Langkah dasar yang harus diperhatikan dalam membuat desain web yang menarik

Saya bukan desainer, karena saya masih terlalu mentah dan terlalu dini dalam pengatahuan itu. Tapi saya selalu berusaha menjadi 'pemerhati' yang kalau menurut pengertian saya berarti selalu tertarik dan memperhatikan desain desain halaman web besar yang tidak luput dari pengamatan saya selama ini. Jika ada artikel Coding, web desain pasti akan saya buka dan saya baca.

web desain ilustration

Dan dari semua itu dan selama itu pula saya dapat menarik beberapa kesimpulan.


1. LOGO

Logo tidak dapat di abaikan karena termasuk hal penting dalam dunia desain. Sebuah LOGO dapat menjadi hal yang paling berdampak psikologis dan melekat dalam ingatan manusia. Walaupun tidak semata mata sebagai jimat bagi sebuah produk secara keseluruhan termasuk halaman web, namun LOGO kemudian menjadi abadi di ingat oleh pengunjung.

Editblogtema tidak atau belum memiliki LOGO, namun namanya mungkin telah di ingat oleh sebagian besar pengunjungnya yang sedikit itu. 

LOGO yang paling berharga itu adalah logo Apple ia mempresentasikan branding secara visual, begitu sederhana dan mudah diingat. Logo kemudian menjadi trademark sebuah perusahaan di silicon valley itu.

Bicara masalah LOGO perusahaan Apple kita harus tahu bahwa ia telah di desain dengan sangat cerdik oleh pembuat atau desainernya. Sebuah gambar buah apel yang di gigit! Apel memang untuk digigit, dan itu yang membedakannya dengan Appel utuh yang sangat biasa. Apel untuk dimakan dan ikon itu menyertakan bagaimana sebuah apel yang telah digigit.

Akan tetapi ikon LOGO tidak akan serta merta menjadi begitu terkenal jika perusahaan yang menyandangnya tidak sebesar Apple yang legendaris. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Namun walau demikian, peranan seorang desainerlah yang telah menciptkan karya seni yang dapat begitu kuat menancap di ingatan manusia.


2. Warna

Warna memainkan emosi dengan gentle, ia dapat membangkitkan nuansa yang tidak dapat dijelaskan. Dengan bermain warna latar, header, dan mengkombinasikannya dengan pintar dan halus akan menjadi kesan pertama yang indah pada halaman web Anda.

Kesan pertama akan menentukan kesan terakhir, demikian kata pepatah. Karena jatuh cinta pada pandangan pertama orang akan mengenal sesuatu lebih awal dan mulai berinteraksi. Setelah itu terserah bagaimana cara mempertahankan interaksi tersebut.

Bahkan di dunia ini telah terdapat ilmu piskologi warna, contohnya:
  1. Merah: bahaya, kegembiraan, kekuatan, cinta, energi
  2. Oranye: kepercayaan diri, kesuksesan, keramahan, vitalitas
  3. Kuning: kreativitas, kebahagiaan, kehangatan, keceriaan, optimisme
  4. Hijau: alam, penyembuhan, kesegaran, kualitas, keberlanjutan
  5. Biru: kepercayaan, perdamaian, kesetiaan, kompetensi, depresi
  6. Merah muda: kasih sayang, kecanggihan, manis, feminin
  7. Ungu: bangsawan, kemewahan, spiritualitas, ambisi
  8. Coklat: dapat diandalkan, kasar, dapat dipercaya, sederhana, duniawi
  9. Hitam: formalitas, dramatis, canggih, aman, mewah
  10. Putih: bersih, sederhana, polos, jujur, minimal
  11. Beraneka warna: bersatu, terbuka untuk semua, keberagaman, kesenangan
Dan di dalam spektrum warna terdapat banyak warna turunan seperti hotpink, laut, biru langit, dll. Pokoknya para desainer professional sangat pintar memainkan warna.

3. Kontras

Bicara kontras tidak terlepas dari warna, pencahayaan dan tampilan visual yang bertentangan. Dalam desain web yang paling banyak di lakukan adalah mengutak atik kontras warna. BAyangkan ketika menulis pada latar dengan warna gelap dengan tulisan warna hitam, tulisan akan nyaris tersamar bukan?

Jadi dalam hal ini adalah bagaimana sebuah tulisan nyaman di baca. Namun, permainanya tidak seserhana itu. Ketika Anda menulis warna hitam pada latar yang benar benar putih, mata juga ternyata tidak selamanya nyaman karena cepat kelelahan. kontras yang menyakitkan.

Demikian juga ketika membuat latar dark mode, latar terlalu hitam sedangkan tulisan terlalu putih akan sangat menyakitkan bagi mata pada saat membaca di tempat gelap. 

Warna hitam di tulis #000000;
warna putih di tulis #ffffff;

Dan itu sangat kontras jika Anda pada dua kebalikan: latar sangat hitam dengan tulisan sangat putih atau latar sangat putih dengan tulisan sangat hitam. Jelas, tapi perilaku membaca di halaman web bukan untuk 13 detik, bisa 13 menit hingga 30 menit.

Maka itulah sering di temukan:

Warna gelap ditulis #555555;
Warna terang ditulis #f1f1f1;

Kita menulis untuk manusia jadi desain harus mempertimbangkan kebutuhan manusia hingga menyentuh ke bagian terdalam: Psikologi.

Akan tetapi bicara kontras bukan hanya warna. Ukuran font juga menentukan. Misalnya jika Anda menulis heading atau Judul terlalu besar. Mata pembaca pertama tama akan melihat itu sangat jelas. Namun ketika pembaca mulai membaca tulisan dibawahnya tulisan menjadi sangat kecil walaupun tulisan itu sebenarnya sudah standar, hal ini terjadi karena efek kontras tadi. Petama pembaca membaca judul yang sangat besar. Tiba tiba membaca tulisan artikel dibawahnya menjadi terlihat sangat kecil. Ini akan membuat efek yang melelahkan mata.


4. Jenis Font tulisan

Sebaiknya dalam mendesain menggunakan jenis font yang paling familiar pada mata manusia dan paling mudah di baca. Anda bisa membuat Satu judul dengan jenis font seperti Unifraktur Maguntia.

Tapi tentu saja Anda tidak mungkin membuat seluruh artikel menggunakan jenis font tersebut, karena pembaca pasti akan kesulitan memahaminya.

Ada beberapa jenis font yang sangat umum di pergunakan dalam penulisan di dunia web, contohnya:
  • Arial
  • Courier
  • Gerorgia
  • Helvitica
dll. Di blogger font font ini di kelompokan sebagai font 'default'.

Di samping jenis font, warna font pada umumnya di tulis hitam atau gelap pada latar warna putih atau terang. juga di tulis dalam bentuk pragraraph yang rapi dan teratur. penulisan juga harus mengikuti kaedah umum, misalnya pada blog ini menggunakan text-align: left. Artinya tulisan di letakan dan dimulai dari kiri.


4. White blank space (Ruang putih kosong)

Ruang kosong. Sering desainer merasa harus mengisi ruang kosong. Akan tetapi tidak selamanya pola pikir itu benar. Pembaca butuh ruang putih kosong untuk membedakan objek yang satu dengan objek yang lain. Misalnya tulisan terlalu rapat juga akan sangat menyakitkan di pandang mata. Tulisan tanpa spasi juga akan membingungkan pada saat di baca. 

Sering header terlalu tinggi dan banyak ruang kosong sehingga judul tampak kesepian di sana. Akan tetapi sebenarnya diperlukan mengisolasi atau memisahkan judul dari isi tulisan. Pertama pembaca melihat judul blog lalu melihat judul artikel. Dan pada akhirnya fokus pada isi tulisan.

Spasi tulisan dan jarak tinggi tulisan benar benar harus benar agar nyaman di baca oleh pengunjung halaman.

 
Kesimpulan:

Tentu saja hal di atas lebih kepada estetika, namun secara teknis desain juga melibatkan:
  • Layout yang baik
  • Navigasi yang baik
  • Kecepatan berdasarkan kesederhanaan
  • Kelengkapan elemen
  • UI (user Interface)
  • UX (user experience)
  • dll
Sayangnya pada kesempatan kali ini kita tidak sedang membahas hal hal teknis tersebut.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak