Bisakah template blogspot di pergunakan di Wordpress?

cara mengkonversikan template blogspot untuk dipakai ke wordpress
Ada yang pernah mencoba mengkonversikan template blogger blogspot ke blogger wordpress,  atau sebaliknya? Atau dengan kata lain bagaimana caranya menggunakan template blogspot ke wordpress?

Dasar kurang kerjaan, mending buat template berdasarkan CMS masing masing jauh lebih simple, bukan? 

template worpress vs template html

Akan tetapi dalam beberapa kasus mengkonversikan template Blogger blogspot menjadi template wordpress adalah mungkin. Dan demikian juga sebaliknya. Tapi itu tadi yaaah... Kurang kerjaan apa. Sekedar pingin tahu boleh saja. Tapi kalau mau optimal buatlah template Blogger blogspot untuk Blogger blogspot, dan buatlah template blogger wordpress untuk blogger wordpress. 

Masih ingin menggunakan template HTML Blogger blogspot ke blogger wordpress?

Anda harus merobah halaman yang akan di salin menjadi halaman statis terlebih dahulu dan ini dapat dilakukan melalui beberapa tool online yang tersedia. Namun yang paling populer adalah situs HTTrack. 

1. Mengkonversikan halaman menjadi file halaman statis

HTTrack adalah utilitas browser offline gratis (GPL, gratis / gratis) dan mudah digunakan.

Ini memungkinkan Anda untuk mengunduh situs World Wide Web dari Internet ke direktori lokal, membangun secara rekursif semua direktori, mendapatkan HTML, gambar, dan file lain dari server ke komputer Anda. HTTrack mengatur struktur tautan relatif situs asli. 


Cukup buka laman situs web "mirror" di browser Anda, dan Anda dapat menjelajahi situs dari tautan ke tautan, seolah-olah Anda sedang melihatnya online. HTTrack juga dapat memperbarui situs cermin yang ada, dan melanjutkan unduhan yang terputus. HTTrack dapat dikonfigurasi sepenuhnya, dan memiliki sistem bantuan terintegrasi.

WinHTTrack adalah rilis HTTrack Windows (dari Windows 2000 hingga Windows 10 dan yang lebih baru), dan WebHTTrack rilis Linux / Unix / BSD.

Ya tentu saja harus menggunakan server side atau sisi server jika ingin melakukan ini. Bahkan sekalian mengekspor konten atau artikelpun dapat Anda lakukan dengan cara ini.

2. Memasang plug in di Wordpress

Kelebihan Wordpress adalah kemudahan pemasangan plug in jika di banding blogspot. Plug in yang di pasang harus memiliki kemampuan membaca file statis yang telah Anda donwload tadi dan yang akan Anda jadikan sebagai tema atau template halaman blog wordpress.

Dan hari ini plug in di worpress semakin mudah dipergunakan salah satunya adalah 'Plugin Import' milik site wordpress berikut: 

*https://wordpress.org/plugins/import-html-pages/

Jadi pelajari saja toolnya agar mudah menyesuaikan, mengkonfigurasikannya. 

Dan perlu di catat, tidak semua template dapat di konversikan terutama template buatan pihak ketiga yang telah diproteksi dengan enkripsi yang kuat. Maklum mereka ingin melindungi hak cipta mereka....
I want go anyway, but so manything still leave behind.

1 komentar

  1. Nah boleh di coba nih bagi yang penasaran, tapi sekarang banyak juga ya mas template blogspot rasa wordpres, he-he ☺
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain