cara menghilangkan judul bawaan widget Pagelist pada template Essentials

Pengguna template Essentials? Itu lho template versi terbaru blogspot yang sedang saya modifikasi. Kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuang judul bawaan widget atau Gadget Page secara parmanen. 

judul bawaan widget page

Saya katakan parmanen adalah Anda tidak perlu lagi menghapusnya karena tampilan pagelist yang kita jadikan topnav atau top navigasi blog akan tampak aneh kalau tidak bisa di bilang jelek kalau di atasnya ada judul: Page atau apapun, yang jelas itu bisa dihapus melalui pengaturan blogger bagian layout atau tataletak
  1. Masuk ke pengaturan blogger
  2. Pilih Layout atau Tataletak
  3. Pilih widget atau gagdet Pagelist.

widget atau gagdet pagelist


Jika Anda mengklik tanda pensil seperti yang di tunjukan pada gambar maka akan keluar tampilan berikut di bawah ini dan untuk menampilkan suatu widget pada template terbaru kita harus mencentang kolom 'Show Pages'

Configure Page List

Visible 

List Order

Drag and drop to change ordering
  • Beranda
Tip: In Design, reposition the gadget to change its appearance.
 
Tabs — move gadget under header
 
List of links – move gadget to side column

Anda dapat menghapus judul 'page' secara opsional, akan tetapi bagi sebagian pengguna bisa saja menjadi kebingungan mengapa setiap kali memasang widget selalu muncul judul tersebut dan harus menghapusnya melalui pengaturan untuk menghilangkannya.

Untuk menghapusnya secara permanen, kita harus melalui pengaturan blogger:

Pilih pengaturan
Pilih tema
Pilih edit HTML

Cari kode ]]></b:skin> dan letakan kode berikut tepat di atasnya:

.blog-name .PageList h3.title{
display:none;
color:$(blog.title.color);
margin:8px auto;
text-align:center;
width:100%
}

Sebenarnya cara di atas hanyalah kode overrade, artinya menindih kode yang telah ada dengan kode baru yang telah modifikasi dengan tambahan kode yang saya tulis merah.

Kalau ingin belajar, ketika berada di halaman editor HTML blogger, kita dapat memencet tombol CTRL+CTRL sekaligus pada keyboard atau papan ketik lalu akan muncul kota dialog pencarian di atas kiri halaman masukan saja kode: .blog-name .PageList h3.title{ dan tekan ENTER.

Maka akan muncul (ditemukan) kode seperti pada gambar:

gambar halaman editor HTML blogger blogsot

Pada gambar di atas Anda jadi tahu dimana harus meletakan kode : display: none tersebut yang di gunakan untuk menyembunyikan judul dari widget pagelist tersebut.

Demikianlah cara menghilangkan judul bawaan widget Pagelist pada template Essentials. Pada template lain juga sama hanya saja pendeklarasian kodenya saja yang berbeda.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak