Bagaimana caranya memilih dan mengedit template blogspot sendiri agar cocok buat blogging?

Tunda dulu membeli template blog. Dan belilah setelah mengerti untuk apa dan bagaimana penggunaannya. Jangan buru buru membelajnakan uang, karena apapun alasannya jika kita hanya sebagai pemula, blogging tidak akan menghasilkan uang secepat itu.

Jika alasannya hanya agar tampilan blog menjadi cantik, mungkin itu hak anda pribadi, akan tetapi blog yang cantik tidak masuk dalam hitungan best perfomance dan apalagi mesin pencari tidak mengerti hal tersebut. Manusia juga menilai cantik dan tidak cantik secara subjektif. Cantik bagi kita bukanlah tipe orang lain. 

Ketika hal itu menjadi sulit, maka kesederhanaan adalah pilihan yang paling bijak! Dan ini berlaku juga dalam dunia blogging!

Pernah menemukan template premium ternyata hanyalah re-desain dari template template versi lama blogger? Ya mudah mengenalinya. Sedangkan jika ada template versi lama pasti ada template bawaan blogspot versi baru.

siapa yang mau membeli diaryku?
who would buy my Diary?

Yang lama itu di mulai dari template simple (sederhana), disusul dynamic views dan Picture Window dan seterusnya jumlah variannya ada 7. Sedangkan yang baru julah variannya hanya 4, yakni contempo, emporio, soho dan notable.

Tidak apa apa re-desain asalkan jadi lebih cepat dan lebih SEO, bukan? Siapa juga yang akan meneliti template blog yang sedang kita pakai, paling paling pengunjung hanya menikmati konten konten yang kita buat. 

Namun, tanpa template yang tepat, salah salah konten konten tersebut menjadi tidak menarik dan sekilas menjadi tidak mudah untuk di pahami. Artinya bukan hanya kecantikan sebuah template, akan tetapi apakah template tersebut sudah cocok untuk misi sebuah halaman blog?

Itu juga berarti bukan hanya sekedar sebuah desain tetapi secara teknis, bahkan web engineering itu sangat dibutuhkan!

Misalnya jika Anda memiliki halaman blog dengan niche traveling Anda perlu sebuah template dengan ruang konten yang lebar untuk menampilkan gambar, video dan tulisan yang menggambarkan suasana alam, kota, desa, laut, langit, planet dst. Anda hanya butuh menu navigasi simple untuk jenis niche ini.

Akan tetapi jika Anda memiliki blog berita tampilan template dengan homepage atau beranda grid adalah yang terbaik. Berita selalu tidak memiliki batas dan harus selalu menampilkan konten konten yang up to date jika menginginkan trafik tinggi. Dan harus memiliki menu navigasi yang lengkap dengan kategori kategori jelas.

Misalnya Anda memiliki halaman blog tutorial, Anda harus membuat menu navigasi yang sistematis dan mudah di pahami oleh pengunjung berdasarkan TOC. Demikian seterusnya, kita dapat memikirkan segala hal demi kenyamanan pembaca.

Jika anda harus membeli dan tidak ingin kehilangan uang karena membeli template yang tidak cocok, maka Anda harus menundanya terlebih dahulu sebelum selesai mempelajari kebutuhan halaman blog Anda. Tidak akan berguna template mahal dan cantik jika ternyata nantinya tidak cocok buat halaman blog travelling.

1. Sederhanakan

Akan tetapi tentu saja ada template yang sesuai untuk segala hal. Walaupun tidak akan pernah sempurna, yakni template sederhana! Umumnya template yang di sederhanakan dan hanya di buat untuk kebutuhan itu menjadi sangat ringan. Sedangkan ringan itu cepat dan kecepatan itu adalah SEO, saya tidak mengada ngada lho, ini sudah sesuai dengan pedoman Google di halaman Webmaster di bagian Data Web Inti. 

Kecepatan itu pasti meminimalkan efek bounching (pentalan) dimana pengunjung terpental akibat lamanya loading blog. Jika pengunjung kapok mengunjungi halaman blog Anda. Trafik jadi sepi. Itu mengerikan karena apa gunanya halaman blog tanpa trafik? Karena semakin tinggi trafik, semakin tinggi uang yang di hasilkan.

Halaman sederhana juga di sukai oleh mesin pencari karena memang mudah di fahami oleh algoritma. 

Halaman sederhana juga mudah di fahami oleh pengunjung manusia, sedangkan Google selalu menyarankan agar kita menulis demi manusia, bukan demi yang lainnya. Apalagi demi diri Anda sendiri yang menyangka semua orang menyukai tampilan yang Anda kira cantik, padahal hanya Anda sendiri yang menyukainya.

2. Jangan terperangkap oleh narsisisme

Ada hal yang terkadang tidak kita sadari, yakni narsisisme. Yakni terlalu mencintai diri sendiri dan membuat segala sesuatu menurut cita rasa diri sendiri dan lupa memberikan yang terbaik untuk pembaca.

Jangan sampai terjebak membuat tema hanya menurut selera sendiri dan terlebih nantinya hanya menulis untuk diri sendiri. Jangan lupa bahwa orang lain membutuhkan hal lain yang berbeda. Atau harus selalu ingat sebagai blogger kita dalah pelayan di dunia web yang harus memenuhi kebutuhan pembaca berdasarkan apa yang mereka sukai. Tidak melulu apa yang kita sukai. Sebagian besar kegagalan kita adalah karena hal ini.

Ya memang tidak mudah, tidak semudah menulis sebuah keluhan, curhat dan segala yang ingin kita tulis saja, jika sudah demikian lebih baik membuat blog lebih personal saja atau kembali hanya menjadi sebuah Diary Online seperti pertama dunia blog muncul di dunia ini.

Tidak ada masalah menuliskan segala hal tentang diri kita sepanjang hal itu berguna untuk orang lain.

Nah disini letak seninya membuat tampilan web (template) blog, menurut saya sepanjang itu sederhana akan lebih mudah utnuk dapat diterima oleh pengunjung yang akan membaca konten konten kita.

3. Gunakan template bawaan blogger terbaru dan tambahkan menu navigasi.

Biarkan bagian bodynya seperti apa adanya karena yang kita butuhkan hanya memodifikasi bagian headernya terutama bagian menu navigasinya. Untuk menu navigasi ini namnya bermacam macam. Sepanjang yang sering saya lakukan dan sepanjang ia berada di bagian atas bersama header ia bisa di sebut topnav.

Anda bisa saja mengabaikan topnav dan menggantinnya dengan sidenav. Sidenav adalah alternatif menu navigasi yang baik karena ia tidak terkendala dengan kebutuhan tampilan responsif dan mobile suatu halaman.

Bagian body erat kaitannya dengan tampilan konten. Template essential adalah contoh terbaik untuk tampilan body blog baik pada tampilan homepage maupun pada saat di buka pada halaman konten.

4. Tambahkan breadcrumb

Breadcrumb sangat penting karena ia membuat halaman blog menjadi lebih terstruktur. Breadcrumb sekarang menggunakan standar schema.org jadi jangan gunakan jenis breadcrumb lainnya yang lebih lama untuk blog.

Breadcrumb juga akan membantu halaman mendapatkan fitur snippet (cuplikan) pilihan pada tampilan halaman Google. Kerena itu ia akan menjadi lebih SEO.

5. Tambahkan Related post

Memang dari bebarapa poin yang saya telah saya sampaikan, tidak otomatis ada di template bawaan blogger, dan mau tidak mau Anda harus memasangnya sendiri. namun semua elemen dan widget ini sangat berguna buat mengoptimalkan halaman blog.

Semua itu dapat kita lakukan dengan template bawaan (default) blogger blogspot. Dan petunjuknya juga ada di dalam halaman blog ini.

Widget yang harus dipertimbangkan boleh pakai boleh tidak

Beberapa Widget seperti widget Followers itu berat, kami memutuskan untuk tidak menggunakannya terus menerus. Di sana memang ada harga yang harus di bayar untuk SEO: Link atau Kecepatan?

Widget ini jelas sangat berat, akan tetapi dia bekerja seperti backlink. Disatu sisi baik buat link, disisi lain buruk untuk kecepatan.

Tentu saja jenis jenis dan kategori backlink itu baik sepanjang link tidak buruk dan masih releven. Akan tetapi ia juga bisa menjadi buruk. Sedangkan kecepatan itu sudah masuk dalam persyaratan wajib karena di masukan ke dalam Web Data Inti di webmaster. 

Yang bercerita bahwa backlink itu penting adalah tool tool online seperti MOZ, Semrush, Ahref dll. Sedangkan Google tidak menyinggung hal tersebut di dalam tool webmaster mereka. Di dalam webmaster ada tool dan Matriks kecepatan. Semakin cepat halaman blog berlari di internet maka semakin baik perfomanya dan semakin baik untuk SEO.

Keunggulan template editan sendiri

Dengan catatan mengikuti petunjuk yang benar maka kelebihan menggunakan template bawaan hasil edit sendiri itu memiliki keunggulan:
  1. Mudah di mengerti, orang kita sendiri yang memasang widget  dan mungkin juga menambahkan kode kode ke dalam halaman editor HTML-nya, jadi jika suatu ketika ingin mengembalikan atau mengedit teampilan mudah menemukan sumber kode pengaturannya.
  2. Menambah pengatahuan perihal template. Karena dengan rajin mengedit template Kita akan memiliki pengatahuan tentang seluk beluk template HTML sedikit demi sedikit.
  3. Belajar HTML. Karena template blogspot adalah template HTML dan juga CSS, maka pengalaman memodifikasi template akan memberikan pengatahuan berharga tentang bagaimana sumber sumber kode HTML, CSS, dan Javascript bekerja di dalam template.
  4. Belajar desain. Pasti dong, tujuan mengedit template itu tidak jauh jauh dari bagaimana mendesain ulang template agar sesuai dengan tampilan yang kita inginkan.
  5. Menambah motiviasi belajar koding. Bukan hanya koding kita juga akan termotivasi belajar hal lebih lanjut seperti SEO,  Gak percaya, coba saja deh.
Tentu saja ada beberapa kelemahan, kekurangan dan kontradiksi, misalnya:

Jadi terlalu sering gonta ganti template memang tidak baik bagi kesehatan blog. Soalnya tidak semua template yang kita pergunakan memiliki performa yang sama dan tidak semua template cocok buat halaman blog, meskipun kita sendiri yang telah membuat atau memodifikasinya....

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak