ini, ia hanyalah menjadi salah satu 'kesibukan' yang di miliki oleh raksasa internet ini. Google juga memiliki laptop bersistem Chrome OS dan tidak ada masalah melakukan pekerjaan pekerjaan produktif perkantoran pada umumnya melalui laptop dan tablet di zaman now.

Tentu saja karena saya juga tertarik dengan laptop Chrome, saya berfikir aplikasi perkantoran besutan Google ini pastilah sangat kompatibel dengan perangkat tersebut. Namun untuk urusan bekerja mobile dengan menggunakan perangkat mobile seperti tablet dan hape, aplikasi aplikasi Google tidak dapat di ragukan lagi kepiawaiannya.

Suatu hari tidak mustahil semakin langka terdapat PC laptop dan apalagi desktop dipergunakan oleh orang orang kebanyakan, karena kebutuhan tersebut telah dapat dipenuhi oleh perangkat mobile seperti tablet dan smartphone dengan lebih sempurna.

Saya tetap menggunakannya hingga saat ini melalui ponsel jika hendak mengedit pekerjaan kantor melalui perangkat mobile.


2. WPS vs MSOffice.

WPS amat mirip dengan Microsoft Office, ia memliki dokumen (word), spreadsheet (excel), presentation dan tool PDF yang kuat.

wps vs msoffice

WPS dapat berjalan di PC desktop, laptop, tablet dan ponsel. Ketika Anda mengedit dokumen melalui microsof office dan membukanya melalui WPS nyaris tidak dapat membedakan yang mana Microsoft Office dan yang mana WPS saking miripnya baik antar muka navigasi dan toolnya.

Begitu juga sebaliknya begitu membuka lembar kerja yang di olah melalui WPS di kantor melalui Microsoft Office, Anda tidak menemukan kendala seolah ia di bangun oleh sumber kode yang sama nyaris tidak terlihat mereka melakukan konversi pada saat di buka melalui aplikasi dengan platform yang berbeda tersebut.

Kemudahan ini menghilangkan kendala perbedaan platform Android dan Windows pada saat bekerja. Misalnya melalui Windows Anda tidak menemukan konverter PDF yang dapat mengkonversi PDF ke Word, maka WPS melalui Android dapat melakukannya dan dengan mudah di trasfer melalui email, USB atau sambungan kabel data ke pernagkat Windows.

WPS juga memiliki UI (user interface) dan UX (user experience) yang nyaris sempurna buat bekerja menggunakan perangkat PC dan Mobile. pada saat mengedit data melalui tablet tidak akan terdapat kendala karena tablet umumnya sangat cocok di pairingkan ke keyboard bluetooth dan mouse bluetooth sekaligus.

Disamping MSOffice yang memang terpasang default di laptop windows saya, saya juga menggunakan WPS di tablet untuk melakukan pekerjaan pkerjaan serius menggunakan aplikasi perkantoran.

Kesimpulan:

Dari kedua aplikasi di atas, jika Anda bekerja separonya adalah online, maka saya merekomendasikan WPS. Dengan WPS Anda dapat mengolah dokumen dan tetap berproduktifitas melalui perangkat mobile baik tablet maupun ponsel.

bekerja dan mengetik melalui tablet android
ilustrasi kredit huawei by Adelina Sofyan

Akan tetapi juga jika Anda menggunakannya pada perangkat PC windows, aplikasi perkantoran ini tetaplah kuat dan memiliki versi gratisan yang dapat dipergunakan dengan jauh lebih baik daripada Microsoft Office yang tidak memiliki versi gratisan tersebut.

Jadi jika berat membeli aplikasi perkantoran MSOffice (Microsoft Office), maka kini kita tahu bahwa ternyata ada aplikasi perkantoran yang menyediakan versi gratis namun mumpuni buat bekerja.

Dan juga bekerja tidak melulu terpaku pada paradigma lama: Harus pakai PC. 

Itu zaman old, Bung. 

Di zaman sekarang perangkat mobile sudah dapat mengalahkan PC dari segi kelengkapan, ketahanan daya, kekuatan software untuk di pergunakan buat berproduktifitas. Saya melakukan pekerjaan pekerjaan ini: Mengedit video, mengolah dokumen, mengedit gambar vektor hanya melalui tablet dan ponsel. Pekerjaan saya diterima dan menghasilkan uang. Boleh dikatakan semenjak melakukannya melalui perangkat mobile-lah produktifitas saya meningkat drastis.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak