BEDANYA PINTASAN KEYBOARD MACBOOK DENGAN KEYBOARD PC WINDOWS BUAT MENGEDIT HALAMAN HTML BLOGGER

cewek dengan macbook
Siapa ya yang mengedit HTML tanpa editor HTML offline di laptop? Salah satunya saya tentunya. Saya terbiasa  menggunakan perangkat perangkat mobile seperti hape dan tablet Android dalam melakukan penulisan, pengeditan kode kode HTML untuk memodifikasi, mengkustomisasi, dan bahkan membuat template dan bertahan duduk hingga berjam jam terbenam menghadap layar. Oh ya walaupun menggunakan tablet saya tetap butuh bantuan keyboard. Sangat membutuhkannya. 

Jadi peranan sebuah keyboard amatlah penting, tidak masalah apa perangkatnya, sepanjang ia dapat di pergunakan atau dimanfaatkan buat bekerja dan terutama menulis, maka peranan keyboard tidak bisa di abaikan.

Keyboard adalah steering bagi seorang penulis, tidak perduli apakah ia sudah terpasang dari sononya seperti sebuah laptop, atau terpisah seperti tablet. Zaman sekarang perangkat tidak lagi menjadi masalah. Kita dapat memilih perangkat PC dengan layar lebar atau tablet dan hape yang mobilitasnya sangat tinggi. 

Tergantung kebutuhan kita sih, namun sepengalaman saya, untuk menulis yang sifatnya teknis dan panjang kita membutuhkan alat bantu yang bernama 'Keyboard' alias papan ketik.

Sekali lagi tidak masalah ia terpasang fix bersama perangkatnya atau di beli terpisah seperti keyboard atau papan ketik bluetooth.

Jadi kalau menggunakan perangkat mobile saya menggunakan papan ketik bluetooth yang memiliki semua tuts bersama segala fungsinya, ini termasuk tablet dan hape android, iPhone dan Ipad. Sama halnya seperti ketika saya menggunakan PC laptop windows. Yang sangat penting adalah setiap tuts atau tombol keyboard berfungsi dengan sangat baik. Sehingga menulis artikel menjadi lancar.

Nah dalam mengedit kode kode HTML, CSS dan javascript - bahasa yang dibutuhkan oleh template web seperti blogger, - saya paling sering menggunakan pintasan pintasan seperti berikut:


1. PC Windows dan Android

Untuk PC windows dan android ajaibnya mereka kompak menggunakan cara yang sama he he he..

CTRL+F membuka menu pencarian di atas halaman editor HTML blogger, jika saya tuliskan misalnya:

<div class='id'  saya biarkan terbuka, lalu saya tekan enter, maka semua kode serupa akan disorot warna kuning saya tinggal tekan enter berkali kali untuk menemukan <div class='id'  yang saya inginkan.

Demikian juga dengan keyboard bluetooth yang saya gunakan untuk mengetik di tablet Android pemintasnya sama dengan keyboard yang di gunakan pada PC laptop windows. 

Saya ingin berbagi serunya pemintas yang paling sering saya gunakan untuk Windows dan Android adalah:
  1. CTR+F  untuk menampilkan kotak dialog pencarian
  2. CTRL+C untuk menyalin atau mengkopi teks yang dipilih
  3. CTRL+V untuk mempastekan teks yang dipilih
  4. shift+panah ke kanan, ke kiri, ke atas  dan ke bawah untuk menyorot teks
2. Untuk macbook

Nah karena akhir akhir ini saya menggunkan macbook, cara menggunakan keyboardnya sedikit berbeda:
  1. CMD+F untuk menampilkan kotak dialog pencarian
  2. CMD+G untuk menampilkan teks selanjutnya setelah di ketikan di kotak pencarian (kalau windows tinggal di enter, enter dan enter)
  3. CMD+C untuk menyalin atau mengkopi teks yang dipilih
  4. CMD+V untuk mempastekan teks yang dipilih
  5. shift+panah ke kanan, ke kiri, ke atas  dan ke bawah untuk menyorot teks
Hanya itu pintasan keyboard Windows, Android, dan macbook apple yang paling sering saya pergunakan ketika sedang mengedit HTML. 

Pemintas pemintas tersebut sangat berguna buat membantu mempercepat pekerjaan kita.

Apa bedanya bekerja melalui laptop windows, Android, dan macbook Apple?

Semua perangkat sama sama mampu mengerjakan pekerjaan berat pada zaman sekarang. Tidak percaya sama tablet Android? Berarti kalian harus mencoba menggunakan tablet Tab s7. Ia memiliki keyboard yang sangat halus dan cepat pada saat dipergunakan buat mengetik. Ia juga memiliki kemampuan mengedit kode kode HTML dengan sempurna. Jangan berpegang pada paradigma masa lalu. Zaman sudah berubah.

Lalu laptop windows, sudah tidak diragukan lagi karena paling banyak dipergunakan oleh manusia hingga saat ini, keyboardnya standar buat mengetik dan nyaman.

Kesimpulan:

Pada zaman sekarang, semua orang bisa menulis karena perangkat mobile seperti hape dan tablet telah dijual lebih murah di pasaran. Setiap orang bisa blogging. karena perangkat perangkat ini telah memiliki kemampuan PC, percayalah dengan saya, saya menggunakan tablet Android bertahun tahun tanpa kendala walaupun sebelumnya pekerjaan yang saya lakukan melalui laptop. 
mesin ketik klasik
Tapi tanpa bantuan keyboard dengan tuts pemingtasnya, penulisan pasti terbatas menjadi konten atau artikel pendek pendek. Apalagi jika penulisan bersifat teknis, sangat sulit dilakukan jika hanya menggunakan keyboard layar sentuh. Selain itu keyboard layar sentuh akan menyita layar lebih separohnya.

Oh ya, bedanya keyboard Mac dan Windows tidak terlalu banyak lho, sama saja buat kerja kantoran atau blogging. Ini dia pintasan pintasannya:

Potong, salin, tempel, dan pintasan lainnya
  • Command-X: Memotong item yang dipilih dan menyalinnya ke Papan Klip.
  • Command-C: Menyalin data yang dipilih ke Papan Klip. Pintasan ini juga berfungsi untuk file di Finder.
  • Command-V: Menempel konten Papan Klip ke dokumen atau app yang digunakan. Pintasan ini juga berfungsi untuk file di Finder.
  • Command-Z: Mengurungkan perintah sebelumnya. Kalian kemudian dapat menekan Shift-Command-Z untuk Mengulang, sebagai lawan perintah urungkan. Di beberapa app, Kalian dapat mengembalikan atau mengulang beberapa perintah.
  • Command-A: Memilih semua item.
  • Command-F: Mencari item dalam dokumen atau membuka jendela Pencarian.
  • Command-G: Cari Lagi: Mencari kemunculan berikutnya dari item yang sebelumnya ditemukan. Untuk menemukan kemunculan sebelumnya, tekan Command-Shift-G.
  • Command-H: Menyembunyikan jendela di depan app. Untuk menampilkan app depan, namun menyembunyikan app lainnya, tekan Command-Option-H.
  • Command-M: Memperkecil tampilan jendela depan ke Dock. Untuk memperkecil tampilan semua jendela app depan, tekan Command-Option-M.
  • Command-O: Membuka item yang dipilih, atau membuka dialog untuk memilih file yang akan dibuka.
  • Command-P: Mencetak dokumen yang digunakan.
  • Command-S: Menyimpan dokumen yang digunakan.
  • Command-T: Membuka tab baru.
  • Command-W: Menutup jendela depan. Untuk menutup semua jendela aplikasi, tekan Option-Command-W.
  • Option-Command-Esc: Menutup paksa app.
  • Command–Bar spasi: Menampilkan atau menyembunyikan bidang pencarian Spotlight. Untuk melakukan pencarian Spotlight dari jendela Finder, tekan Command–Option–Bar spasi. (Jika Kalian menggunakan beberapa sumber input untuk mengetik dalam beberapa bahasa, pintasan tersebut akan mengubah sumber input, bukan menampilkan Spotlight. Pelajari cara mengubah pintasan keyboard yang berkonflik.)
  • Control–Command–Bar spasi: Menampilkan Penampil Karakter, tempat Kalian dapat memilih emoji dan simbol lainnya.
  • Control-Command-F: Menggunakan app dalam layar penuh, jika didukung oleh app.
  • Bar spasi: Menggunakan Lihat Cepat untuk melihat pratinjau item yang dipilih.
  • Command-Tab: Beralih ke app yang terakhir digunakan di antara app Kalian yang terbuka.
  • Shift-Command-5: Mengambil jepretan layar atau merekam layar di macOS Mojave atau versi lebih baru. Atau, gunakan Shift-Command-3 atau Shift-Command-4 untuk jepretan layar. 
  • Shift-Command-N: Membuat folder baru di Finder.
  • Command-Koma (,): Membuka preferensi untuk app depan.
Tentu saja kita akan terbiasa setelah mencoba dan mempergunakannya sebagai alat untuk rutinitas pekerjaan dan kegiatan sehari hari...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak