Langsung ke konten utama

CSS vs JS, mana yang menjadi semakin berperan di dunia web blogging

Apa itu CSS?

Mengapa ia terlihat semakin penting? Karena ketika saya belajar tiga bahasa web ini, yakni HTML/XML, CSS dan Javascript, saya melhat yang paling banyak terlibat dalam urusan desain adalah CSS. 

Oh ya perlu di ingatkan lagi, HTML bukan bahasa pemrograman ia hanya bahasa markup untuk membangun sebuah halaman website.
css 3
Kalau bahas CSS biasanya kita mendapatkan penjelasan begini:
  • CSS adalah singkatan dari 'Cascading Style Sheets'
  • CSS menjelaskan bagaimana elemen HTML akan ditampilkan di layar, kertas, atau di media lain. CSS membentuk HTML bagaimana cantiknya ia seperti yang kita lihat di layar monitor apapun. Dengan CSS kita melihat hitam, putih, merah, jingga dan warna warni tampilan HTML di layar monitor. Dengan CSS kita melihat bulatan, lingkaran, persegi, animasi hingga berbagai jenis tampilan font.
  • CSS menghemat banyak pekerjaan. Itu dapat mengontrol tata letak beberapa halaman web sekaligus
  • Stylesheet eksternal disimpan dalam file CSS
Walaupun HTML adalah inti dalam membangun web namun tanpa CSS, HTML hanyalah suatu yang 'telanjang' dan tanpa CSS HTML seperti seorang manusia yang tidak mengenakan pakaian. Namun tidak hanya sampai disana, dalam perkembangannya CSS melampaui hal hal yang kita sebutkan di atas. Dalam beberapa kasus ia bahkan menggantikan beberapa fungsi Javascript dalam menentukan 'prilaku' HTML di halaman web.

Bagaimana ya saya harus menjelaskannya dengan sederhana? Begini:

Di dunia web ada bahasa mark up, ya dia adalah HTML! Ia hanya tool mark up artinya bukan bahasa programming tulen. Namun, dengannya kita bisa membangun sebuah halaman website. Hanya dengan HTML? Yang sedianya hanya bahasa mark up dan bukan bahasa pemrograman tulen? Ya! 

Namun dua bahasa pemrograman front end yakni yang kita kenal sebagai CSS dan Javascript telah melengkapinya. Tanpa kedua bahasa ini maka kita hanya akan melihat halaman web itu sama semuanya, sama  dan monoton. Seperti tampilan awal dunia web ketika di bangun pada zaman dahulu kala (maksud saya di awal HTML ditemukan dan diaplikasikan ke dunia web).

Jika tadi kita menyinggung CSS ibarat pakaian, dan Javascript itu ibarat perilaku. Maka CSS itu bajunya si HTML dan Javascript itu ibarat perilaku dan kepribadiannya. Lupakan Javascript, kita sedang membahas CSS.

Dengan CSS kita melihat halaman web yang berbeda beda dalam segala hal. Beda warnanya, beda navigasinya, beda penampakan bodynya. Dengan pengaturan CSS template di buat sehingga kita mengenali bedanya template viomagz dengan template hasil desain editblogtema. Dan berton ton stok template tampak tidak sama. Itulah hasil pekerjaan CSS dalam membentuk HTML. 

Tentu saja javascript berperan namun secara kasat mata, secara visual, atau penampakan lahiriah orang akan mudah melihat warna warni, bentuk, dan lingkaran. Itu semua di lakukan oleh CSS.

Di dunia modern teknik dan rekayasa desain menggunakan CSS menjadi semakin berkembang hingga CSS memasukan versi ketiga, belum lagi terhitung projek projek dan framework, sebut saja CSS Compass, less dan sass, yang dapat bekerja pada platform web tertentu dengan sangat baik.

Apa yang dapat dilakukan CSS terhadap halaman blog?

a. CSS vs Javascript

Pada templatenya? Banyak! Lihat menu navigasi halaman blog editblogtema ini ia hanya trik CSS, tanpa javascript. Kalian dapat melihat tampilannya yang responsif berbeda beda pada setiap ukuran layar? Di buka pada tampilan layar desktop ia adalah bar horisontal, namun ketika di buka pada halaman seluler, ia menjadi hamburger menu dengan animasi yang hidup dan intuitif. Salut buat Adelina Sofyan yang telah merancangnya semalaman. 

CSS dalam beberapa hal dapat bekerja setara dengan Javascript karena ia dapat memanipulasi karakter dan perilaku web, ketika itu kita dapat mengabaikan Javascript.

b. Contoh murni CSS tanpa Javascript:

Dan CSS itu ringan kalau tidak bisa dikatakan super ringan, perhatikan bagaimana sebuah hamburger menu begitu hidup saat di klik! Silahkan klik hamburger menu (garis bersusun tiga) dan lihat reaksinya.

See the Pen CSS Hamburger Menu by Sufyan Yaan (@sufyan-yaan) on CodePen.

Murni CSS! Tentu saja tadinya (awal mengenal HTML) saya menyangka membuat hamburger menu yang terasa begitu intuitif harus melibatkan javascript, ternyata CSS murni dapat melakukannya.

c. contoh dengan CSS dan Javascript:

Alasannya pada saat pertama di w3school tempat pavorite saya belajar daring secara otodidak membuat menu seperti di atas adalah dengan menggunakan javascript, perhatikan contoh berikut:

See the Pen animated hamburger menu with css dan JS by Sufyan Yaan (@sufyan-yaan) on CodePen.

Hasilnya sama saja, bukan? Contoh pertama kode CSSnya panjang karena di tulis untuk menghasilkan reaksi berupa animasi buka dan tutup. Pada contoh kedua kita menggunakan Javascript sehingga kode CSSnya terlihat pendek sekali. Perintah yang diberikan oleh Javascript terhadap HTML adalah:

function myFunction(x) { x.classList.toggle("change"); }


Kesimpulannya:

Dengan belajar CSS kalian akan mengerti bagaimana HTML bekerja, dan akan meberikan pengertian apa beda peranannya dengan bahasa front end lainya yaitu Javascript. Dan dengan CSS kalian akan dapat membuat sebuah template menjadi lebih indah, lebih intuitif namun tetap ringan.

Namun lebih dari itu dengan CSS kalian akan mendapatkan pengatahuan yang lebih luas tentang seluk beluk dunia web dan membuka cakrawala untuk pengkodean web dan terutama dalam mengembangkan skill web desain.

Walaupun Javascript tetap sangat penting namun CSS makin kesininya menjadi semakin penting.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Komentar

Populer

Cara memperbaiki add numbering dan add bullets yang tidak bisa tampil pada postingan blog

Hal ini terjadi pada tema editblogtema yang pada saat itu kami modifikasi untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger. Karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering atau Numbered List dan Add Bullets atau Bulleted List" yang tidak bekerja. Sudah tentu ini pasti celah kelemahan template, jadi harus segera di perbaiki. Padahal kami tidak membuat template baru, lho. Hanya memodifikasi template tua bawaan dengan tajuk simple atau 'sederhana'. Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau li

PERIHAL GOOGLE PAGERANK dan ranking ALEXA

GOOGLE PAGERANK K alau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google. Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya. Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar! MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU? Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak

JARINGAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL RUSAK, PELANGGAN SANGAT DI RUGIKAN

Hey teman teman,  Aku di Indonesia sempat mau bikin konten tutorial dan itu seharusnya berjalan dengan baik, kalau tiba tiba saja jaringan internet tidak 'rusak'. Parahnya di tunggu berjam jam tidak juga aktif dari pukul satu atau pukul dua siang tadi. Mood aku buyar, karena ketika aku mendapatkan internet kembali draft aku sudah hilang separoh karena tidak ter-'save' pada saat internet hancur lebur tadi.  Sebagai gantinya aku menulis curhatan ini, maaf ya telkomsel, aku tidak menggunakan jaringan internetmu yang mahal, aku menulis sisi burukmu ini melalui jaringan internet Indosat. Kamu pasti mengerti mengapa aku marah. Karena jaringan internet terputus hingga sore tidak ada tanda tanda kehidupan. Awalnya aku menyangka karena quota internet sudah habis atau kartu halo belum bayar ya...eh gak mungkin! Tanya sama teman teman yang rata rata pengguna telkomsel. Yaaah sama. Mau tidak mau kalau masih terhubung harus beli kartu internet dari operator lain INDOSAT. Benar, dapa