mari belajar di Codepen untuk menerapkan pelajaran coding

Sebenarnya bukan hanya hanya codepen, hampir setiap halaman dengan topik pembelajaran koding pasti memiliki halaman editor HTML dimana kita bisa menulis kode kode dan bereksprimen (juga mengekspresikan) buah tulisan kita dalam bentuk visual bahasa bahasa mark up ini. 

Ikustrasi sumber kode

Namun di laman codepen tidak semata menulis atau 'pen' karya kita,  kita juga dapat melihat, mempelajari dan bahkan menerapkan hasil tulisan orang lain misalnya untuk desain halaman web kita bukan? Contohnya disini saya tertarik mempelajari model model navbar atau menu navigasi yang dapat diterapkan ke dalam template blogger blogspot, nah saya menemukan model yang menurut saya simpel dan tidak ribet jika diterapkan untuk blogger:

See the Pen bootstrap 4 navbar by Piyush (@piyushpd) on CodePen.


Penulisnya Piyush, tekniknya menggunakan bootstrap, oke oke saja sih, saya tertarik dengan model sederhana namun dapat di modifikasi mengikuti selera kita. 

Adapaun keuntungan mencomot sumber kode kode yang telah jadi adalah:
  • Menyingkat pekerjaan
  • Tidak perlu menulis dari NOL.
  • Bisa di modifikasi tinggal mengedit sumber kode yang telah ada. 
Saya rasa banyak terdapat sumber kode  gratis di codepen berupa material untuk membuat dan menambahkan elemen elemen tambahan ke dalam halaman blogger. 

Meniru? Apa salahnya dengan itu?  Kan tidak nyolong. Ingat Jepang itu dulu tukang meniru kini mereka terkenal sebagai negara yang inovatif, kreatif dan progresif. 

Cina juga masih meniru, namun perlahan lahan mereka mulai menciptakan hal hal baru untuk dunia. 


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak