HOBI MENULIS? ANDA BERUNTUNG!

Karena pekerjaan ini sangat mobile, tidak terikat ruang waktu dan tidak perlu kantor.
menulis adalah kebebasan hidup
Menulis walau awalnya ujud sebagai hobi namun ia juga bisa menjadi profesi. Nah jika kalian hobi menulis maka kalian sebenarnya beruntung karena hobi tersebut akan menjadi jembatan untuk mendapatkan pekerjaan pekerjaan berikut:

1. Penulis buku cerita

Maksudnya Kalian bisa menjadi penulis buku cerita, buku novel, cerita anak anak. Sesuaikan saja dengan passion kalian, misalnya jika kalian itu piawai membuat cerita silat seperti Asmarawan S Kho Pin Kho, ya menulis cerita silat saja. Kita juga tahu banyak sekali cerita cerita dari buku kemudian diangkat ke layar filem. 

Pekerjaan menulis memang dimulai dari hobi dan bakat, jadi ketika menekuninya orang orang ini tidak akan merasa terbebani. Beda dengan ketika seseorang terpaksa mengambil pekerjaan yang sebenarnya tidak diminatinya, ia akan melewati waktu yang membosankan sepanjang waktu yang ia lewati di tempat pekerjaan tersebut. Walaupun pada akhirnya orang dapat menerima hal baru dan mencintainya, namun pekerjaan berdasarkan hobi benar benar sebuah anugerah.

Menulis juga sebenarnya bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Misalkan jika kalian ingin menulis cerita anak anak, buat saja cerita yang  sederhana misalnya perihal persahabatan diantara hewan, tanaman, serangga dll. Hiasi tulisan dengan gambar gambar berwarna warni yang menarik.

Buatlah buku dengan halaman dan bab demi bab yang singkat, namun dengan alur cerita menarik dan membuat panasaran pembaca untuk terus melanjutkannya.

Dengan menerbitkan buku dan menjualnya, kalian akan mendapatkan uang. Apalagi di zaman sekarang, kita dapat menerbitkan buku dengan cara lebih murah dan mudah: Membuat Ebook dan mempublikasikannya secara online!

2. Reviewer

Meriview produk adalah pekerjaan paroh waktu atau lebih serius yang dapat dilakukan seorang yang memiliki hobi menulis. Misalnya review produk, jadi begini, para pemasar produk menggunakan jasa Kalian pada saat memasarkan produk mereka dengan kampanye offline (brosure) dan online (dalam bentuk ads).  

Dengan keahlian menulis dan merangkai kata, jasa kalian di butuhkan oleh para pemasar. Menulis review produk tentu saja dengan tujuan agar produk tersebut menarik dan tampak wajar jika orang membelinya. Review produk biasanya berisikan spesifikasi, mengapa orang harus beli, hingga harga produk yang terkesan tidak mahal dalam penulisan review, meskipun sebenarnya mahal.

3. Content Writer

Dengan ketrampilan menulis berkat hobi yang kita bahas sekarang ini, kalian bisa mengambil pekerjaan sebagai penulis konten alias bahasa kerennya 'Content Writer'. Konten konten ini bisa berupa apa saja: Konten iklan, konten tulisan atau artikel, konten spesifikasi produk dll.

Penulis konten biasanya mematok harga beragam atau berdasarkan jumlah kata yang di tuangkan kedalam bentuk konten tulisan. Jumlah kata itu sendiri bisa beragam: 500 kata, 1000 kata, 1000 kata hingga dalam jumlah tidak terbatas.

Dengan melakukan pekerjaan ini tidak pelak lagi kalian akan mendapatkan penghasilan.

4. Ghost Writer

Pekerjaan ini adalah pekerjaan pesanan. Kalian menulis tidak atas nama kalian sendiri namun menulis karena dipesan agar kalian menulis atas nama seseorang atau atas nama suatu lembaga, unit usaha, instansi dan politik. Kalian hanya mendapatkan bayaran. Tulisan yang kita buat sepenuhnya menjadi hak cipta seseorang.

Menjadi seorang Ghost writter bisa menghasilkan uang yang lumayan apalagi jika kalian adalah pesanan seorang politikus, perusahaan khusus, lembaga negara dsb. Namun menjadi seorang penulis Ghost writter harus banyak belajar karakter dan psikologi lho, bayangkan jika kita diminta menulis menurut gaya yang berbeda beda sesuai dengan karakter yang request. 

Karena jika gaya penulisan sama semua maka ketika dipergunakan oleh orang atau instansi dan badan pemerintahan yang berbeda beda maka akan mudah diketahui bahwa tulisan tersebut adalah pesanan yang telah di tulis oleh seseorang.  Jadi disini letak seninya itu. 

Dan menjadi seorang Ghost Writter penghasilannya bisa fantastis, karena misalnya jika pemesannya adalah badan badan politik, tahulah kita jika harga bagi mereka bukanlah terlalu masalah. Apalagi terkadang mereka membutuhkan seorang Ghost Writter dalam jangka waktu panjang.


5. Blogger/Websider

Nah karena hobi menulis saya menulis di halaman blog ini. Namun walaupun demikian sekedar pandai menulis saja tidaklah cukup Kalian juga harus memiliki hobi lain misalnya bercocok tanam, sehingga kalian dengan mudah dapat menulis dengan topik itu.

Contoh di halaman blog ini di penuhi oleh topik blogging, koding, teknologi...ya karena pemiliknya berminat dengan hal hal yang saya tuliskan di atas.

Banyak blogger yang dapat cuan dari penayangan iklan karena mereka bertindak sebagai publisher adsense sekaligus. dan mampu menghasilkan puluhan juta perbulan. Ada juga kisah kisah manis dari mereka yang berhasil mengkonversikan blog mereka menjadi ladang bisnis. Editblogtema sih belum, tapi Insyaalah akan menuju kesana juga.

kalau editblogtema? Masih belum sebanyak itu, lagipula untuk cuan orang memiliki trik dan rahasia dapur masing masing. 


6. Penulis naskah

Sebagai penulis naskah, kalian diharuskan menciptakan dan menulis cerita dalam bentuk skenario.

Tahapannya mulai dari membuat ide cerita, menjabarkannya dalam bentuk sinopsis lalu menuangkannya dalam bentuk treatment dan skenario. Biasanya penulis naskah atau skenario mempunyai keahlian membuat transkripsi sebuah film, dengan kata lain, membuat film dalam bentuk tertulis. Jadi merekapun dasarnya memang hobi dan jago menulis, bukan?

Tentu saja penghasilan seorang penulis naskah itu beragam namun biasanya lumayan dapat menghidupi mereka dan keluarga.


7. Copy Writer

Tugas dan seorang copywriter itu biasanya berkaitan dengan bidang iklan atau komersial. 

Tujuannya adalah untuk mempromosikan atau memasarkan sesuatu melalui huruf, dan lagi lagi ini butuh skill menulis juga. Tulisan kalian akan menjadi bentuk komunikasi bagi sebuah merk terhadap calon konsumen agar tepat sasaran. Seorang yang melakukan pekerjaan ini idealnya adalah orang yang megnerti juga teknik pemasaran produk namun biasanya seiring waktu hal tersebut bisa dipelajari, apalagi jika sebagai seorang penulis kalian orangnya supel dan mudah beradaptasi.


Dan pendapat kami berdasarkan pengalaman:

Untuk menjadi seorang penulis kalian harus trampil menulis dan mengetik cepat tentu saja. kalian dapat melatihnya pada perangkat yang biasanya kalian pergunakan. Jika menggunakan laptop windows ya biasakan mengetik cepat sepuluh jari melalui keyboardnya. 

Kalian bisa juga menulis melalui tablet karena tablet di zaman sekarang mulai populer dan bahkan mengalahkan laptop. Menggunakan tablet memiliki banyak pilihan keyboard. Nah disini letak seninya menggunakan tablet, kita dapat memilih model model keyboard yang terpisah. 

Jika menggunakan Macbook, itu akan terasa lebih nyaman lagi karena desain keyboardnya yang mekanis dan nyaman dipergunakan. 

Selagi kalian masih muda, kalian ingin mendapatkan pekerjaan yang membuat kalian berbahagia dalam menekuni dan melakoninya, bukan? Agar jangan salah memilih dan tidak terlalu jauh dari harapan mulailah menentukan langkah dari sekarang agar kelak tidak menyesal.

Pokoknya tergantung kalian deh. Dan ingat walaupun kelak menulis sudah menjadi profesi dan pekerjaan,...namun bekerja sebagai penulis tidak bergantung pada kantor ya. Kalian dapat menulis di perjalanan, di taman atau pada saat duduk seorang diri di kafe.

Menulis bisa menjadi sebuah kesenangan sekaligus hobi yang mendatangkan penghasilan yang lumayan!

Dan ingat kata Hamka : Jika ingin abadi menulislah.
Dan pesan Pramoedya Ananta Toer: Menulis adalah pekerjaan untuk keabadian.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
https://www.tiktok.com/@editvlogtema

2 komentar

  1. Kalo saya yg nomor 1,3 sama 5 dan hobi nulis basa basi 😅
    1. Kalau saya karena masih bekerja blogging sambilan
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita ya...
editbloginfo © EDITBLOGTEMA. Developed by Jago Desain